Wednesday, February 20, 2013

Ane Kena Penyakit Herpes


Awal cerita, dibawah rahang sebelah kanan ane muncul bengkak kecil. Kata kakak yang dominan ke-Jawa-jawa-an (Ayah ane Aceh) itu namanya panjaren. Ini istilah dari Jawa, yang berhubungan dengan bantal. Jadi cara ngobatin bengkak kecil yang mirip gondok itu harus menjemur bantal yang dipakai. Ane pun menjemur bantal yang ane pakai termasuk semua bantal yang ada dirumah .



Setelah dijemur seharian dan ngga ada perubahan sama sekali, tapi ane ngaku-ngaku bengkak itu udah mengecil. Lalu, dilanjut alis ane sakit. Dengan segala macem cara untuk hilangin rasa sakit itu. Mulai pake minyak urut, minyak untuk obat bisul, air garam, dan seterusnya. Bereksperimen supaya ngga sakit lagi. Sampai akhirnya ane ingat mitos.
"Jika bulu mata rontok, maka sedang dirindukan seseorang"

Karena alis yang sakit, ane yakin kalo sedang disukai banyak orang, lalu update di twitter.

Besoknya muncul bintik-bintik kecil di alis mata, tepat di alis mata. Dan ada merasa seperti bergerak-gerak. Ane bikin tebakkan, mungkin ini cacing otot. Sodara-sodari bisa cek tentang cacing otot. Media penyebarannya babi ato tikus. Terang aja, yang ada palingan tikus dirumah. Cacing otot bikin penderita menderita seumur hidup. Ane frustasi.

Dengan memberanikan diri, ane pecahin beberapa butir untuk dijadikan sample. Dan tau apa isinya??? Isinya air sodara-sodara berikut virus-virusnya. 

Berikutnya muncul diognosa baru dari kakak ane yang ngga kesampaian jadi dokter. Kakak mengajak ane ke tetangga mantan pengidap cacar untuk bertanya perihal bintik kecil yang makin merambah ke daerah lainnya. Ternyata para mantan pengidap cacar ragu, apakah ini cacar ato bukan, Dengan penuh ragu dan galau, mereka menyerah dan pasrah.

Oke, ane udah pernah kena cacar waktu kecil, dan katanya kalo cacar itu diderita sekali seumur hidup. Mengapa cuma sekali? Karena jenis virus cacar cuma 1 macem, beda sama flu yang nyampe ratusan jenis. Finally, ane yakini kalo ini beneran cacar.

Akhirnya ane tau penyebab bengkak yang dibawah rahang itu karena ane sedang terinfeksi virus. Yang bengkak itu adalah kelenjar getah bening yang sedang bertempur melawan virus-virus. Perlu sodara-sodari ketahui tempat kelenjar bening itu ada di sela paha, bawah ketiak, dan di leher. Kalo bengkak, berarti ada virus ato bakteri yang sedang menyerang.

Karena kegalauan jenis penyakit, kaka ngajakin ke dokter. Ane pergi ke puskesmas. Ternyata dokter bilang kalo ini herpes. Berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut.
Gejala herpes:
1. Demam, suhu badan naik
2. Bintik-bintik kecil warna merah atau hitam
3. Bergerombol pada satu daerah
Dan ini ane alami semuanya. Bintik-bintik kecil ini mirip seperi ruam. Siklusnya sama kayak cacar, menggembung, menjalar ke seluruh tubuh dan pecah lalu meninggalkan bekas yang bisa hilang dengan sendiri. Rasanya ada gatal dan panas. Saat ini herpes yang ane derita disekitaran mata, akhirnya mata kanan agak bengkak, dan bintik kecilnya menjalar ke atas.

Saat terserang herpes
saat terserang herpes, foto 19 feb 2013

Sebelum terkena herpes, pose polos
sebelum terkena herpes, pose alay


Obat yang dikasih dokter berupa salep acyclovir 5% da 5 jenis tablet ( 2 diantaranya mungkin parasetamol untuk menurunkan demam, dan analgesik untuk mengurangi nyeri). Salep ini bukan untuk menyembuhkan tapi cuma meminimalisir penyebaran virus.
obat

Ada obat unik dari abang ipar ane yang gagal jadi dokter juga. Beliau bilang obatnya adalah disembur dengan kelapa dan gula merah oleh penikahan antara janda dan lajang. Aneh. Tapi katanya bisa sembuh karena udah ada sample yang sembuh akibat obat ini. Ane penasaran, mungkin untuk yang calon dokter perlu teliti hal ini. 
Sampai artikel ini diterbitkan, ane masih belum sembuh, 3-4 hari kedepan InsyaAlah udah sembuh,, amiin.
Semoga tulisan ini nambah wawasan kita mengenai penyakit herpes ya.
"Kenali gajalanya, tepat pengobatanya"

23 komentar

click to leave a comment!

February 20, 2013 at 8:56 AM Delete comments

Tumben nggak disensor pake Meme Face Bang. XD

Btw alhamdulillah udah sembuh ya Bang. :Db

Reply
avatar
February 20, 2013 at 10:50 AM Delete comments

Busyet.. itu hepes ato tomcat?

