Thursday, September 19, 2013

Cara Dan Syarat Membuat SKCK

Cara Dan Syarat Membuat SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) salah satu elemen penting untuk melamar PNS. Biasanya surat ini digandengkan dengan kartu Tanda Pencari Kerja seperti yang saya bahas sebelumnya.

Membuatnya memang cukup mudah, tetapi tetap waspada dengan pungutan liar. Ya, walaupun kita tahu itu pungutan liar, pasti kita tetap membayarnya, bukan? Derita rakyat!

Syarat yang diajukan tempat instansi saya bekerja tidak memperbolehkan membuat SKCK di Polsek, minimal di tingkat Polres. Saya membuatnya di Polres Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.


Cara Dan Syarat Membuat SKCK
 Syarat Membuat SKCK

Adapun syarat untuk membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) adalah sebagai berikut :

  1. Surat Pengantar dari lurah/kades
  2. Fotocopy kartu keluarga 1 lembar
  3. Fotocopy KTP 1 Lembar
  4. Pas foto warna ukuran 4 x 6 8 lembar
  5. Map 2 lembar
  6. Syarat ke 6 ditiadakan berhubung saya melamar PNS dan masih belum lulus
  7. Pulpen, hal kecil yang sangat penting untuk mengisi formulir
Untuk syarat pertama yaitu surat pengantar dari lurah/kades adalah hal yang penting. Pembuatan surat pengantar ini dikenakan biaya Rp 20.000 (perasaan ngga semahal ini deh, mungkin gratis yak!!) di lurah Gundaling I, Berastagi. Berikut ini penampakan surat pengantar dari lurah.
Surat Pengantar Lurah
Surat Pengantar dari Lurah
Biaya pembuatan SKCK sendiri sudah dipatok di papan pengumuman Polres Kabanjahe, kabupaten Karo.
Biaya Pembuatan SKCK polres Kabanjahe
Biaya Pembuatan SKCK polres Kabanjahe
Sangat jelas tertulis di papan pengumuman sebesar Rp 10.000, tetapi tetap dipungut Rp 15.000. Ditambah biaya Rp 10.000 di bagian identifikasi untuk proses sidik jari. Jadi, total pembuatan SKCK Rp 25.000 di Polres Kabanjahe.

Mengutip dari detik.com (info lengkap http://bit.ly/1br2mj0), "Biayanya Rp 10 ribu, sesuai PP nomor 50 tahun 2010 tentang tarif pembayaran SKCK," ujar petugas pelayanan SKCK Polres Jakarta Pusat, Aiptu Sariyat kepada detikcom, Selasa (17/9/2013)

Tuh kan, pungutan liarnya sebesar Rp 25.000. Harga diri si oknum bapak pelayanan masyarakat itu cuma sebesar Rp 25.000 saja.  ;)

Sekian info cara dan syarat pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), semoga bermanfaat. Mari bersihkan diri dengan menghindari pungutan liar. 


32 komentar

click to leave a comment!

September 19, 2013 at 3:37 AM Delete comments

Semoga sukses yah mas jadi PNS...amiennn

Reply
avatar
September 19, 2013 at 7:02 AM Delete comments

Memang surat ini ..sudah menjadi salah satu persyaratan utk melamar kerja..ya
Good luck ..

Reply
avatar
September 19, 2013 at 7:20 AM Delete comments

Surat yang wajib kita buat sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan baik di instansi pemerintahan ataupun swasta. Dengan mengetahui syarat-syarat permohonan SKCK, kita bisa mempersiapkannya terlebih dahulu sebelum kita membuatnya :)

Reply
avatar
September 19, 2013 at 7:39 AM Delete comments

Bagaimana dengan seseorang yang pernah berurusan dengan pihak yang berwajib dan terkena hukuman ? Apakah tidak bisa diterbitkan SKCKnya ? Berarti 'harus bersih' dari cacat hukum untuk bisa bekerja di instansi pemerintah dan perusahaan.

Kartu Kuning dan SKCK menjadi syarat mutlak perlengkapan lamaran kerja. Bila kemudian ada biaya administrasi tentu telah mengacu pada aturan hukum yang ada. Masyarakat yang membutuhkan tentu banyak yang berharap pelayanan seperti ini gratis.

Di satu sisi, pelayanan seperti itu diharapkan tidak dipungut biaya alias gratis, juga perlu diperhatikan tingkat kesejahteraan para pegawai yang melayani masyarakat. Ada semacam 'insentif peningkatan kinerja' disamping gaji bulanan.

