Sunday, March 31, 2013

Herpes Zoaster Dan Pengobatannya

Herpes Zoaster Dan Pengobatannya
Herpes Zoster yang saya derita
Beberapa waktu yang lalu saya terserang herpes zoster di bagian kepala saya. Saya sudah menjalani pengobatan dengan menggunakan obat dokter dan tradisional. Ternyata obat tradisional lebih efektif menyembuhkan herpes yang saya derita. Hanya butuh 4 hari pengobatan, saya sembuh meski herpes meninggalkan bekas di wajah saya. Saya akan memberi Anda info tentang penyakit herpes dan pengobatannya. Saya juga telah menuliskan cara menghilangkan bekas luka herpes.

Pada awal terinfeksi Anda tidak akan pernah menyadari bahwa itu adalah herpes. Anda akan mengetahuinya setelah muncul bintik-bintik kecil berair seperti cacar pada daerah terjangkit. Rasanya panas, gatal dan nyeri di daerah tersebut. Herpes tidak terlalu mirip dengan cacar, bintik-bintik berair lebih terlihat seperti bekas tersiram cipratan minyak panas. Herpes tidak akan menjalar ke seluruh tubuh, namun hanya pada satu daerah saja dan bintiknya terlihat bergerombol pada satu daerah. 

Biasanya herpes muncul mengitari di pergelangan tangan, pinggang, tangan atau pun perut, namun jarang muncul di kepala seperti yang saya alami dan menyerang mata kanan saya. Ada mitos yang mengatakan bahwa herpes yang memutar di pergelangan atau daerah lainnya hingga saling bertemu makan penderita tidak dapat tertolong. Hal ini tidak selamanya benar, namun secara medis kondisi tersebut memang sulit untuk disembuhkan.

Jenis dan Penyebab Herpes
Ada dua jenis herpes yaitu Herpes Zoster dan Herpes Simplex. 

  • Herpes Zoster disebabkan oleh virus Varicella Zoster yang juga merupakan penyebab cacar air.
  • Herpes Simplex terbagi dua, yaitu Herpes Simplex Tipe I (HSV-I) dan Herpes SImplex Tipe II (HSV-II). Untuk HSV I biasanya menyerang daerah mulut dan sekitarnya, sedangkan HSV-II menyerang daerah kelamin yang penyebarannya melalui hubungan seksual.
eejala
Gejala Herpes
Untuk selanjutnya saya akan memberikan informasi Herpes Zoster sesuai pengalaman saya. Awalnya akan demam, lesu dan lemas, serta rasa sakit pada daerah yang terjangkit. Selang beberapa hari maka muncullah bintik-bintik kecil transparan yang berisi air. Lama kelamaan, bintik akan terus menyebar sepanjang daerah terjangkit dan bintiknya akan semakin membesar. Jangan pernah menggaruk atau memecahkan bintik tersebut karena dapat membuat virus menyebar keluar, tempat bakteri masuk ke tubuh, dan meninggalkan bekas luka yang lama hilang.

Bentuk Penyebaran Bintik Herpes
Pada bagian awal bintik yang dihasilkan sedikit kemudian terus banyak sampai akhirnya pada bagian tengah memiliki bintik terbanyak kemudian bintik terus berkurang akhirnya menjadi sedikit di bagian akhir. Nah, jika bagian awal dan bagian akhir ini bertemu akan mengalami kesulitan dalam penyembuhan.
Untuk jelasnya saya berikan ilustrasi herpes yang menyerang pinggang.

Herpes Zoaster Dan Pengobatannya
Bentuk penyebaran bintik herpes

Siapa Saja Yang Bisa Terjangkit?
Semua orang bisa terjangkit anak-anak maupun orang dewasa. Herpes dapat menular melalui hubungan langsung dengan daerah terjangkit.

Herpes Zoster merupakan penyakit lanjutan dari cacar. Jika seseorang tersembuh dari cacar maka tidak semua virus tersebut hilang, melainkan ada yang tetap pada syaraf tertentu. Dan dapat kambuh menjadi herpes dengan penyebab yang belum jelas. Sama halnya dengan saya, sewaktu kecil pernah terkena cacar dan beberapa waktu yang lalu terserang herpes.

