Sunday, August 4, 2013

Tes Kesehatan Dan Kebugaran USM STAN

 Tes Kesehatan Dan Kebugaran USM STAN

Saya telah menuliskan pengalaman saya dalam menjalani USM STAN 2011, dimulai dari tes tertulis, tes kesehatan dan kebugaran, hingga tes wawancara. Karena banyaknya pertanyaan yang masuk, maka saya menuliskan bahasan khusus tes-tes USM STAN. Semoga dapat memberikan gambaran kepada calon mahasiswa STAN.

Kali ini saya akan membahas tes kesehatan dan kebugaran yang lebih rinci guna membantu para peserta yang akan mengikuti tes ini. Banyak juga peserta yang tidak lolos dari tes ini, terutama pada tes kebugaran.

Saya tes di Medan,untuk tes kesehatan dan kebugaran dilaksanakan di kompleks perumahan DJBC Marelan. Setiap pererta diwajibkan menggunakan pakaian olahraga. Pesertanya cukup banyak karena yang dari Aceh juga tes disini. Bahkan saya dapat giliran ba'da zuhur.Untuk itu disarankan membawa minuman dan snack, boleh jadi kalian mendapat giliran siang hari.

Berikut ini tes kesehatan yang saya jalani.
1. Ukur tinggi dan berat badan
Ini bukan tes yang berat kok.

2. Tekanan darah
Dalam kondisi sehat tekanan darah akan normal. Jika mau hasil sempurna diharapkan jaga kesehatan. Hindari minum kopi dan bergadang.

3. Mata rabun
Tes ini menggunakan tabel Snellen atau tabel E. Kita akan berdiri pada jarak tertentu, lalu menyebut huruf yang ditunjuk oleh penguji. Awalnya dengan kedua mata, selanjutnya dengan menggunakan satu mata. Menutup mata kanan dengan tangan untuk menguji mata kiri, begitu juga sebaliknya.

4. Buta Warna
Kita ditanya angka yang terbentuk dalam tabel buta warna. Bagi mata normal sangat mudah melewati tes ini. Bagaimana dengan buta warna parsial? Saya tidak berani menjamin, tetapi masih berpeluang lulus selama bisa menyebut angka dengan benar.

5. Nadi dan Jantung
Ahli kesehatan akan mengukur denyut nadi dan detak jantung.

6. Refleks
Bagian siku dan lutut akan dipukul dengan palu karet. Saraf refleks yang sehat akan menunjukkan lutut yang bergerak ketika dipukul dengan palu karet.

7. Mulut, Gigi, dan Telinga
Saya memang rutin membersihkan telinga seminggu sekali, sehingga dokter memuji telinga saya yang bersih. Untuk mulut oke. Sedangkan gigi agak sedikit bermasalah. Satu gigi saya ditambal, satu graham tidak ada (sudah dicabut), karang gigi ada. Tetapi, tidak menjadi masalah. Saran, jika ada gigi yang berlubang silahkan ditambal, sedangkan gigi yang sudah busuk dicabut saja.

Setelah menjalani tes ini, maka selanjutnya menghadapi tes kebugaran. Tes ini sebenarnya sangat mudah, asalkan kita sudah terbiasa.

1. Berlari selama 12 menit
Ada jarak minimal yang harus ditempuh. Lelaki dan perempuan memiliki standar yang berbeda. Paling tidak kita harus menempuh 1000 meter. Sangat dianjurkan kalian mulai berlatih dari sekarang. Semakin tinggi jangkauan kalian, maka akan semakin baik. Kalau tes yang saya jalani, satu putaran sekitar 325 meter, saya berhasil menempuh 6 putaran + 60 meter.

Ini bukanlah ajang lomba lari. Berlarilah dengan kecepatan sedang. Tidak perlu tergesa-gesa, karena yang diperhitungkan adalah jangkauan jarak yang ditempuh bukan yang pertama sampai digaris 'finish'. Di 1 menit terakhir kita akan diperintahkan sprint (berlari cepat). Silahkan berlatih mulai sekarang, minimal berlari selama 12 menit perhari.

2. Shuttle Run
Tes ini lebih mudah dibandingkan dengan berlari 12 menit. Kita hanya diperintahkan untuk berlari membentuk angka delapan yang mana telah disediakan jalurnya. Saya lupa waktu yang disediakan. Cara hitungnya, berapa banyak 'angka 8' yang kita peroleh dengan waktu yang disediakan.

Inilah tes-tes yang sudah saya jalani tahun 2011. Semoga informasi Tes Kesehatan Dan Kebugaran USM STAN membantu kalian. Selamat berjuang, satu kursi STAN menanti kalian :).

86 komentar

click to leave a comment!

