Saturday, June 1, 2013

Menghasilkan Uang Lewat Blog


Menghasilkan Uang Lewat Blog- Banyak teman non blogger saya yang bertanya bagaimana caranya menghasilkan uang dari blog. Saya jawab, pertama harus punya blog dulu, heheh. Saya bukan masternya, tetapi  sedikit banyak tahu tentang hal ini. Ada banyak cara untuk memperoleh uang lewat blog dan yang akan saya bahas adalah pemberi layanan iklan. Jenis pemasangam iklan pun beragam dimulai dari PPC (Pay Per Click), PPP (Pay Per Post), PPA (Pay Per Action) dan lain-lain.

Untuk penyedia layanan iklan ada Google Adsense (GA) yang sepertinya diidolakan oleh banyak blog bisnis. Proposal pendaftaran saya tidak pernah diterima, padahal sudah coba beberapa kali. GA memberikan bayaran $ 0,06- $ 1 untuk sekali klik.

Banyak yang putus asa karena tidak  diterima GA lalu pindah haluan ke Chitika (saya juga begini). Chitika bisa diletakkan 1 level dibawah GA. Ada Sitti, AdsenseCamp, Kumpul Blogger, KlikSaya, IdBlognetwork, AdRewa, dan masih banyak lagi. Semua penyedia iklan di atas pernah saya coba kecuali Google Adsense.

Tipe iklan yang saya suka PPP alias Job Review. Kita akan dibayar per tulisan. Biasanya Pay Per Post mengandalkan Page Rank, ini yang saya alami selama menggenggam PR 2 ketika masih berdomain blogspot. Baru saja menikmati lima job Review, PR saya berubah menjadi 0 karena berganti domain.

Penyedia PPP dapat Anda temui di AdsenseCamp dengan bayaran minimal Rp 20.000/tulisan dan Paid Review Indonesia dengan bayaran sesuai PR, dimulai dari PR1 bernominal Rp 25.000 . Satu lagi ada di Idblognetwork dengan bayaran Rp 800.000 - Rp 1,5juta, belum pernah dapat berhubung saya baru bergabung beberapa hari yang lalu.

Untuk Tipe Iklan PPC lebih mengandalkan traffic yang tinggi. Semakin banyak jumlah pengunjung maka semakin besar peluang diklik. Yang saya rekomendasikan adalah GA. Untuk Sitti saya tidak tahu karena tidak mendapatkan info yang memadai walaupun pernah bergabung kesana. Adsensecamp membayar  Rp 300/klik/IP address. Kumpul Blogger, saya sudah lupa. Kliksaya akan membayar Anda minimal Rp 300/klik. Idblognetwork minimal Rp 1.000/klik.

Saya punya saran untuk Anda yang ingin menghasilkan uang dari blog.

  1. Sebelum pasang iklan, pastikan trafic blog Anda tinggi. Paling tidak membutuhkan waktu 6 bulan dengan merawat blog secara konsisten.
  2. Personal blog kurang efektif untuk dikomersialkan, karena biasanya personal blog bercerita tentang kehidupan pribadi plus ide dan opini. 


#Tambahan
Saya sendiri sadar kalau blog ini dulunya adalah personal blog yang bermetamorfosis menjadi random blog (memangnya ada?). Setelah saya merasa mendapatkan esensi dari blogging, maka saya berpikir bahwa meng komersialkan blog kurang cocok (khusus untuk blog ini). Saya berniat untuk memasang iklan sederhana, seperti yang terlihat di sebelah kanan blog ini. Saat ini saya mencoba fokus menaikkan Page Rank untuk mengincar Job Review.

Saya sempat membuat polling "Apakah Iklan Mengganggu?". Saya membuat ini karena muncul iklan pop up di sebelah kanan bawah blog. Ternyata iklan itu cukup menganggu. Hasil suara yang masuk ada 8, saya bahagia sekali ternyata masih ada yang peduli dengan saya demi kemajuan blog ini *ambil tissue. 5 dari 8 suara mengatakan bahwa kehadiran iklan memang mengganggu.


Oke, silahkan dicoba bagi yang berminat.


15 comments :

  1. GA tetap yg terbaik, traffic sedikit pun masih ada kemungkinan di terima. dgn nilai per klik yg cukup tinggi / prnh dapat $4 1 klik dr blog Indo

    ReplyDelete
  2. masih bingung sebenernya -___- ..kalo penghasilannya gak terlalu diharepin banyak-banyak yg penting awet.

    ReplyDelete
  3. pake GA enak cuma masalahnya ada pada trafic dan convertion rate (klik)...

    Semangat sob!!
    dukung selalu dah... :D

    ReplyDelete
  4. PPC emang bisa menghasilkan gan!

    Tapi nggak jarang, PPC malah menipu kita! :D

    Mungkin yang paling bisa dipercaya itu Google Adsense sih... :D

    Selain itu apa masih ada gan?

    ReplyDelete
  5. sekedar share, ane pernah ikut GA gan, tp sering di tolak mulu. Akhirnya coba paid review, tembus dapet beberapa dollar, sialnya blog ane yg dulu pr-nya 4 dan di hack oleh seseorang. Akhirnya berhenti bisnis online fokus membangun blog lagi, selain itu ane buka blog ada 3; 1. bahasa Indonesia, 2. English, 3. Market: yg ketiga ini ane bener-bener jual produk dan jasa dan Alhamdulillah menghasilkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang sekali ya, PR 4 di hack pula. Udah berapa lama merawat blognya mas.... kenapa bisa di hack?

      Delete
  6. sekedar cerita bang.
    bulan februari lalu ganti domain baru, iseng-iseng daftar GA. eh diterima. pas udah diterima, laptop ngebuka blog ane, sama temen klik iklan sendiri. banned lah akhirnya.. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang sekali ya, padahal itu pasti udah senang tingakt tinggi, giliran di banned, nyesek etengah mati

      Delete
  7. dapet uang lewat blog, ppc aku pernah ikutan, cuman ga tau ikutan apa dulu, soalnya udah lupa sama ga pernah ngurusin lagi... skrg sih fokusnya ke personal blog sama toko online...

    ReplyDelete
  8. SUSAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAH

    ReplyDelete
  9. makasih infonya sgt membantu :)

    ReplyDelete
  10. Ikutan internet school aja gan

    ReplyDelete
  11. Ane juga dulu blm menghasilkan dollar tapi sekarang tetap belum bisa menghasilkan dollar hehe sabar gan.mari kita bantu saya

    ReplyDelete
  12. susah-susah gampang mendapatkan penghasilan dari blog.
    kita harus fokus dan serius untuk membangun sebuah blog biar dapet menghasilkan uang.

    ReplyDelete