Pengobatan Terhadap Herpes
Dokter memberikan saya salep Acyclovir 5 % yang dioles 3x sehari dan 5 jenis tablet. Salep tersebut memang tidak bisa menymbuhkan herpes hanya untuk meminimalisir penyebaran ke daerah lainnya. Sedangkan untuk tablet, analgesik untuk mengurangi nyeri dan parasetamol untuk menurunkan panas, 3 tablet lagi saya tidak tahu.
Herpes Zoaster Dan Pengobatannya

Pengobatan Tradisional Terhadap Herpes
Merasa kurang puas dengan obat yang diberikan dokter, maka saya mencari alternatif lain. Perlu Anda ketahui bahwa herpes nantinya akan pecah dan akhirnya mengering. Sedangkan dengan obat tradisonal bintik itu langsung mengering tanpa pecah terlebih dahulu. Dalam tempo 4 hari saja herpes saya langsung mengering, bahkan ada yang menghilang.

Obat tradisional ini boleh Anda sepelekan karena memang ada sedikit 'keanehan' dalam pengobatannya. Obatnya adalah disembur dengan kelapa dan gula merah (kelapa dan gula merah dikunyah terlebih dahulu). Yang menyemburnya haruslah pernikahan antara Janda dengan lajang atau gadis dengan duda. Yang menyemburnya boleh salah satu. Saya tidak tahu mengapa harus seperti ini, saya hanya mengikuti tradisi yang sudah ada.

Proses penyemburan dilakukan satu kali setiap hari. Waktu yang tepat adalah malam, karena waktu tersebut kita gunakan untuk tidur dan membiarkan obat tersebut bereaksi. Beberapa jam penyemburan sudah akan menunjukkan perubahan yang mencolok.

Tebakkan saya, kombinasi antara kelapa, gula merah, dan air liur mengandung zat yang menyembuhkan herpes dengan kata lain membunuh virus penyebab herpes.

42 komentar

click to leave a comment!

March 31, 2013 at 12:52 AM Delete comments

waduh serem bgt , semoga kita terhindar ya dari penyakit seperti ini :(

Reply
avatar
March 31, 2013 at 6:09 AM Delete comments

gue sering kena herpes. penyebabnya karena kebanyakan terkontaminasi zat kimia semacam tinner atau washbensin. biasanya sih pake pinsilin aja atau ditaburi bedak herosin pas masih bentuk bintik bintik merah.

Reply
avatar
March 31, 2013 at 6:41 AM Delete comments

wah berarti herpes bisa sering menyerang ya? apa itu artinya virusnya masih bersemayam di tubuh terus menerus?

kalau cepat tanggap memang tidak terlalu mengkhawatirkan

Reply
avatar
March 31, 2013 at 6:44 AM Delete comments

Senangnya ada tulisan ini agar saudara-saudara kita tercegah dari herpes.. ˆ⌣ˆ

Reply
avatar
March 31, 2013 at 8:07 AM Delete comments

jadi tahu cara mengantisipasinya jika kena herpes, klo pendapat dokter spesialis kulit gimana ya ?

Reply
avatar
March 31, 2013 at 8:58 AM Delete comments

saya tidak tahu mas, dulu saya cuma datang ke dokter puskesmas saja...

Reply
avatar
March 31, 2013 at 9:16 AM Delete comments

ikut komen ah..
cacar air/chicken pox nama medisnya itu varisela. Tapi ada juga Cacar karena virus variola.
cacar air dan herpes zoster penyebabnya sama, varisela-zoster. kalau cacar air itu karena infeksi primer, sedangkan herpes itu rekativasi memang benar.

mnrt buku yg saya baca, herpes zoster merupakan reaktivasi virus varisela-zoster yg kemungkinan transmisi virus secara aerogen (nyebar lewat udara).
Herpes zoster bisa ada dimana aja tapi biasanya di dada. Setelah saya cari info, herpes di wajah itu sering terjadi karena gangguan saraf trigeminus, facialis, dan otikus. Untuk itu harus segera diobati. Itu sudah benar dikasih antipiretik, analgesik, asiklovir (anti virus).