August 4, 2013 at 7:50 PM Delete comments

hampir sama kayak tes kesehatan sama samapta IPDN, tapi yg bikin beda tes IPDN agak banyakan dikit, hehehe.. semangat deh buat adek2 yg mau daftar STAN

Reply
avatar
August 4, 2013 at 8:02 PM Delete comments

Ternyata saya bukan orang yang bugar mas ... :)

Reply
avatar
August 6, 2013 at 5:54 AM Delete comments

Di stan ada tes larinya juga too. Kirain cuma di perusahaan aja yang ada tes berlari.

Reply
avatar
August 6, 2013 at 9:14 AM Delete comments

kak,gigi geraham sy lubang,apakah sbaiknya d cabut?krna katanya sudah tidak bisa di tambal.

Reply
avatar
August 6, 2013 at 9:33 AM Delete comments

sebaiknya begitu. Silahkan baca di tes kesehatan dan kebugaran

Reply
avatar
August 6, 2013 at 11:35 AM Delete comments

kak kalo gigi depan gingsul 2 gmana ya? sama ada karang giginya??
apa masi bsa lolos?

Reply
avatar
August 6, 2013 at 3:54 PM Delete comments

Sip kak,makasih
kak,apa" sih pnyebab gagalnya wawancara?

Reply
avatar
August 6, 2013 at 5:13 PM Delete comments

kakak tidah tahu standar pnlaian wawancra. Maaf y

Reply
avatar
August 8, 2013 at 5:57 PM Delete comments

ka kalo giginya pernah di behel bisa ga?

Reply
avatar
August 9, 2013 at 9:20 AM Delete comments

aih yang bener 12 menit 600 meter..?
aq kemarin saya sampe 1700an meter lho...
pas samapta malah penilaian berbeda, lari 3200 meter dapat berapa menit...
:)

Reply
avatar
August 9, 2013 at 9:24 AM Delete comments

iya bg, agak ragu juga, karena lupa. Tpi sepertinya memang min 1 km

Reply
avatar
August 10, 2013 at 8:15 PM Delete comments

waktu kakak tes shuttle run ada berapa tiang yang ada di lapangan kak?

Reply
avatar
August 11, 2013 at 10:44 AM Delete comments

bukan tiang, tapi kerucut yang digunakan sebagai pembatas jalan

Reply
avatar
August 12, 2013 at 11:00 AM Delete comments

kalo aku dah pake kacamata nih bang, dah minus 2,25...
pengaruh ga bang ma kesehatan...?

Reply
avatar
August 12, 2013 at 11:17 AM Delete comments

oh gitu ya kak, terus kerucutnya itu cuman ada dua (ditaruh di ujung awal sama ujung akhir) apa ada lebih dari dua gitu kak?

Reply
avatar
August 12, 2013 at 11:22 AM Delete comments

terimaksih tulian2nya mrmbantu bgt :) oia kalo larinya pake sepatu cats biasa aja yg ky merk allstar gt boleh ga ya?

Reply
avatar
August 12, 2013 at 1:04 PM Delete comments

Terimakasih kembali. Boleh :)

Reply
avatar
August 12, 2013 at 1:06 PM Delete comments

Stahu abang batas minus maksimal adalah 3. Jadi, masih aman lah ;)

Reply
avatar
August 12, 2013 at 6:28 PM Delete comments

kak, wktu lari 12 menit boleh smbil jalan gk, soalny saya gk kuat?

Reply
avatar
August 12, 2013 at 7:43 PM Delete comments

boleh, asal tidak ketahuan panitia :)

Reply
avatar
August 12, 2013 at 10:54 PM Delete comments

mas, kalo pas tes kesehatan ada tes urin juga ndak??

Reply
avatar
August 13, 2013 at 6:15 PM Delete comments

bang, klo pas tes lari pake celana pendek/celana basket + kaos biasa boleh ga? soalnya klo lari pake training agak ribet :D thx

Reply
avatar
August 13, 2013 at 7:47 PM Delete comments

setahu kakak peraturannya memang tertulis menggunakan pakaian training

Reply
avatar
August 13, 2013 at 8:24 PM Delete comments

kak, kalo ada varises sama varicocel gmna ?

Reply
avatar
August 13, 2013 at 9:15 PM Delete comments

kaki tidak diperiksa, organ tubuh yang kena varicocel juga tidak diperiksa

Reply
avatar
August 13, 2013 at 10:39 PM Delete comments

ooo gitu. ada syarat"/berkas" yg harus dibawa ga pas tes kebugaran+wawancara?

Reply
avatar
August 14, 2013 at 1:10 PM Delete comments

oiya, untuk lari boleh pake sepatu basket ga? atau emang harus pake sepatu lari?

Reply
avatar
August 14, 2013 at 2:08 PM Delete comments

kak batas min untuk cew buat tes lari 12 menit brapa putaran? trus buat shuttle run min brapa banyak putaran?

