Monday, October 8, 2012

Eksistensi Kata "Gue"


Khusus untuk artikel ini, bakalan pakai kata 'gue'. Nah, sebelumnya dalam sejarah penulisan blog ini, ada 2 kali masa transformasi penggunaan kata orang pertama. Eiiitss... ternyata penggunaannya itu berpengaruh lho. Banyak di luar sana blog yang udah pernah gue kunjungi,  mereka pakai kata 'gue' dan pengunjungnya itu anak ababil rentang umur 12-25 tahun. Adalagi yang pakai kata 'saya', pasti loe udah bisa tebak kan berapa rentang umur pengunjungnya? Ada juga yang gunain kata 'aku', silahkan pikirkan sendiri.

Gue heran. Kata 'gue' sebenarnya bahasa betawi kan? Terus dijadikan bahasa gahool gitu. Sejujurnya gue agak risih pake kata 'gue'. Secara gue bukan orang betawi ataupun jakarta. Gue lebih seneng gunain bahasa daerah sendiri misal aku, ulon, ambo, dan lain-lain. Tapi karena kata-kata ini kurang narsis, gue batalin deh.

Ada juga teman blogger gue dari Medan. Dia pakai kata 'gue' di blognya. Gue rasa rada aneh sedikit. Ada beberapa alasan kenapa blogger-blogger pilih kata 'gue' dalam blognya.
1. Merupakan bahasa kesehariannya
2. Udah dikenal seantero tanah air
3. Nyaman dibaca sama mata anak-anak remaja
4. Supaya berasa gahool gitu!
5. Bahasa pasaran pengantar yang asik bagi remaja (sama aja kayak yang nomor 4 _ _")



Kalau gue, baru kali ini aja pakai kata 'gue' dan khusus untuk artikel ini. Gue mau jaga ciri khas penggunaan bahasa untuk blog gue. Sebelumnya, gue pakai kata 'ane', berhubung nama blog ini 'iniblogane' . Perlu diingat bahwa gue bukan anggota kaskus. Ini murni dari hati gue, dan bahasa lainnya tetap menggunakan bahasa pasaran, e.g ngga, pake, nonton, dsb.

Yang ke 2, gue pakai kata 'aku', ini karena orientase ngeblog berubah. Dalam otak bilang, kalo gue harus menghasilkan materi dari blog, jadi gue niat pasang iklan. Lalu, muncul pemikiran bahwa iklan itu biasa digunakan di blog-blog dengan bahasa formal. Awalnya, mau pakai kata 'saya', ngga jadi karena gue masih muda dan ngga mau nyiksa batin sendiri. Lagian 'aku' itu bahasa daerah Karo. 

Selang beberapa priode pakai kata 'aku'. Sekarang gue mikir balik. Gue harus pertahankan ciri khas blog ini yaitu penggunaan kata 'ane'. 

Gue punya beberapa pertanyaan untuk loe. 
1. Apakah gue cocok pake kata 'gue'?
2. Penggunaan orang pertama di blog loe apa? dan kenapa?
3. Menurut loe, nyamanan pakai kata apa dalam penggunaan kata orang pertama dalam sebuah blog?
4. Terimakasih kalau loe jawab dengan senang hati dan berhati besar. Thanks a lot 




16 komentar

click to leave a comment!

October 8, 2012 at 12:55 PM Delete comments

ga ah, kau bukan blogger satu-satunya kok :P

Reply
avatar
October 8, 2012 at 3:00 PM Delete comments

lebih enak ke kata "gue". karena kalo kata guru gue, selain bermasyarakat dan lebih nyantai kalo digunain kata gue juga ga menyalahi aturan EYD. kalo penggunaan kata "aku itu katanya kurang baik. karena kalo penggunaan kata "aku" yang pantas menggunakan itu TUHAN YME.

mending pake kata - kata "ane" atau "gue" biar kesannya nyantai. :D

Reply
avatar
October 8, 2012 at 3:07 PM Delete comments

Menurut gue, menggunakan kata 'gue' dalam blog tergantung segmentasi blog itu sendiri. Kalo segmentasinya untuk remaja ya masih masuk. Untuk umur pun ga masalah. Mau udah umur 40 tahun masih menggunakan kata 'gue' pun ga masalah.. :)

