Sunday, February 5, 2012

Pengalaman Menjalani USM STAN

Pengalaman Menjalani USM STAN



Pengalaman Menjalani USM STAN - Alhamdulillah, sejak tulisan ini dimuat, saya sudah kuliah di STAN region Medan jurusan D1 Kepabeanan dan Cukai. Rasanya senang dan bangga bisa menjadi mahasiswa STAN yang notabenenya sangat diidamkan-idamkan banyak orang. Dari itu saya akan berbagi pengalaman selama melewati Ujian Saringan Masuk STAN.

Tahap Pertama
Tahap pertama adalah regristrasi online. Sebenanrya tahap ini cukup mudah, namun saya mengalami beberapa kendala diantara menghitung nilai UAS dan UN. Kemudian data-data tersebut di print dan dikirmkan bersama berkas yang disyaratkan.

Tahap Kedua
Setelah lulus, dilanjutkan dengan tes yang sesungguhnya, karena ujian tertulis yang paling menakutkan bagi sebagian orang, termasuk saya sendiri. Ada 180 soal, 120 Tes Potensi Akademik  dan  60 Tes Bahasa Inggris yang harus diselesaikan dalam waktu 150 menit. Jadi satu soal sekitar 45 detik, tetapi ada juga soal yang hanya butuh 5 detik saja untuk menjawabnya. Ada sistem nilai minus bagi jawaban yang salah.

Saya sendiri mempelajari soal-soal tahun belakang saja tanpa mengikuti bimbel khusus atau try out. Kalau boleh jujur, soalnya mudah asal tahu konsep menjawab dan yang paling saya sukai soal perhitungan dasar. Saya memperoleh soal-soal USM STAN dari internet, nah berbekal soal itu saja. Saya memperlajari setiap hari, berulang-ulang hingga bosan. Terakhir saya menyimpulkan sesuatu, 1% PINTAR, 99% TEKUN.

Bayangkan saja, tipe soalnya sama di setiap tahun, hanya angka yang berbeda. Untuk soal bahasa harus punya wawasan bahasa yang luas. Sementara Bahasa Inggris berdasarkan toefl.


Tahan Ketiga
Tes Kesehatan dan Kebugaran. Kalau di Medan, tesnya bertempat di Marelan, kompleks perumahan DJBC. Peserta dari Aceh juga tes disini. Semua diwajibkan memakai baju training lengkap dengan sepatu dan kaos kaki. Saya sendiri menggunakan baju olahraga sekolah.

Tes ini dibagi dua, pertama Tes Kesehatan yang menyangkut pemeriksaan fisik.

  • timbang berat badan'
  • mengukur tinggi badan
  • mata,- rabun dan buta warna
  • dada,
  • mulut
  • tellinga
  • tensi
  • reflek
Tes ini cukup santai. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika kita memang sehat. Petugas kesehatannya ramah.

Tes kedua adalah Tes Kebugaran.
Untuk tes ini kita diharuskan berlari selama 12 menit tanpa berhenti. Ada jarak minimal yang harus dicapai. Jarak minimal yang harus ditempuh perempuan dan laki-laki berbeda. Minimal 800 meterlah.

Selanjutnya, shuttle run, yaitu berlari membentu angka delapan. Lebih mudah dari pada lari selama 12 menit.

Saya sarankan untuk melakukan latihan sebelum tes dimulai. 2 minggu saya rasa waktu yang cukup untuk berlatih agar nantinya kita bisa melebihi jarak minimal.

Tes ini dilakukan sampai siang hari berhubung pesertanya banyak. Bawa makanan atau minuman sembari menunggu waktu tes.

Tahap Keempat
Assesment Test merupakan tes wawancara. Saya kelabakan waktu tes ini, berhubung semua peserta rapi dengan pakaian hitam putih bahkan ada yang menggunakan dasi. Sementara itu saya menggunakan kemeja, celana jeans dan sepatu kets. Alangkah malunya saya, jadi saya memutuskan untuk pulang mengganti pakaian.

Setiap orang akan dihadapkan kepada seorang pewawancara. Pertanyaan setiap pewancara bisa berbeda. Yang ditanyakan berkisar masa SMA, tentang OSIS, prestasi, contek mencontek dan lainnya.

Nah, inilah pengalaman saya dalam menjalani USM STAN 2011. Semoga bermanfaat ya.

Mungkin Anda berminat membaca pengalaman saya menjalani masa orientasi STAN.

Untuk tes kesehatan dan kebugaran bisa baca disini

Untuk tes wawancara bisa baca disini

56 komentar

click to leave a comment!