Harus segera diobati sampai sembuh ya bro :). Bisa bahaya karena menyerang daerah mata

Reply
avatar
March 31, 2013 at 9:20 AM Delete comments

ooh, begitu ya, memang herpesnya sempat menyerang mata. Mata saya bengkak, gatal dan kemerahan.

Sekarang sudah sembuh, tinggal menghilangkan bekas lukanya saja.

Terimakasih, sangat membantu buat saya, dan pembaca lainnya.

Reply
avatar
March 31, 2013 at 9:22 AM Delete comments

penicilin adalah antibiotik, biasanya jika ada infeksi sekunder dgn indikasi terkontaminasi bakteri

Virus bisa kapan saja menyerang saat imunitas kita turun bro..

@benkun itu udah yakin herpes. setau saya klu kena zat2 kimia itu bisa jadi dermatitis. dan semua penampakan penyakit kulit itu awalnya sama (bintik merah, berarir, dll)

Reply
avatar
March 31, 2013 at 9:29 AM Delete comments

sip mas bro.. bisa sama2 diskusi. :D

oh bisa jadi itu emg nyerang nervus trigeminus karena ada hub nya dgn mata (herpes zoster ophtalmoticus)

jaga kondisi, badan jgn samapai drop. kalau drop virus gampang masuk. saya klu drop jg gampang flu hehe

Reply
avatar
March 31, 2013 at 10:08 AM Delete comments

serem lihat fotonya gan.., thx ya infox *smile

Reply
avatar
March 31, 2013 at 12:06 PM Delete comments

dulu sempat ditawari salep mata oelh dokter, tapi saya tolak,

setelah herpesnya sembuh, tapi menyisakan mata yang masih mereh dan gatal.
Lalu, saya oleskan asiklovir, setiap malam di kelopak mata, alhamdulillah bisa sembuh juga, heheh

Reply
avatar
March 31, 2013 at 12:07 PM Delete comments

apalgi tuh dermatitis? itu reaksi alergi ya?

Reply
avatar
March 31, 2013 at 1:46 PM Delete comments

wah gue herpes itu sebelum muncul banyak (udah curiga) langsung dikasih minyak tawon, alhasil angsung kering :D

Reply
avatar
March 31, 2013 at 3:42 PM Delete comments

ya mungkin juga dermatitis. tapi gejalanya ya sama kayak herpes. kalau lupa diobati semalem aja. besoknya pasti udah banyak bintik merah berair sampe bernanah dan sakit... :(

Reply
avatar
March 31, 2013 at 7:56 PM Delete comments

Alhamdulilah belum pernah kena beginian o:)

Reply
avatar
March 31, 2013 at 9:28 PM Delete comments

Temen gue kemaren penyakitnya sama kaya gini tapi penyebarannya di punggung. Alhamdulillah sekarang udah sembuh berkat disembur sama janda yang kawin sama lajang haha. Ajaib emang :D

Reply
avatar
April 1, 2013 at 6:25 AM Delete comments

widiiih..fotonya herpesnya parah juga ya, temenku pernah herpes tpi paling kayak garis terus bintik bernanah rasanya panas git doang, nggak sampai bentok membesar dan sampai luas daerahnya gitu..untung sekarang sudah sembuh yaaa..
info berguna ini, jadi kalau kelihatannya ada bintik merah mencurigakan bisa langsung tanggap diatasi biar nggak terlambat dan jadi herpes ya...nice post :D

Reply
avatar
April 1, 2013 at 8:40 AM Delete comments

ya nih , ada beberapa pilihan obat, kalau dari pembaca ada yang pakai minyak tawon, dan pengobatana janda n lajang, silahkan pilih ^_^

Reply
avatar
April 10, 2013 at 4:44 PM Delete comments

aku pernah kena penyakit ini, tapi gak perlu kedokter katanya memang lama sembuhnya. dari sedikit menjamur jadi banyak. terus dapet saran dari orang kampung suruh sembur pake jagung mentah yang dikunyah (siapa aja boleh).. >_<.
or boleh juga minta air liur anak yatim terus olesin ke objeknya .>_<
aku lebih pilih pake jagung karena katanya minta air liur anak yatim pun sulit ngeluarinnya. Alhamdulillah sembuh kurang lebih 10 harian tapi membekas.

