Thursday, April 4, 2013

Membuat Daftar Menu Minuman Sederhana

Suatu ketika saya pernah mendapatkan job untuk membuat sebuah daftar menu minuman saat bekerja di sebuah Rumah Makan Padang. Setelah searching mencari beberapa contoh yang ada di internet, tampaknya terlalu sulit. Daftar menu terlihat begitu sempurna di desain menggunakan aplikasi khusus. Saya yang hanya bisa menggunakan Microsoft Office, berpikir agar bisa membuatnya.

Pertama saya mencoba Microsoft Excel, karena yang saya tau daftar menu itu berbentuk tabel, maka saya kira bisa membuatnya dari sana. Ternyata saya tidak bisa. Kemudian saya mencoba menggunakan Microsoft Word. Dan ternyata hasilnya cukup memuaskan walau hanya sebuah daftar menu minuman yang sangat sederhana.


Dari itu, saya akan berbagi cara untuk membuat daftar menu minuman dengan Microsoft Word. Berikut ini turorialnya.

1. Buka Microsoft Word. Buat judulnya dan desain sesuai pilihan. Karena hanya contoh biasa, saya membuat font Calibri dengan ukuran 18 dan bold.


2. Buat tabel dengan menggunakan fitur pembuat tabel yang terdapat dalam "insert". Sesuaikan jumlah tabel dengan banyaknya minuman yang akan dibuat.

3. Ketik nama minuman dalam setiap kolomnya.

4. Atur agar setiap katanya berada di tengah kolom,- center, dengan menggunakan fitur yang ada di "layout", seperti yang terlihat dilingkari merah.


Hingga menjadi seperti ini.

wah, gambarnya buram ya


5. Berikan warna pada background di setiap kolomnya dengan mengunakan fitur yang terdapat "home" seperti dilingkaran merah.

6. Berikan warna yang lebih muda, sehingga terlihat selang seling.

Anda dapat melakukan beberapa improvisasi seperti menambahkan bingkai atau background berbentuk minuman/buah-buahan. Ini hasil daftar menu minuman yang berhasil saya buat.

10 comments :

  1. boleh dicoba. makasih bang ilmunya :)

    ReplyDelete
  2. Bang Awal, share juga ilmu akuntansinya dungs~ ˆ⌣ˆ

    ReplyDelete
  3. kalau saya tetap pakai excell bro kalau buat tabel2 gitu..tapi ini hasilnya bagus kok. cuma kalau bisa pakai corel atau photoshop lebih mangstab lagi tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya lebih manatb kalau pakai photoshop dan coreldraw, tapi sayangnya saya ngga bisa , ,heheh

      Delete
  4. ada nggak yang bisa nggabungkan M. word dengan excell ya.....

    ReplyDelete
  5. verry nice. thanks buat infonya

    http://goo.gl/NP6ggv

    ReplyDelete