Reply
avatar
October 8, 2012 at 5:42 PM Delete comments

ya stidaknya aku kan pake kata gue

Reply
avatar
October 8, 2012 at 6:06 PM Delete comments

iya juga sih, aku baru nyadar lho

Reply
avatar
October 8, 2012 at 6:09 PM Delete comments

kayaknya memang iya, gue malahan jadi suka pake kata gue daripada ane nih

Reply
avatar
October 8, 2012 at 7:44 PM Delete comments

Javas sendiri tidak terlalu suka dgn penggunaan kata gue. aneh aja sebenarnya., soalnya Javas kan orang jawa timur, pasti keliatan medoknya. hehehe

Reply
avatar
October 8, 2012 at 10:28 PM Delete comments

Saya lebih nyaman pakai "Saya" karena saya orang jawa tengah. Jawa tengah kan terkenal kalem :D.

Reply
avatar
October 9, 2012 at 5:11 AM Delete comments

gue juga dulu pernah ditanyain temen, kapan monas pindah ke Banjarmasin? gara-gara dia baca tulisan gue diblog. Ya namanya gue emang dasarnya cuek kalo gue udah merasa nyaman selama ini toh gue juga yang punya mulut.

bener kata lo gue itu bisa bikin pembaca nyaman, keliatannya lebih akrab. Kan ga ada juga peraturan yang bilag selain orang jakarta ga boleh pake kata "GUE".

gue ga bisa nuntut lo mau pake apa, cum abisa kasih saran. Cari yang bisa buat lo nyaman aja, sesungguhnya cari ciri khas blog itu ga cuma dari penggunaan orang pertama ta[i dari kualitran tulisan dan kenyamanan blog. Mungkin masih banyak lagi selain itu.

Reply
avatar
October 9, 2012 at 10:13 AM Delete comments

penggunaan kata ganti subjek dan objek disesuaikan aja dengan isi postingannnya..kalau postingan 'santai' boleh gunakan kata 'gue' dan 'elo'..kalau postingan serius ada baiknya menggunakan kata 'saya' dan 'kamu'

Reply
avatar
October 10, 2012 at 9:32 AM Delete comments

sip gue setuju banget, ayo semua ucapkan gue WAW

Reply
avatar
January 26, 2013 at 10:59 AM Delete comments

nyari keyword "sejarah kata elu gue" eh malah muncul blog ini di homepage, mantap!
Abis baca-baca artikel katanya sejara kata gue dan lu itu bukan dari Betawi tapi dari Mandarin, Mandarin China Hokkien.

Dari diri sendiri sih pengen ngubah kebiasaan pakai kata gue biar bahasa Indonesia ga luntur, tapi apa daya lingkungan sekitar banyak yang pakai kata gue, jadi kalo pakai kata aku dan saya tiba-tiba berkesan aneh. Di blog sih mulai pakai aku saya, berkesan orang baik kalo pake kata aku :D

Reply
avatar
April 22, 2013 at 9:06 PM Delete comments

pertama kali sih pake "gue" karena lebih enak aja dibaca kayaknya.tapi sekarang udah nggak;)

Reply
avatar
July 13, 2013 at 10:08 PM Delete comments

lagian juga kata gue asal nggak terlalu mainstream dan lebay make nya kesan nya jadi basa aja.
malah gue di kaskus kadang enek juga liat bahasa "ane" dan "gan" padahal dari awal berdiri sampe thn 2007 - 2008 an .. kata ane dan gan jadi terlalu mainstream dan penggunaan nya terlalu mubazir .. sampe satu alinea penuh dengan "gan dan ane"

Reply
avatar
January 9, 2014 at 2:54 AM Delete comments

gw rasa itu sah-sah aja gan, penggunaan kata ini ditujukan buat blog segmen tertentu, karena blog itu jurnal bebas, kata "saya" kebanyakan di gunakan buat kalangan atas atau tuaan juga. dulu sempet "labil" antara saya dan gw, yang penting enak aja nulis buat ngungkapin pikiran di blog buat pembaca.

Reply
avatar