Setelah kutanya2 sebab dari penyakit ini kata orang tua terdahulu, aku nginjek bekas orang berbuat zina. >_< iiii lagi naudzubillah sambil mikir tempat mana yang pernah kulalui sampe kedapetan ni penyakit..

Reply
avatar
May 16, 2013 at 4:38 PM Delete comments

Kak, apa penyakit ini bisa terjadi lagi jika udah pernah merasakannya?

Reply
avatar
May 16, 2013 at 4:44 PM Delete comments

bisa, tergantung kondisi tubuh. Maish belum tau penyebab pastinya kenapa penyakit ini bisa muncul kembali, usahana tidak stress dan senantiasa fit ya

Reply
avatar
June 23, 2013 at 10:09 PM Delete comments

Sekarang gw lagi kena herpes , klo sii penderita bisa mandi nggk yah ?

Reply
avatar
June 24, 2013 at 5:43 AM Delete comments

boleh ^_^

semoga cepet sembuh ya, pake obat tradisional lebih bagus, herpesnya terjangkit di bagian tubuh mana?

Reply
avatar
July 8, 2013 at 7:46 PM Delete comments

Saya kena penyakit herpes di bagian paha,rasanya gatal dan panas,apa penyakit ini bisa menular ke keturunan kita?

Reply
avatar
July 8, 2013 at 7:47 PM Delete comments

Saya kena penyakit herpes di bagian paha,rasanya gatal dan panas,apa penyakit ini bisa menular ke keturunan kita?

Reply
avatar
July 8, 2013 at 10:18 PM Delete comments

cepat diambil tindakkan mas. Herpes bukan penyakit keturunan dan tidak akan diturunkan, herpes akan menular jika terjadi kontak dengan bagian yang terinfeksi

Reply
avatar
November 28, 2013 at 7:49 AM Delete comments

Semoga anda kembali sihat dan kita semua dilindungi.

Reply
avatar
December 13, 2013 at 11:15 AM Delete comments

waktu penyembuhannya berapa lama?

Reply
avatar
December 19, 2013 at 10:42 AM Delete comments

Saya sekarang usianya hampir 37 tahun. Sekarang saya terkena herpes zoster di kulit bagian bawah ketiak sebelah kanan..sudah sampai 2 gerombol.. Rasanya lumayan sakit & panas..apalagi kalo tersentuh sama kain pakaian yg dipakai.. takut ada yg pecah dan menjalar lagi.. Dikasih obat ada 6 macam, termasuk salep. Obat yang dikasih dokter pada tgl. 17 Des 2013 (malam) :
- Salep fuson
- Paracetamol 500 mg
- Valvir 500 mg
- Ciprofloxacin
- Zenriz cetirizine 10 mg
- Neurosanbe 5000

Semua termasuk periksa dokter habis duit 700 ribu.. Sakit cacar pernah saya alami waktu masih duduk kelas 1 SD. Dan mungkin virusnya msh ada dan bersembunyi/pingsan di dalam syaraf.. Kalo tidak salah ingat, waktu saya kelas 5 atau 6 SD saya terkena herpes zoster dibagian dada dan menyerang lagi saat saya duduk di kelas 1 SMP terkena sakit kulit ini lagi.. Sebutan di tempat tinggal saya dulu namanya sakit dampa..disembuhkan dengan cara tradisonal yaitu disembur oleh Janda ketemu lajang.. yang kebetulan Bude saya, campuran yang dikunyah : gula merah, kelapa, bakal buah nangga yg msh kecil sekali (babal), dan apalagi saya lupa.. Dalam 2-3 kali sembur sudah sembuh..