June 17, 2013 at 4:24 PM Delete comments

aw, maunyusul bang awal ah ke STAN :D

Reply
avatar
June 27, 2013 at 7:25 PM Delete comments

TEs yang menggunakan tabel senellen atau tabel E , kita akan disuruh menyebutkan huruf yang ditunjuk dari jarak tertentu. Awalnya di tes mata kanan dengan menutup mata kiri, dan mata kiri dengan menutup mata kanan

Reply
avatar
June 28, 2013 at 3:47 PM Delete comments

Itu untuk semua jurusan atau bea cukai aja?

Reply
avatar
July 24, 2013 at 10:08 AM Delete comments

kak kira kira skor minimal yg harus dijawab supaya lulus usm brp?

Reply
avatar
July 24, 2013 at 10:26 AM Delete comments

yang jadi patokan jumlah benar, bukan skor minimal. Untuk lulus harus benar minimal 1/3 dari jumlah soal

Reply
avatar
July 25, 2013 at 10:15 AM Delete comments

ooh gitu. trus itu kan ada tes rabun nya. nah saya ini emg gk make kacamata. soalnya saya males. sama aja make kacamata ataupun gk make. mata kiri normal soalnya.jd gk usah make kacamata pun ttep jelas. cuma kalo mata kiri ditutup,saya rabun karena mata kanan saya silinder 1/2. jadi gmn ya kak? siapa tau kan saya lulus tes tertulis nya. hehe .aamiin

Reply
avatar
July 25, 2013 at 10:57 AM Delete comments

kalau rabun bukan masalah besar sebenarnya. Kalau ketahuan rbaun ya tidak apa-apa, paling nanti disarankan untuk menggunakan kaca mata. Yang fatal itu hanya buta warna, bisa langsung gagal nantinya.

sewaktu tes tidak usah pakai kaca mata.

ya, semoga lulus ya. Kakak doakan semoga lulus :)

Reply
avatar
July 25, 2013 at 8:32 PM Delete comments

oohh gitu. alhamdulilah kalo gitu :)
makasih kak :D

Reply
avatar
July 26, 2013 at 6:40 AM Delete comments

oke, sama-sama, senang membantu :)

Reply
avatar
July 26, 2013 at 9:07 AM Delete comments

tes kssehtan pa sja slain yang di sbutkan d atas ?

Reply
avatar
July 26, 2013 at 9:17 AM Delete comments

seingat saya yang saya tulis diatas merupakan seluruh tes kesehatan yang dijalani

Reply
avatar
July 26, 2013 at 6:15 PM Delete comments

apakah tes ksehtannya ada tes ksehatan gigi dan d surh membuka slurh pakaian ?

Reply
avatar
July 26, 2013 at 9:33 PM Delete comments

Seingat saya yang diperiksa hanya mulut.

Tidak ada membuka pakaian

Reply
avatar
July 27, 2013 at 7:44 AM Delete comments

samakah tes ksehatann USM STAN dengan provinsi lain?

Reply
avatar
August 1, 2013 at 9:04 AM Delete comments

kak alhamdulilah saya lulus tes tertulisnya :)
kan katanya di suruh bawa bpu pas tes wawancara kalo ilang gmn kak? :(

Reply
avatar
August 1, 2013 at 9:11 AM Delete comments

kak kalau mulut yang diperiksanya apa?
kalau tes buta warnanya mudah gak ka?

Reply
avatar
August 1, 2013 at 11:32 AM Delete comments

Ka, kalau tes wawancaranya sendiri menggunakan bahasa indo atau inggris?

Reply
avatar
August 2, 2013 at 3:48 PM Delete comments

Kalo tes wawancara biasanya apa aja kak yang ditanyai?

Reply
avatar
August 2, 2013 at 7:42 PM Delete comments

kalau mau chat secara efektif bisa inbox lewat fb kakak saja.
www.fb.com/sabdaawal

sebelum wawancara nantinya kita akan diberikan formulir, didalamnya ada isian berupa nama, sekolah, hobi, prestasi, cita-cita, organisasi dan sebagainya.

pertanyaannya berkisar isian tersebut, ada juga berkisar tentang pendidikan sebelumnya, SMA atau pernah kuliah, tentang contek-mencontek, organisasi dan sebagainya. Intinya mereka ingin tahu ttg kepibadian berbeda.

masing2 peserta akan dihadapkan seorang pewancara yang mana setiap pewancara bisa saja memiliki pertnyaan yang berbeda

Reply
avatar
August 2, 2013 at 7:44 PM Delete comments

alhamdulillah,

wah, bpu adalah hal yang penting, bisa dibilang itu tiket masuk.

apa masih bisa dicetak kembali bpu-nya?

kakak jarang di blog kalau mau bertanya bisa inbox kakak lewat fb,
www.fb.com/sabdaawal , insyaAllah akan kakak bantu jika ada pertanyaan lagi

Reply
avatar
August 2, 2013 at 7:45 PM Delete comments

mulut diperiksa, lidah dan gigi,

buta warna mudah bagi yang tidak menderita buta warna, mata normal akan amat sangat mudah lulus tes buta warna

Reply
avatar
August 2, 2013 at 8:15 PM Delete comments

Kak, kalo giginya banyak yg berkarang & berlubang 1, bisa lolos gag??
oya kak, ada pertanyaan tentang kekurangan dan kelebihan diri gag kak??

