Wednesday, July 31, 2013

Kegiatan Menyambut Lebaran : Membuat Kue Krekes

Kegiatan Menyambut Lebaran : Membuat Kue Krekes by iba.web.id

Lebaran tidak lama lagi. Kurang lebih seminggu lagi. Salah satu kegiatan ramadhan yang menarik adalah membuat kue lebaran. Kakak saya, mulai sibuk membuat kue. Saya mau nggak mau harus tetap membantu, memang niatnya mau membantu. Selain mengisi kegiatan kosong juga menambah pengetahuan di dunia per-kue-an.

Saya bisa dikategorikan orang yang suka membantu ^_^. Membuat kue salah satunya. Dulu waktu ibu masih rajin membuat kue, saya sudah mulai membantu, seingat saya sejak saya umur 6 atau 7 tahunan. Sekarang, mendekati lebaran saya mengunjungi rumah kakak satu-persatu. Disana nantinya pasti akan membantu membuat kue. Ingat lho, tujuan utama bukan membuat kue tetapi liburan.

Kali ini saya membantu membuat kue krekes. Krekes? Tulisannya sudah benar atau belum? Sangat mudah membuat kue ini. Sederhana namun cukup lezat karena dibalut dengan cokelat.

Ini dia penampakan kue krekesnya.
Membuat Kue Krekes
Kue Krekes

Bahan membuat kue krekes :

  1. Cokelat
  2. Emping 
  3. Gula mutiara
  4. Wadah kertas
Untuk emping bisa menggunakan emping jagung atau emping melinjo. Membuat kue krekes dengan emping melinjo ini hasil eksperimen kakak yang rasanya lebih enak dari emping jagung.

Cara membuat kue krekes :
  1. Cairkan cokelat dengan memanaskannya diatas rebusan air
  2. Emping digoreng lalu diremas menjadi pecahan kecil
  3. Campurkan emping yang telah dihancurkan dengan cokelat cair hingga merata
  4. Masukkan ke dalam wadah kertas
  5. Taburkan gula mutiara sebagai pemanis tampilan
  6. Tunggu kering, lalu siap disantap
Membuat Kue Krekes
Membuat Kue Krekes


Membuat kue nya dilantai, jadi untuk alas agar tetap bersih koran dijadikan pilihan alternatif. Mudah kan membuatnya?

Bagaimana dengan sahabat? Sudah membuat kue lebaran?

19 comments :

  1. boleh nih kirim setoples ke rumah saya mas Sabda heheh:D

    ReplyDelete
  2. Wuih... Buat sendiri ya mas?
    Eh, BTW ganti template lagi ya?

    ReplyDelete
  3. Resep membuat kue yang sangat bagus untuk dipraktekkan mas. Lebih baik buat sendiri dengan cara membeli bahan-bahan yang disediakan dan kemudian membuatnya sendri di rumah. Itu lebih praktis dan hemat. Untuk dihidangkan di hari lebaran juga tidak kalah menariknya dengan kue-kue dari beli. Nice share mas :)

    ReplyDelete
  4. lebaran biasanya ema saya cuma buat ketupat sayur atau orang sunda sering menyebutnya dengan lengko...... kalo kue biasanya membuat kue kering.. tapi sekarang belum ada persiapan apapun buat menyambut lebaran,,....tapi yang terpenting di hari raya nanti kita bisa bermaaf maafan.... serta semoga ibadah kita semua diterima oleh Allah SWT Aamiin...............

    ReplyDelete
  5. enak nih...kue nya, kalo aq biasanya kebagian mixer adonan hehe..

    ReplyDelete
  6. We..cocok nih buat referensi emak saya..hehehe

    ReplyDelete
  7. Hemmm
    Makanan mahal ini kalau bahannya dari cokelat. Kirim dong sob satu kardus aja. Buat trial rasanya hehehe

    ReplyDelete
  8. wah, jadi intinya ini menghadirkan resep yah... ^_^
    boleh nih kalo mau dikirim... ^_^

    ReplyDelete
  9. boleh juga ni kalau lebaran santap kue enakk tenann

    ReplyDelete
  10. wah, enak yaa
    emping plus cokelaat.. enak tuh >.<

    ReplyDelete
  11. nyammiiii
    enak tuch...
    kirim setoples ya...
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada minta dikirimin semua, hahaha... lain kali aja ya

      Delete
  12. pengen nyobain, belom pernah makan begituan huehehe :D

    ReplyDelete
  13. wah keren itu gan, nice post :-)
    .
    kunbal>> http://lensaglobe.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. kemarin saya beli kue mirip ini penampakannya..
    cuma isiannya pake kurma dan kacang mente.. ^^

    ReplyDelete
  15. Salah satu manfaat Ramadhan lainnya iyaa ini,,
    Bisa ngajarin kita buat kue dan jadi lebih kreatif deh.. ^^b
    heheheh..

    ReplyDelete