Sekarang terkena lagi dibagian yang sama seperti waktu kecil saya..padahal sudah lebih dari 23 tahun saya tidak sakit ini lagi..
Kata dokter kalo mau sembuh dan tidak kambuh lagi harus diobati secara benar..supaya virusnya tidak muncul lagi kalo kondisi badan kita sedang menurun drastis.. Saran dokter lagi, supaya penderita Herpes Zoster (kayap_istilah orang melayu), jangan dekat2 dengan anak kecil atau orang dewasa yang belum pernah terkena cacar apalagi sampai kontak dengan kulit yang terkena herpes.,karena dapat cepat menulai melalui udara (batuk dan nafas) atau kontak langsung.
Jika sampai besok sakit saya tetap belum ada perkembangan sembuh, akan saya coba untuk berobat kampung (tradisional).

Reply
avatar
December 25, 2013 at 10:20 PM Delete comments

terimakasih mas atas share,

sepertinya mas sedang stress atau kondisi tubuh sedang turun, sehingga herpes sering kembali kambuh

Reply
avatar
February 9, 2014 at 2:34 AM Delete comments

ak jg lg kna nih d paha dalam malah
nasib deh udah ak ksh akdiklovir tablet ma oral biar cpt smbuh
doain cpt smbuh y

ak dlu jg sring kna herpes tp d muka trus srngnya hapir tiap tahun tp skrng mlh d paha dalam.... sedih nyiksa bgt dehhh

Reply
avatar
February 9, 2014 at 2:34 AM Delete comments

ak jg lg kna nih d paha dalam malah
nasib deh udah ak ksh akdiklovir tablet ma oral biar cpt smbuh
doain cpt smbuh y

ak dlu jg sring kna herpes tp d muka trus srngnya hapir tiap tahun tp skrng mlh d paha dalam.... sedih nyiksa bgt dehhh

Reply
avatar
February 13, 2014 at 10:17 PM Delete comments

coba pakai obat trasidionalnya aja, lebih ampuh :D. semoga cepat sembuh ya, jangan stress

Reply
avatar
February 20, 2014 at 8:11 AM Delete comments

herpes bisa menyerang saraf tidak ya,, karena dari beberapa masukan, klo menderita herpes disarankan untuk periksa ke dokter saraf. dalam hal ini yang sakit ibu saya, dan menyerang dikepala dan mata sebelah kiri,,,,

barang kali tahu tentang pertanyaan saya di atas,.. trimakasih

Reply
avatar
February 20, 2014 at 1:17 PM Delete comments

sebenarnya virus herpes itu berdiam diri pada syaraf tertentu,

oh bisa jadi itu nervus trigeminus karena ada hub nya dgn mata (herpes zoster ophtalmoticus)

coba pakai pengobatan tradisional mbak

Reply
avatar
March 29, 2014 at 7:21 PM Delete comments

mas yang nyembur janda/dudanya atau yg singlenya? sy sdg terkena herpes zoster di dada udah hampir sebulan diksh salep sm tablet acyclovir blm sembuh2 msh gatel & msh suka kuncul yg baru. thanks

Reply
avatar
March 29, 2014 at 7:22 PM Delete comments

mas yang nyembur janda/dudanya atau yg singlenya? sy sdg terkena herpes zoster di dada udah hampir sebulan diksh salep sm tablet acyclovir blm sembuh2 msh gatel & msh suka kuncul yg baru. thanks

Reply
avatar
March 29, 2014 at 7:22 PM Delete comments This comment has been removed by the author.
avatar
March 29, 2014 at 9:55 PM Delete comments

dibaca baik-baik ya .

pernikahan antara janda dan lajang, atau duda dengan gadis. Boleh salah satu dari keempat orang itu.

Reply
avatar
April 23, 2014 at 6:34 AM Delete comments

saat ini saya terkena penyakit kulit tapi saya bingung penyakit ini herpes atau bukan. indikasinya gatal berair tetapi tidak bergerombol, bintik hanya satu kadang di jari tangan, di paha, di perut, di punggu. apakah ini herpes atau alergi? saya terkena gatal ini setelah tidur bareng ponaan (laki-laki) yang lebih dahulu terkena gatal2 dan saya tidak tau dia terkena apa.

Reply
avatar
April 26, 2014 at 8:03 AM Delete comments

kalau herpes gerombolan, kalau satu-persatu bukan ciri dari herpes

Reply
avatar