Reply
avatar
August 14, 2013 at 2:36 PM Delete comments

kaka ngga tau batas minimumnya, berlarilah sampai jarak terjauh. Berlatih dari sekarang.

3 putaran saja

Reply
avatar
August 14, 2013 at 2:41 PM Delete comments

kak klo tes kebugaran,tes kesehatan dan tes wawancara itu menjatuhkan ga sih ?
Terimakasih

Reply
avatar
August 14, 2013 at 2:42 PM Delete comments

kak klo tes kebugaran,tes kesehatan dan tes wawancara itu menjatuhkan ga sih ?
Terimakasih

Reply
avatar
August 14, 2013 at 7:14 PM Delete comments

setiap tes akan ada peserta yang ngga lolos jadi lakukanlah usaha yang terbaik

Reply
avatar
August 14, 2013 at 7:16 PM Delete comments

ngga ada berkas yang dibawa. Bukannya di pengumuman tes wawancara diberitahu?

pakai aja

Reply
avatar
August 14, 2013 at 8:08 PM Delete comments

mas aku ada 1 gigi di tengah tapi bukan seri .. dulu dokter d puskesmas g brani nyabut . gmna ?

Reply
avatar
August 14, 2013 at 8:20 PM Delete comments

oh, sepertinya itu bukan masalh

Reply
avatar
August 15, 2013 at 10:43 AM Delete comments

ohh sip deh, saya blm liat pengumumannya/emang belum dibuat?

okedeh makasih bang. oiya, ada jeda waktu istirahat ga setelah lari 12 mnt? klo ada brp menit?

Reply
avatar
August 15, 2013 at 1:03 PM Delete comments

ada, sukuplah sekitar 20 menitan lebih

Reply
avatar
August 15, 2013 at 2:31 PM Delete comments

ohh oke, sip makasih bngt bang buat infonya :)
*ada tips buat lari 12 mnt ga? :D*

Reply
avatar
August 15, 2013 at 7:32 PM Delete comments

silahkan baca lagi tulisan di atas :)

Reply
avatar
August 16, 2013 at 1:22 AM Delete comments

kak, aku mau tanya bagian tes wawancaranya nih. kalo tes wawancara pakaiannya yg pas gmn ya? terussss ini tes kesehatan pake baju olahraga langsung ya? mohon balasannya, terimakasih^O^

Reply
avatar
August 16, 2013 at 1:02 PM Delete comments

kak boleh nanya ga, penentuan penilaian lulus tahap terakhir nh murni dr kesehatan,kebugaran n waancara atw gabungan dr tahap 1 ?

Reply
avatar
August 16, 2013 at 1:44 PM Delete comments

setiap tes ada yang gugur, jadi finalnya tes wawancara

Reply
avatar
August 16, 2013 at 2:48 PM Delete comments

kak, saya kan pake behel, sebaiknya dilepas atau tidak?

Reply
avatar
August 16, 2013 at 2:53 PM Delete comments

kak saat tes kesehatan kebugaran dari rumah kita pakek pakaian yg hitam putih spatu pantofel / langsung olahraga spatu olhraga ???

Reply
avatar
August 16, 2013 at 7:19 PM Delete comments

tidak. karena ada organ yang lebih penting dari gigi untuk menentukan kelulusan

Reply
avatar
August 17, 2013 at 12:04 AM Delete comments

kalau tahun kakak dulu wawancara pakai hitam putih. ya, lansung olaraga

Reply
avatar
August 17, 2013 at 3:46 PM Delete comments

kak, mau tanya kita di check urine, rontgen, dan darah?dan kira kira waktu shuttle run sebaiknya dapat berapa?

Reply
avatar
August 17, 2013 at 5:24 PM Delete comments

ok kak..
thanks buat info2 nya..

keep success..

Reply
avatar
August 18, 2013 at 9:31 AM Delete comments

ngga.Berdasarkan tes 2011 minimal dapat 3 dalam waktu 20 detik

Reply
avatar
August 19, 2013 at 9:48 AM Delete comments

kak, saya gigi geraham dicabut 2. gigi di tambal satu dan banyak yg bolong... apa sebaiknya yg bolong di tambal semua? karena kata dokternya lobang-lobang gigi saya tidak masalah dan masih kecil lobangnya:( kak mohon dibalas :) :(

Reply
avatar
August 19, 2013 at 10:18 AM Delete comments

kak, aku dr medan jg nih, waktu kakak lari 12 menit itu satu putaran brp meter, tahun ini lokasinya sama gak?

Reply
avatar
August 19, 2013 at 11:15 AM Delete comments

terlepas dari tes kesehatan ini. Kakak memang menyarankan untuk ditambal aja. Nanti lubang kecil itu bakalan jadi besar, akhirnya sakit gigi deh.

ditambal aja lebih baik

Reply
avatar
August 19, 2013 at 11:16 AM Delete comments

Tolong dibaca lagi ya.

