Wednesday, February 8, 2012

Sepuluh Macam Intelegensi


Howard Gardner seorang psikolog USA ini menemukan tujuh macam intelegensi yang terdapat dalam diri anak (1983), di antaranya adalah:
  1. Linguistik Intelligence/Kecerdasan linguistik, berkaitan dengan kemampuan bahasa dan penggunaannya. Orang-orang yang berbakat dalam bidang ini senang bermain-main  dengan bahasa, gemar membaca dan menulis, tertarik dengan suara, arti dan narasi. Mereka seringkali pengeja yang baik dan mudah mengingat tanggal, tempat dan nama.
  2. Logical-Mathematical Intelligence/Kecerdasan logis-matematis, berhubunngan dengan pola, rumus-rumus, angka-angka dan logika. Orang-orang ini cenderung pintar dalam teka-teki, gambar, aritmatika, dan memecahkan masalah matematika; mereka sering kali menyukai komputer dan pemrogaman.
  3. Musical Intelligence/Kecerdasan musikal, berkaitan denagn musik, melodi ritme dan nada. Orang-orang ini pintar membuat musik sendiri dan juga sensitif terhadap musik dan melodi. Sebagian bisa berkonsentrasi lebih baik jika musik diperdengarkan; banyak dari mereka seringkali menyanyi atau bersenandung sendiri atau menciptakan lagu serta musik.
  4. Bodily-Kinesthetic Intelligence/Kecerdasan tubuh-kinestetik, berhubungan dengan pergerakan dan keterampilan aolh tubuh. Orang-orang ini adalah para penari dan actor, dan atlet. Mereka memiliki bakat mekanik tubuh dan pintar meniru mimic serta sulit untuk diam.
  5. Spatial Intelligence/Kecerdasan Spasial, berhubungandengan bentuk, lokasi dan membayangkan hubungan diantaranya. Orang-orang ini biasanya menyukai perancangan dan bangunan, disamping pintar membaca peta, diagram dan daftar. Dalam sebuah pengalaman, para murid yang sedang belajar menciptakan karya seni mereka sendiri, mereka mengedit dan memodifikasi karya mereka bersamaan dengan eksplorasi mereka bersamaan dengan cara mereka sendiri.
  6. Intrapersonal Intelligence/Kecerdasan intrapersonal, berhubungan dengan mengerti diri sendiri. Orang-orang ini seringkali mandiridan senang menekuni aktifitas sendirian. Mereka cenderung percaya      diri dan punya pendapat, memilih pekerjaan dimana mereka bisa memiliki kendali terhadap cara mereka menghabiskan waktu.
  7.  Interpersonal intelegence/Kecerdasan interpersonal, berhubungan dengan mengerti sendiri. Orang-orang ini seringkali mandiri dan senang menekuni aktifitas sendirian. Mereka cenderung percaya diri dan punya pendapat, dan memilih pekerjaan dimana mereka bisa memiliki kendali terhadap cara menghabiskan waktu.
Penelitian selanjutnya Howard Gardner (1996) menambahkan tiga macam intelegensi, yaitu:
1.      Naturalist intelegence kecerdasan ini memungkinkan anak untuk berinteraksi dengan     lingkungan. Mengombinasikan banyak nilai-nilai budaya.                                                 
2.      Spritual Intelegence memungkinkan anak mengetahui dan memahami penghayatan bahwa dirinya diberi begitu banyak anugrah oleh Tuhan.
3.      Existential intelligence/Inteligensi eksistensial. Kecerdasan ini muncul ketika seseorang mulai mempertanyakan siapa dirinya? Mengapa ia hidup? Apa tujuan hidup manusia? Sebuah imajinasi tentang keberadaan dirinya di dunia.

Hal: 8-11

Dikutip dari:
Ramaja Membangun Kepribadian
Penulis: Anna WS
Nobel edumedia, 2008
Jakarta

0 komentar

click to leave a comment!