Thursday, May 16, 2013

Hindarilah Berdebat

Apakah Anda pernah berdebat? Saya pernah. Manfaat apa yang kita peroleh dari berdebat? Setelah teman saya berbicara mengenai debat saya menjadi tertarik untuk menulisnya.

Kita akan mulai dari pengertian debat terlebih dahulu,

Debat adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Kemudian kita berangkat kepada resensi yang lebih kuat, yaitu hadist Rasulullah saw,
"Aku jamin rumah di dasar surga bagi yang menghindari berdebat sekalipun ia benar, dan aku jamin rumah di tengah surga bagi yang menghindari dusta walaupun dalam keadaan bercanda, dan aku jamin rumah di puncak surga bagi yang baik akhlaknya." (HR. Abu Daud)

Kita harus menghindari debat, walaupun kita benar. Mengapa harus menghindari? Berikut ini alasannya.

#1
Pasti Anda setuju jika saya katakan bahwa kebenaran itu bersifat pasti dan hakiki tidak relatif berdasarkan perspektif seseorang.

Didalam berdebat pasti kita dapatkan aju argumen dari kedua belah pihak. Sesuatu yang benar bisa menjadi salah sementara yang salah menjadi benar, tergantung bagaimana mereka bisa membalikkan kata-kata, memberi bukti, yang salah seakan-akan menjadi benar. Sebaliknya sesuatu yang benar menjadi salah ketika argumennya tidak dapat mempertahankan "kebenaran" tersebut.

Salah satu perdebatan yang saya temui dalam kontes bedat Bahasa Inggris tentang Kampung Dolly, jelas-jelas bahwa hal tersebut sangat salah, namun bisa menjadi benar ketika ia mengatakan bahwa dengan adanya Kampung Dolly maka pendapatan masyarakat akan meningkat. Bagaimana nasib mereka yang memang berprofesi sebagai "warga" Kampung Dolly jika lokalisasi tersebut di gusur.

#2
 Berbantah-bantahan. Hal ini dilakukan untuk melemahkan argumen dari masing-masing pihak. Kegiatan berbantah-bantahan hanyalah membuang waktu dan pikiran saja. Setiap manusia memiliki hak untuk berpendapat yang berbeda-beda, maka ketika berdebat, masing-masing pihak hanya mempertahankan ego masing-masing

#3
Mempermalukan orang lain. Terutama kepada pihak yang kalah. Ketika Pihak 1 memberikan fakta A, ternyata Pihak 2 membantah dengan fakta B. Tentu saja Pihak 1 akan malu karena fakta telah dibantah dengan fakta yang lain. Si pemenang pun berpeluang menjadi tinggi hati.

#4
Perpecahan. Pernah menyaksikan perdebatan dengan akhir perselisihan/pertengkaran? Sering, bahkan kita bisa menyaksikannya di televisi.

Jadi, apakah ada jalan lain selain berdebat? Jelas ada, Islam mengajarkan untuk bermusyawarah yang artinya berpikir bersama, berdiskusi, menyampaikan pendapat, untuk memperoleh keputusan yang disepakati bersama.

Mari hindari berdebat.

13 comments :

  1. Namun kadang perdebatan pun hadir dalam ruang musyawarah.. mending serahkan kepada pemimpin untuk memutuskannya, tentunya dengan mendengarkan argumen yang telah dikemukakan.. dan satu hal yang menurut saya penting adalah sebuah dasar rujukan yang benar dari persoalan yang sedang dibahas.. #koq saya jd ngawur gini yak..? :D
    Salam Kenal.. :)

    ReplyDelete
  2. Berdebat bikin hati jadi makin keras...
    Saya setuju sama Mas Andro.. "serahkan kepada pemimpin untuk memutuskannya"
    Maka dari itu biar kita gak kebanyakan debat, kita harus punya pemimpin yang amanah.

    ReplyDelete
  3. Maka dari itu janganlah menonton para politisi berdebat di televisi, kalau nonton niscaya kita akan pusing sendiri melihat dan mendengarnya :p

    ReplyDelete
  4. kalau debate contest gimana bang? :o
    haha intinya ya gausah nonton debat kusir yang nggak jelas :D

    ReplyDelete
  5. Berdebatlah untuk mencari solusi atau pemecahan suatu masalah untuk menghasilkan yang terbaik. Jangan berdebat untuk pertikaian atau ketenaran belaka. Salam.

    ReplyDelete
  6. Wah gue pernah tuh debatin dolly (tempat prostitusi) malah nggak ada habisnya hehe. Habis ini bukan sepenuhnya salah mereka, ada juga salah pemerintah. Kalau mereka nggak kerja disana mau kerja dimana ? Terus ada juga yang emang udah ngga bisa keluar dari sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan, kayaknya setuju ya kalau dolly tetap ada?

      Delete
  7. perspektif manusia yang saling berbenturan kadang seru, kadang.... ya tau sendiri.
    debat juga nggak salah kok selagi masing masing sudah tau tujuan dari debat itu apa. ya kembali ke diri masing-masing aja -3-

    ReplyDelete
  8. debat itu emang gak bagus, yang bagus mah musyawaarah :D ye kan ?

    ReplyDelete
  9. bener sob! berdebat itu gak baik buat mata! xD

    Ziarah balik sob!
    http://lutfiezard.blogspot.com/

    ReplyDelete
  10. Capek yg ada kalo debat terus... :D

    ReplyDelete
  11. Menurut ane debat diperlukan bro...
    kalau orang-orang bodoh berdebat, debatnya ya paling menjatuhkan.
    Kalau intelektual berdebat, kita bisa tau kapasitas berpikirnya.
    Ane seneng tuh liat debat di Internet.

    ReplyDelete