Reply
avatar
February 20, 2013 at 10:55 AM Delete comments

Glek.. Serem, Cepet sembuh mas..... :D

Reply
avatar
February 20, 2013 at 11:39 AM Delete comments

Waaah GWS ya Sabda semoga cepet sembuh..

Eh tp cacar gk cuma sekali lo, pernah baca diinternet kalo udh terkena cacar air ada kemingkinan bisa kena cacar lg kaya cacar ular, cacar api, dsb :D *just info*

Reply
avatar
February 20, 2013 at 1:05 PM Delete comments

waah... pasti selama sakit ga enak banget rasanya ya...
semoga cepet sembuh ya..
katanya sakit itu banyak untungnya lho... bisa jadi penggugur dosa, pembersih jiwa dan penambah rasa syukur. trus kita juga jadi lebih adil sama tubuh dengan berusaha menjaganya. :)

Reply
avatar
February 20, 2013 at 2:55 PM Delete comments

Syafakallaah sabda.. semoga herpes segera berlalu dari tubuhmu..

makasih infonya ya da :)

Reply
avatar
February 20, 2013 at 4:24 PM Delete comments

Herpes itu bukannya penyakit kelamin yah? :-|

Reply
avatar
February 20, 2013 at 5:09 PM Delete comments

wuaaaaaaa....
ngeri bangeet bro tuh herpes, sampek berubah wujud gitu...
duhh, ane belom pernah cacaran juga seumur hidup. moga aja jangan sampek kena. amiin

Reply
avatar
February 20, 2013 at 5:14 PM Delete comments

Duh bang.. Serem :|
Cepet sembuh aja deh bang.

Reply
avatar
February 20, 2013 at 5:37 PM Delete comments

herpes ada 2:
1. herpes simplex: yang dikelamin
2. herpes zoster : selain yang dikelamin

ane kena yang ke 2. tulisan ane masih belum lengkap nih

Reply
avatar
February 20, 2013 at 6:30 PM Delete comments

yg sabar iia kang.. moga cepeddd sembuh :)

Belajar Photoshop

Reply
avatar
February 20, 2013 at 6:49 PM Delete comments

Barusan ganti domain malah sakit. Cepet sembuh gan, semoga herpesnya nggak betah lama-lama.

Reply
avatar
February 20, 2013 at 7:04 PM Delete comments

Coba ditetesi propolis Mas
Saya pernah kena di lengan ditetesi beberapa kali langsung kering

Cepet sembuh ya :)

Reply
avatar
February 20, 2013 at 8:58 PM Delete comments

oo, gitu ya mbak, di rumah ada, cuma obat tetes mata, saya akan coba tetes mata itu, whehe

Reply
avatar
February 20, 2013 at 9:10 PM Delete comments

sakit in masih saya syukuri kok mbak, akibat syukur malah menimbulkan hal2 positif..

Reply
avatar
February 20, 2013 at 9:13 PM Delete comments

Untuk semua ucapan doanya, ane ucapkan terimakasih *sungkeman satu-satu

Reply
avatar
February 20, 2013 at 10:24 PM Delete comments

semoga cepet sembuh ya bro...
:)

Reply
avatar
February 20, 2013 at 10:33 PM Delete comments

semoga cepat sembuh ye bang. aamiin.
biar bisa poto polos pose alay lagi. #eh

Reply
avatar
February 21, 2013 at 12:25 AM Delete comments

gue juga pernah kenaaa! waktu itu di asrama sih,jadi kena tular. di paha, pula. jadi nggak enak kegesek-gesek rok (waktu itu masih SMA, jadi pake rok) :( bekas lukanya ilangnya lumayan lama lho bro! yang penting jangan dipecahin. kalau pecah sendiri, langsung lap pake kapas yang ada cairan alkoholnya biar virus-nya ga kemana2. semangat! semoga cepet sembuh!

Reply
avatar
March 8, 2013 at 1:21 PM Delete comments

kalo di aku itu namanya kerapah.. udah 2 x kena gituan. awalnya sedikit tapi lama kelamaan jalan kemana2 & jumlahnya bertambah banyak.pas aku kasih tau ke temen malah pada ngakak sambil nanya emang kamu abis kemana kena gituan. #garukgarukkepala iiiiihh kenapa sih udah tau sakit malah diketawain.. salah satu temenku nelpon emaknya yang dikampung ngasih tau minta ludah anak yatim terus di usapin ke yg sakit atau sembur pake kunyahan jagung mentah.. iiii apa2an si ini.. akhirnya coba milih anjuran yang ke 2 aja.hampir setiap hari selama kurang lebih 1 mnggu alhamdulillah berangsur pulih. tapi bekasnya jelek banget dan lama hilangnya.... note : katanya kena penyakit ini karena nginjek bekas orang zina.. (iiiihhh naudzubillah) aku inget2 deh pernah melewati tempat zina dimana supaya gak kelewat lagi.. btw share aza barangkali bermanfaat.& cepet sembuh ya mas bro :)

Reply
avatar
November 26, 2013 at 10:08 PM Delete comments

obatnnya gampang buangets.. kasih obat nyamuk autan.. oleskan merata.. dijamin sembuh.. gak pakek lama

Reply
avatar