345 meter

Reply
avatar
August 20, 2013 at 12:08 PM Delete comments

tapi kalau dokter menyarankan tidak apa-apa.. alias tidak perlu ditambal gimana ka?

Reply
avatar
August 20, 2013 at 12:09 PM Delete comments

tapi kak kalau gigi bolong2 begitu apa masih ada kesempatan masuk? :(

Reply
avatar
August 20, 2013 at 2:21 PM Delete comments

amiiiiin doain ya kak.. makasih atas info-infonya :)

Reply
avatar
August 22, 2013 at 7:17 PM Delete comments

Kak seumpama nih kita lari nggak sampe 4x putaran dalam 12 menit tapi larinya sedang nggak terlalu cepat, konstan gitu kak kecepatannya, sedangkan yang lain lebih dari itu tapi larinya gak stabil pada lari cepet trus jalan kaki, trus lari lagi. Dan kita menempuh larinya paling sedikit jaraknya dibanding yg lain. Itu gimana ya kak? Apa kita punya peluang lolos?

Reply
avatar
August 22, 2013 at 7:23 PM Delete comments

kak, kalau sewaktu lari 12 menit ada berhenti dan terlihat oleh panitia itu ada kemungkinan gak lulus ya kak? Tapi sebelumnya ada aba2 dari panitia kalau jalan gapapa,sesuai ketahanan tubuh masing2. thks sebelumnya kak

Reply
avatar
August 22, 2013 at 7:39 PM Delete comments

4 putaran dengan ukuran 1 putaran 345 meter dalam 12 menit kayaknya itu masih lambat, latihan dari sekarang, minimal satu hari berlari selama 12 menit, dan usahakan jarak yang ditempuh dari hari kehari makin jauh.

minimal 1500 meter sepertinya

Reply
avatar
August 22, 2013 at 7:40 PM Delete comments

lulus asal bisa menempuh jarak minimal, tidak ada.

Reply
avatar
September 13, 2013 at 10:22 PM Delete comments

mas, misal gigi saya tuh yang depan patah.... apa mash ada kesempatan untuk masuk???

Reply
avatar
September 15, 2013 at 6:27 PM Delete comments

bisa, bukannya udah pengumuman ya?

Reply
avatar
October 4, 2013 at 4:34 PM Delete comments

kak tes stan ada yang tes *maaf* keperawanan ngga?

Reply
avatar
October 4, 2013 at 9:21 PM Delete comments

maaf sebelumnya,aku udah tertarik di stan udah lama tapi aku malah kecelakaan dan gigi depan ilang 3 trus diganti gigi palsu(atas) dan gigi bawah ditambal sbagian karena ada yg patah setengah tp udah ditambal,kira2 di stan selain jurusan bea cukai bisa ga ya mas? tq.

Reply
avatar
October 15, 2013 at 8:07 PM Delete comments

ga ada, kalau kurang yakin silahkan baca pengumumannya di stan.ac.id

Reply
avatar
November 22, 2013 at 11:40 AM Delete comments

assalamualaikum, klo waktu tes tinggi badan & berat badan tu klo brat badannya krg ideal gmn? apa msih bsa lolos?

Reply
avatar
November 25, 2013 at 2:18 PM Delete comments

waalaikumsalam wr wb, masih :)

Reply
avatar
November 26, 2013 at 11:55 AM Delete comments

pada wktu tes kebugaran lari 12 meter apa boleh istirahat (jalan) ? misanya lari 5 menit dlu kemudian istirahat (jalan),,lanjut lagi larinya sampai totalnya 12 meter.. apa itu bisa lulus? mksh

Reply
avatar
December 12, 2013 at 1:28 PM Delete comments

kak aku mau tanya
kan gigi ku ada yang hilang 1 yang geraham
kira-kira itu masalah gak kak?

Reply
avatar
April 4, 2014 at 9:39 PM Delete comments

ka, mau nanya, kalau giginya 1 putus gitu perlu pake gigi palsu atau gak? terus masih ada peluang masuk stan? terimakasih sebelumnya..

Reply
avatar
April 4, 2014 at 9:40 PM Delete comments

terus kalo ada yang berlubang, perlu ditambal gak?

Reply
avatar
April 5, 2014 at 9:44 PM Delete comments

ga perlu, masih ada peluang.

ga perlu

Reply
avatar
April 13, 2014 at 5:15 PM Delete comments

kaktahun ini stan bukak pendaftaran gak? kok blm ada pengguman?

Reply
avatar
April 13, 2014 at 8:14 PM Delete comments

tunggu aja pengumumannya di websitenya. biasanya bulan juli

Reply
avatar
July 17, 2017 at 1:49 PM Delete comments

kak boleh minta email atau no. wa nya?

Reply
avatar