Wednesday, July 17, 2013

Berpuasa Tanpa Sahur

Berpuasa Tanpa Sahur by iba.web.id

Hari minggu, 3 hari yang lalu saya bershaum tanpa sahur. Ini bukanlah karena disengaja, melainkan kelalaian yang membuat tidak terbangun dari tidur. Padahal saya sudah pasang alarm begitu juga dengan anggota keluarga yang lain. Ketika alarm berdering keras, saya mematikannya antara sadar dan tidak sadar seakan-akan tidak ingat kalau harus bersahur.

Bersahur sangat disarankan agar fisik kita mampu bershaum hingga waktu berbuka tiba. Selain itu, sahur juga mengandung keberkahan.

“Janganlah kalian tinggalkan ia (sahur) meskipun kalian hanya minum seteguk air. Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang melaksanakan sahur.” [HR Ahmad (11101). Hadits shahih]


Anehnya, saya perhatikan orang-orang disekitar dan saya sendiri. Bershaum tanpa sahur bisa menahan diri dari lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba walaupun rasa itu terasa juga, hehehe. Tetapi, jika sedang tidak bershaum, untuk tidak makan siang saja sulit, padahal sarapan jam 8. Memang kekuatan niat yang dikukuhkan Allah benar-benar nyata.

15 komentar

click to leave a comment!

July 17, 2013 at 7:18 AM Delete comments

Niat yang kuat menjadi kunci untuk tetap bertahan sampai waktunya tiba. Tidur itu nikmat dan aman. Salam cemerlang.

Reply
avatar
July 17, 2013 at 8:31 AM Delete comments

Kalau sahur sih pahalanya lebih banyak.. =D

Reply
avatar
July 17, 2013 at 8:39 AM Delete comments

Itu merupakan kekuatan niat sob.
Ane pernah satu hari ketiduran sampai subuh dan tidak sahur. Kalau niat puasa sih setelah sholat tarawih. Anehnya kuat sampai berbuka sob. Padahal kalau hari biasa mah nggak nahan.

Reply
avatar
July 17, 2013 at 1:03 PM Delete comments

Kalau niat sahur kuat InsyaAllah terbangun walau tanpa alarm... Semoga lancar2 aja ibadahnya ya ^^

Reply
avatar
July 17, 2013 at 5:43 PM Delete comments

siiip semoga kita tetep saur mas, mencari keberkahannya dan tentunya supya kenyang ^_^

Reply
avatar
July 17, 2013 at 7:05 PM Delete comments

iya broh, itu salah satu uniknya bulan puasa. niat mengalahkan segalanya. dan itu juga bisa dibiasain ke hari2 lain kecuali bulan ramadhan sebetulnya hehe

Reply
avatar
July 17, 2013 at 8:52 PM Delete comments

sebetulnya sahur itu diwajibkan bagi orang yang berpuasa dibulan ramadhan, tapi kalo tidak disengaja mungkin tidak mengapa ^_^

Reply
avatar
July 17, 2013 at 9:11 PM Delete comments

wah keren gan mantep !! infonya hahha

Reply
avatar
July 18, 2013 at 5:12 AM Delete comments

Mungkin bg Awal lagi kecapekan banget tuh sampai lupa bangun.. :-D
Untung bangunnya gak pas mw maghrib yaa.. Hehehe.. Bcanda!!

Reply
avatar
July 18, 2013 at 3:32 PM Delete comments

untuk sahur harap hati-hati lhoo....
soalnya ada hadist...
Bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Sebaik-baik sahurnya seorang mukmin adalah kurma." (HR Abu Dawud, Ibnu Hibban, Baihaqi)

karena bisa jadi yang sahur pake nasi hukumnya bid'ah atau mungkin haram...
:P

Reply
avatar
July 18, 2013 at 3:47 PM Delete comments

Hati-hati berfatwa bang, nanti salah lho...

Rasulullah tidak mewajibkan dengan kurma, yang dikatakan hanya sebaik-baiknya. Makanan itu disesuaikan dengan keadaan daerah

Reply
avatar
July 19, 2013 at 6:44 AM Delete comments

Jangan asal statement aja sob.
Ada dalilnya nggak kalau sahur pakai nasih haram. Kalau nggak ada dalilnya, dan itu nggak membawa mudhorot ya boleh.

Masa orang indonesia mau sahur pakai kurma.

Reply
avatar
July 19, 2013 at 9:48 AM Delete comments

Ya betul bos, kekuatan niat memang utama. Di samping itu juga keistimewaan bulan ramadhan memang seperti itu. Menguatkan orang yang lemah, membersihkan yang kotor, mendekatkan yang jauh.

Reply
avatar