Wednesday, June 19, 2013

Tips Menjawab Soal USM STAN


Tips Menjawab Soal USM STAN

STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) akhirnya membuka penerimaan mahasiswa baru setelah tahun sebelumnya 2012 tidak membuka pendaftaran.  USM STAN merupakan pintu gerbang utama yang harus ditempuh agar memperoleh kursi kuliah di kampus STAN. Tes tertulis bisa dikatakan sebagai halangan besar bagi sebagian terbesar peserta. Pada tes tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI) ini  paling banyak mengngugurkan peserta karena ada nilai minimal yang harus dicapai.

Saya sudah pernah menghadapi Ujian Tertulis 2011 dan alhamdulillah berhasil lulus sampai tes terakhir, hingga menjadi mahasiswa STAN. Jika berminat bisa membaca pengalaman saya selama kegiatan orientasi STAN disini.

Pada kesempatan kali ini saya berbagi tips untuk menjawab soal tertulis USM STAN. Sebelumnya, harus kita ketahui dahulu poin-poin dari soal tertulis ini.

  • Jumlah soal 180
  • Terdiri dari 2 bagian, TPA 120 soal  dan TBI 60 soal
  • Waktu yang disediakan 150 menit dengan rincian, 100 menit untuk TPA, 50 menit untuk TPB
  • Masing-masing bagian harus melewati nilai mati yaitu jumlah benar minimal 1/3 dari jumlah soal
  • Menggunakan sistem minus untuk jawaban yang salah -1, benar nilai 4, tidak menjawab 0
Dari poin diatas bisa kita simpulkan bahwa untuk menjawab satu soal membutuhkan waktu 50 detik. Namun banyak soal yang hanya membutuhkan beberapa detik saja. Manajemen waktu sangat diperlukan dalam hal ini. Ada soal-soal yang memang perlu ditinggalkan karena sangat menguras waktu.

Tes Potensi Akademik
Tes ini terdiri dari:
---Kemampuan Verbal---
1. Kosakata
2. Sinonim
3. Antonim
4. Analogi

Soal-soal ini membutuhkan wawasan bahasa yang banyak dan dapat dikerjakan dalam waktu beberapa detik saja. Untuk jawaban yang yakin benar segera dijawab, untuk yang ragu-ragu tandai dahulu soalnya jadi jika masih ada sisa waktu maka kita berkesempatan untuk mengerjakan soal ragu-ragu tersebut. Yang tidak tahu segera tinggalkan.

---Pemahaman Bacaan---
Soal-soal pada subbagian ini berisi tulisan-tulisan yang cukup panjang. Unutk menjawabnya kita butuh mebaca teks tersebut beberapa kali bahkan perlu menganalisisnya. Saya mengabaikan soal-soal ini hanya membuang waktu saja. Saya mengerjakannya di sisa-sisa waktu.

---Kemampuan Kuantitatif---
Berisi soal-soal matematika sederhana. Saya suka soal-soal pada subbagian ini. Silahkan maksimalkan nilai di subbagian ini.

---Logika Posisi---
Soal ini berisi persoalan logika yang terdiri dari satu keterangan dengan beberapa soal. Jujur, bagi saya soal ini cukup membuang waktu dan lumayan 'berat'. Kita harus benar-benar paham setiap info/keterangan yang diberikan.  Jika satu step saja miss, maka dapat dipastikan soal-soal yang berhubungan tersebut dapat dipastikan salah semua.

---Silogisme---
Soal yang berisi penarikan kesimpulan. Cukup mudah. Silahkan maksimalkan nilai pada subbagian ini.

---Barisan Logika---
Kita hanya perlu menentuka deret terakhir dengan data yang ada dimana tercipta suatu pola tertentu. Cukup mudah, silahkan maksimalkan nilai pada subbagian ini.

---Tes Gambar---
Hanya perlu mencari gambar selanjutnya sesuai pola yang ada. Silahkan maksimalkan nilai pada subbagian ini.