Reply
avatar
August 2, 2013 at 8:23 PM Delete comments

bisa, akalau dalam tes kesehatan itu yang terpenting adalah buta warna, dada dan paru2..

kakak lupa, tetapi sepertinya ada.
nanti pewancara akan bertanya tentnag kelemahan kita dan bagaimana cara kita mengatasi kelemahan tersebut.

Kakak dulu menjawab sebagai pelupa, solusinya sering membuat ctatan kecil

Reply
avatar
August 3, 2013 at 8:50 AM Delete comments

Kak, untuk pakaian pada saat tes wawancara harus kemeja putih dan rok hitam?
trus, nanti larinya kalau gak kuat boleh jalan atau harus terus lari tanpa berhenti? ada tes push-up dsb atau hanya tes yang tercantum di pengumuman?

Reply
avatar
August 3, 2013 at 12:19 PM Delete comments

kak mau nanya dooong. Kalo pas lari keliling lapangan bola, peserta perempuannya minimal berapa putaran sih ka?

Reply
avatar
August 3, 2013 at 1:45 PM Delete comments

kak klu gigi berlubang n mata minus mslh gak ya?
trus brt bdan n tinggi hrs ideal ya?

Reply
avatar
August 3, 2013 at 8:03 PM Delete comments

Kak, posting wktu tes wawancara dong, biar ad gambaran bwt nanti

Reply
avatar
August 4, 2013 at 8:41 PM Delete comments

paling nanti akan disarankan menggunakan kaca mata

Reply
avatar
August 4, 2013 at 8:43 PM Delete comments

standar wawancara memang seperti itu. Pakai saja lah, kan demi kelulusan.

boleh, asal tidak ketahuan, hahaa....

push up tidak ada

Reply
avatar
August 4, 2013 at 8:44 PM Delete comments

saran kakak, yang berlubang ditambal, yang busuk dicabut. minus tidak masalah, nanti akan disarankan menggunakan kaca mata

tidak,yang penting tinggi mencukupi

Reply
avatar
August 7, 2013 at 2:58 PM Delete comments

menggunakan stetoskop untuk periksa detak jantung, dan paru2

Reply
avatar
August 10, 2013 at 8:38 PM Delete comments

kak, tolong cek inbox fb ya kak. confirm aku. pleasee

oya kak, kalo cewek rata2 dapat berapa? bukan minimalnya ya kak

Reply
avatar
August 10, 2013 at 8:40 PM Delete comments

kak, tolong cek inbox fb ya kak. confirm aku. pleasee

oya kak, kalo cewek rata2 dapat berapa? bukan minimalnya ya kak

Reply
avatar
August 11, 2013 at 10:51 AM Delete comments

maaf ngga bisa kakak konfirm, kalau inbox saja,

Reply
avatar
August 11, 2013 at 4:58 PM Delete comments

Kak kalo Di tes tertulis dapet nilai benar min lulus ndak misal dTPA dpt 40 benar 80 salah & b ingg dpt 20 bnar 40 salah
makasi

Reply
avatar
August 11, 2013 at 6:32 PM Delete comments

ya, minimal benar 1/3 dari masing-masing bagian soal

Reply
avatar
August 14, 2013 at 12:23 AM Delete comments

Terima kasih atas informasinya kak. :-)

Reply
avatar
August 14, 2013 at 12:24 AM Delete comments

Terima kasih atas informasinya kak. :-)

Reply
avatar
August 16, 2013 at 1:42 AM Delete comments

kaakaaaaakkk buka inbox fb dong~~~~ plissss butuh pertolongan darurat! :D makasih *bungkuk90derajat*

Reply
avatar
August 16, 2013 at 5:58 AM Delete comments

ngga ada pesan yang masuk lho :)

Reply
avatar
August 21, 2013 at 10:58 AM Delete comments

Klo matanya silinder, kira" gmana kak?

Reply
avatar
September 8, 2013 at 7:53 AM Delete comments

Kak, mata aku sebelah kiri minus 2 dan sebelah kanan minus 4. Itu masalah gk nanti ya??

Reply
avatar
February 25, 2014 at 5:53 PM Delete comments

kak, mau tanya waktu tesnya apa harus datang kekampusnya langsung ?

Reply
avatar
July 27, 2015 at 4:28 PM Delete comments

Selamat yaaaa, dan baru tau ada region medan segala. Alku pikir semua stan yaa di bintaro hehehe

Reply
avatar