Saturday, October 13, 2012

Ultah, Biasa Aja Tuh!

kue tart dari ibu ogi :3

Delapan Oktober yang lewat hari dimana ane dilahirkan. Ane menganggap hari ulang tahun itu biasa aja. Mau itu ultah sendiri, ultah ortu, kakak n abang, mau pun teman ane. Bahkan ane malas untuk ngucapin 'selamat ulang tahun atau hbd' walaupun cuma di wall fb. Bahkan ane sama sekali ngga ngarepin ucapan selamat di hari ulang tahun ane. Ngucapinnya aja males, apa lagi merayakannya. Apa yang terjadi? Kenapa bisa begini ya? Baca terus yok!


Mungkin bagi kamu ultah itu moment yang penting banget atau mungkin sakral yang ngga boleh dilewatin.. Sampe bikin persiapan matang sebelum hari H itu tiba. Apalagi yang pacaran, kalo sempet lupa ngucapin HBD pasti pacarnya mewek, merajuk, terus frusrtasi sampe ngga keluar kamar berbulan-bulan, walaupun si doi udah minta maaf. Seandainya pun si doi ingat ultah pacar dan ngucapin HBD, pacarnya nanya 'kenapa sih ngga jadi orang yang pertamax ngucapin itu?' SI doi langsung frustasi dan mati nahan nafas di kamarnya _ _" , Kira-kira begitulah pentingnya ultah bagi sebagian orang.

Well, ane udah 2 kali dapet kue selama ultah. Jadi, kenapa ane dingin banget sama yang namanya ultah? Jujur, ane cukup nurut sama yang namanya agama. Ketahuilah bahwa agamaku ISLAM. Tau sejarah ultah ngga? Kamu simak saja disni (bagi yang muslim) hukum mengucapkan selamat ulang tahun dan merayakannya. Atau kamu Googling aja dan tanya ke ustadz or ulama.

http://fadhlihsan.wordpress.com/2011/07/28/hukum-mengucapkan-selamat-ulang-tahun/

http://al-atsariyyah.com/hukum-mengucapkan-selamat-ulang-tahun.html

dan yang berikut ini berbeda

http://nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,10-id,36923-lang,id-c,ubudiyyah-t,Hukum+Mengucapkan+Selamat+Ulang+Tahun-.phpx

Oke, untuk menghindari perkara yang masih ambigu, karena ada yang berpendapat mubah dan haram (bid'ah) , ane lebih baik ngga melakukannya, karena ane ngga punya ilmu tentang itu lebih baik dijauhi saja.

Ada juga yang bilang semua ini bergantung dengan niat, kalo niatnya baik untuk ngucapin HBD ya ngga apa-apa. Kan ucapan kita sebagai doa "selamat ultah ya, semoga kedepannya menjadi semakin baik" . Niatnya memang baik mendoakan yang ultah. Di wall fb ku banyak ucapan ultah _ _" , sampe ada temen ane yang diskusi tentang ini ke ane, uji argument gitu.

Kamu tau bid'ah ngga? Itu lho, segala perbuatan ibadah yang dilakukan tanpa 'bersandar' pada Rasulullah. Contoh kasus yang sering kita jumpai adalah berzikir dengan tasbih. Itu bid'ah, kenapa? Rasulullah berzikir dengan jari-jari tangan kanan beliau. Kalo tasbih lebih baik daripada jari tangan tentunya Rasulullah udah lakukan duluan. Gini lho fren, Islam itu udah sempurna, jadi ngga usah ditambahin ato dikurangin.

Kalo hubungannya sama ultah.
Kita mendoakan si ultah pada hari ultahnya (hari tertentu). Secara ngga sadar kita mengultuskan hari ultah untuk berdoa yang dikira-kira bakalan mujarab dan dijabbah sama Allah. Bid'ah toh? Rasulullah pun ngga pernah lakukan hal itu, tapi kita kok malah sok-sok-an melakukannya.

Kebenaran itu tidak relatif mengikuti perspektif seseorang.
Tapi, ia tetap dan mutlak.


Tapi,  ultah ane yang ke-19 ini 'diraya-in' sama Keluarga Ogi dan Teddy. Sebelum pemotongan kue, ane udah bilang prinsip ane mengenai ultah seperti yang di atas. "Saya tidak mengharapkan perayaan ini, karena islam tidak mengajarkannya." Ujar ane mantab, *ce ileee....
ucapan ultah dan ada 40 ucapan sejenis lainnya

gift dari dunia maya

Btw, ane ngucapin terimakasih ke Ibu Ogi yang udah beli-in kue tart, Ogi, Teddy, Via, bapak Ogi, Iyan, Bang Jani, Bang Ari, dan semua orang yang udah ngucapin nya.

Beberapa jepretan yang sempet diambil.
taraaaat

pidato dulu

ane dan ibu ogi, pamer kue

ogi(temen kampus), calon member KK,-nunggu di approve sama kapin

yang liat ke kamera,-Teddy(temen kampus),- member KK 
Bagini lah kira-kira, thanks ya yang udah mau baca ^_^ . Sengaja ane disensor, kalo mau tahu liat di fb aja, kwkwkw

6 komentar

click to leave a comment!

October 13, 2012 at 11:26 AM Delete comments

eaaaa... ulang tahu ya...
happy birhday. wsh you all the best.ditunggu traktirannya. heheh

Reply
avatar
October 13, 2012 at 12:25 PM Delete comments

itu cuman ngikut umum bang..asal jangan berniat buat nglakuin bid'ah, menurut aye gapapa..
jangan ada hal haram dalam ultah, ultah bkn hari raya, jangan dirayakan terlalu, yang sederhana aja..misal kumpul keluarga makan kue bareng itu cukup, gausah pake pesta menghamburkan uang...
met ultah yak..semoga jadi lebih baik, lebih memahami, untuk diri sendiri dan orang lain... :)

Reply
avatar
October 13, 2012 at 3:50 PM Delete comments

wah, ulang tauuunnn...
semoga ditambahkan berkah dalam kehidupannya. #BiarinTelat

aku malah baru tau kalo kayak gituan masuk bid'ah -_-

Reply
avatar
October 13, 2012 at 10:18 PM Delete comments

makasih... tapi ane ngga ngarepin itu

Reply
avatar
October 13, 2012 at 10:19 PM Delete comments

"asal jangan berniat buat nglakuin bid'ah, menurut aye gapapa.."

_ _"

jadi kalo lakukan bid'ah tapi ngga niat ngga apa2, kacau ah!

Reply
avatar
October 13, 2012 at 10:21 PM Delete comments

makasih, tapi ane ngga ngarepin itu,

nah, sekarang udah tau kan?

Reply
avatar