Inilah fakta yang masih terjadi di lapangan. Bila kemudian menjadi 'budaya' yang terus menerus dilakukan tentu dibutuhkan kemauan yang sangat kuat untuk meniadakannya. Butuh keteladanan dan langkah yang nyata.

Salam cemerlang!

Reply
avatar
September 19, 2013 at 9:34 AM Delete comments

aku belum pernah bikin skck
dulu aja waktu anyar lulus sekolah, tapi namanya masih skkb...

Reply
avatar
September 19, 2013 at 10:04 AM Delete comments

sdh nyerah sy sob tuk lamar jd PNS..,pdhl baru satu kali sy melamar hehe.., mending buka usaha trus langsung jd boss sekaligus karyawanx *smile

Reply
avatar
September 19, 2013 at 1:00 PM Delete comments

sip, bermanfaat sekali bagi yg ingin melamar pekerjaaan

Reply
avatar
September 19, 2013 at 5:22 PM Delete comments

Pokoknya siap-siap habis banyak duit kalau bikin surat skck. Nggak di desa nggak di polres, ada aja dana yang mesti dikeluarkan.

Ngatrinya juga minta ampun.

Reply
avatar
September 19, 2013 at 8:44 PM Delete comments

masih belum pernah buat SKCK, tapi dengan melihat psotingan ini langsung punya gmbaran,,, sangat bermanfaat. LANJUTKAN

Reply
avatar
September 19, 2013 at 9:21 PM Delete comments

Bagus nih sob, sudah saya bookmark bilamasa ada keperluan ^^

Reply
avatar
September 19, 2013 at 11:40 PM Delete comments

saya belum pernah bikin skck, jadi sekarang kalau mau bikin skck mudah banget yah syarat-syaratnya udah tercantum di atas, makasih infonya :)

Reply
avatar
September 20, 2013 at 6:01 AM Delete comments

wahh komplit ga pake kosongan gan.

Reply
avatar
September 20, 2013 at 7:24 AM Delete comments

Wah terima kasih mas atas artikelnya

Reply
avatar
September 20, 2013 at 7:42 AM Delete comments

gk jauh beda dengan kota tercinta saya, palembang masbro....

Reply
avatar
September 20, 2013 at 7:42 AM Delete comments

besok mau praktek bikin ah...

Reply
avatar
September 20, 2013 at 10:32 PM Delete comments

bermanfaat bangeeeeeeetttttttttttttt

Reply
avatar
September 20, 2013 at 11:12 PM Delete comments

saya lihat berita di tv pembuatan skck cendrung meningka mas

Reply
avatar
September 21, 2013 at 8:11 AM Delete comments

Wah, untung udah kerja, cuman tinggal perpanjang doang. Itu pun kalo mau nyari kerja lagi.

Reply
avatar
November 4, 2013 at 4:45 AM Delete comments

Emang skrang udah gg ada yg gratis mas brow hehe

Reply
avatar
November 4, 2013 at 4:46 AM Delete comments

Emang skrang udah gg ada yg gratis mas brow hehe

Reply
avatar
November 15, 2013 at 11:35 AM Delete comments

Mantab..ak suka gaya lo.. Indonesia butuh orang spt ini

Reply
avatar
January 16, 2014 at 3:17 PM Delete comments

masih murah itu saya malah habis 90rb

Reply
avatar
January 16, 2014 at 4:37 PM Delete comments

mending dipatok segitu, dari pada seikhlasnya, ngasihnya bingung antara terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Reply
avatar
February 16, 2014 at 7:16 PM Delete comments

Saya setuju jika Mengurus SKCK gratis... siapa yang tidak setuju gratis, silahkan komentar disini.

Reply
avatar
February 27, 2014 at 12:00 PM Delete comments

Menurut PP SKCK sekarang sudah ada pajaknya mas dari Negara PNBP
http://www.polrespekalongan.com/cara-membuat-skck-polsek-polres-dan-polda/

Reply
avatar
April 4, 2014 at 1:30 PM Delete comments

Saya mau bertanya, apakah bisa bikin skck di bandung tetapi saya bukan warga bandung?? Mohnb penjelasannya

Reply
avatar
April 4, 2014 at 1:31 PM Delete comments

Saya mau bertanya, apakah bisa bikin skck di bandung tetapi saya bukan warga bandung?? Mohnb penjelasannya

Reply
avatar
April 4, 2014 at 9:02 PM Delete comments

kurang tau mas, kayaknya butuh surat keterangan dulu.

Reply
avatar
June 23, 2015 at 3:25 PM Delete comments

kalau bisa skck online akan lebih cepat nih
terima kasih infonya

Reply
avatar