Nah, saya menyusun strategi untuk menjawab bagian TPA agar benar-benar memaksimalkan nilai pada bagian ini. Diprioritaskan berdasarkan soal termudah dan waktu yang paling sedikit untuk menjawabnya. 
  1. Kemampuan Verbal (25 soal)
  2. Silogisme (6 soal)
  3. Barisan Logika (10 soal)
  4. Tes Gambar (5 soal)
  5. Kemampuan Kuantitatif (45 soal)
  6. Pemahaman Bacaan (15 soal)
  7. Logika Posisi (14 soal)
Total soal pada bagian TPA adalah 120 soal. Untuk melewati nilai mati minimal 40 soal benar. Kenali kelebihan kalian pada subbagian mana yang paling mampu dikerjakan. Sehinggan kalian dapat memaksimalkan nilai untuk melebihi nilai mati.

Saya ingatkan kembali, untuk soal yang ragu-ragu silahkan ditandai saja, sedangkan yang tidak tahu tinggalkan. Jika ada waktu yang tersisia, silahkan kerjakan kembali untuk soal yang ragu-ragu.

Ingat pula ketika telah memasuki soal bagian TBI, kalian tidak diperkenankan kembali mengerjakan TPA


Tes Bahasa Inggris
Soal TBI sebanyak 60 soal dengan waktu 50 menit. Seluruh soal beracuan kepada Toefl. Untuk melampaui nilai mati maka kita harus menjawab benar minimal 20 soal

Tes terdari dari :
---Structur and Written Expression---
Soal mengenai structur dan grammar

---Eror Recognition---
Soal mencari kata yang tidak tepat dalam sebuah kalimat

---Reading Comperehension---
Soal berdasarkan teks. Satu teks terdiri dari beberapa soal. Didalamnya juga terdapat soal antonim dan sinonim kata, jadi diharapkan banyak membaca

Jika diprioritaskan, maka urutannya :
1. Structur and Written Expression (30 soal)
2. Eror Recognition (10 soal)
3. Reading Comperehension (20 soal)

Terakhir, saya anjurkan untuk benar-benar mempelajari 3 tahun soal sebelumnya. Struktur soalnya sama, ada yang hanya angkanya saja berubah, bahkan ada juga soal yang sama keluar tanpa perubahan sedikitpun. Pelajarilah soal-soal tersebut hingga mengerti konsep menjawabnya. Jika perlu demi memaksimalkan kemampuan, silahkan ikuti bimbingan belajar STAN.

Semoga tips menjawab soal USM STAN ini bermanfaat. Saya ucapkan, selamat berjuang untuk para peserta. Satu kursi kuliah menunggu Anda :)

11 komentar

click to leave a comment!

June 19, 2013 at 9:57 AM Delete comments

Wah, makasih banyak bro tipsnya detail banget. Oh iya, soal bagian Kemampuan Kuantitatif itu matematika dasar atau gimana ya?

Reply
avatar
June 19, 2013 at 12:32 PM Delete comments

Kamu anak STAN juga? Angkatan tahun berapa?

Reply
avatar
June 19, 2013 at 1:03 PM Delete comments

Tahun 2012 kak, Bea Cukai, fresh graduated lah, hehe

Reply
avatar
June 19, 2013 at 4:03 PM Delete comments

Wah, sama...

D3 apa D1? BC ya... Pantes kayaknya nggak pernah tahu kamu di kampus Bintaro...

Reply
avatar
June 19, 2013 at 5:25 PM Delete comments

wah buat yg baru lulus SMA wajib baca nih, yg mau sukses jd mahasiswa STAN.

Reply
avatar
June 20, 2013 at 9:56 AM Delete comments

<-- gak ada pikiran buat kuliah ._.

Reply
avatar
July 16, 2013 at 11:34 AM Delete comments

wah nice inpo gan :D . Prioritas agan sama kayak saya kalo lg ngerjain soal hehehe . makasih ya gan tipsnya, semoga saya masuk amin O:)

Reply
avatar
January 14, 2014 at 11:22 AM Delete comments

KUMPULAN SOAL STAN TERLENGKAP DAN BUKU STAN HANYA ADA DISINI SOBAT : http://kumpulansoalstan.blogspot.com/

Reply
avatar
April 28, 2014 at 4:18 PM Delete comments

makasih untuk info nya.. sangat bergunaa :) doakan saya lulus di sini yaaa..
o iya, share soal soalnya dong.. makasih : )

Reply
avatar