Tuesday, October 8, 2013

Tips Menginap Saat Jalan-Jalan (Travelling)

Tips Menginap Saat Jalan-Jalan (Travelling) 


Pada dasarnya saya ngga suka jalan-jalan. Tapi lebih suka berkunjung ke rumah saudara saya yang tersebar di berbagai daerah di Sumatera Utara.  Saudara saya ada enam, banyak kan? Jadi, ketika singgah di tempat mereka, saya sempatkan untuk berkunjung ke destinasi daerahnya (jalan-jalan). Nah lho bingung kan? Saya kurang suka jalan-jalan, cuma senang melihat destinasi aja ^_^.

 Jadi seorang traveler itu pasti cenderung hemat. Semuanya  mesti diperhitungkan,  kalau sempat salah planning bisa jadi kita  ngga makan dan tidur di emperan toko nantinya. Maka dari itu,  kegiatan jalan-jalan harus diimbangi dengan kedalaman kantong.  Dalam itu bagus, bahkan semakin baik kalau kita bisa berendam  sambil berenang. Kalau Cuma punya dompet tipis, bisalah jadi  nekad traveler biar agak menantang gitu.

Tips Menginap Saat Jalan-Jalan (Travelling)
Tips Menginap Saat Jalan-Jalan (Travelling)
 Well, everything must be ready. Dimulai dari sandang yang di  packing di rumah, pangan bawa yang instan atau beli di jalan,  dan rumah yang jelas ngga bisa dibawa-bawa seperti siput.  Untuk kebutuhan sandang dan pangan, saya yakin cukup bisa  dipenuhi selama jalan-jalan. Nah, yang agak ribet itu adalah penginapan. Ingat, jangan sampai tidur di emperan toko. Uang harus tetap pas, malah lebih bagus bersisa agar bisa beli oleh-oleh berlebih.

Berikut ini, tips menginap saat jalan-jalan 

Penginapan Gratis
Nginap gratis bisa jadi salah satu solusi untuk menghemat budget selama traveling. Pertanyaannya, dimana kita bisa menginap gratis? Bukan di emperan toko lagi kok. Jika traveling hanya sendiri atau berdua, kita bisa usahakan menginap di rumah kenalan di daerah tujuan. Kalau cuma menginap satu atau dua hari saja, InsyaAllah di izinkan kok.

Bisa juga mengikuti kuis-kuis yang berhadiah hotel atau penginapan gratis. Kebanyakan kuis sejenis ini menawarkan penginapan dengan kamar diatas kelas ekonomi lho.

Kembali lagi, kalau seandainya waktu traveling kamu masih panjang sementara jatah penginapan diujung tanduk, maka segera ambil tindakan. Penginapan hasil menang kuis sudah habis atau tinggal dirumah kenalan sudah terlalu lama, maka bisa coba tips kedua.

Voucher Hotel
Banyak lho di internet penyedia voucher hotel yang didalamnya terdapat potongan harga penginapan/hotel. Alhasil, harganya semakin murah, artinya kita dapat hotel murah! Dengan voucher ini kita bisa menghemat hingga 50% dari biaya penginapan. Asyik kan?

Homestay
Dalam kasus ini, travelling dilakukan secara berkelompok yang mengharuskan menginap di suatu tempat. Menyewa homestay itu lebih murah, karena seluruh pelaku travelling bisa patungan untuk membayar homestay. Dijamin, bakalan hemat berkali-kali lipat deh.

Kiranya, 3 tips menginap saat jalan-jalan diatas bisa dijadikan refrensi. Selamat jalan-jalan, semoga selamat hingga kembali ke rumah masing-masing, hehehe ^_^

11 comments :

  1. Alhamdulillah saya pake trik penginapan gratis.. Pas di Sukabumi, Bandung, Malang, Surabaya, Pare, Batam, Riau. dll.. selalu nginap di rumah kawan. Tentunya di telpon dulu. Kalo ok langsung barangkat ^^

    ReplyDelete
  2. Hahaaa berarti kalu kantongnya kering pas akhir bulan jangan nyoba-nyoba jalan jalan ya mas.

    Saya lebih cenderung jalan-jalan di tempat murah sajalah.

    ReplyDelete
  3. Lho, kok rubah lagi sih mas templetenya..?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, rada2 galau.. sekarang kayaknya bakalan tetap konsisten dengan templatenya

      Delete
  4. aritikelnya update, tiap hari ada yang baru, :3

    ReplyDelete
  5. sudah lama jga rasanya sya gag jalan-jalan (jauh)..

    ReplyDelete
  6. aq jg sering jalan2, nginap hotel gratis, dikasih uang saku lagi bang ^_^

    ReplyDelete
  7. Saya klo ramean ama anak manja ke homestay
    klo dikitan & ramean ama anak tour kebiasaan di pom bensin dan masjid :D

    ReplyDelete
  8. yeyyy, berburu voucher hotel keknya seru yaaak, kapan kapan ah mau travelling doain yaaak..hehehehe..udah lama nggak nongol di BE keknya Sabda...apakabarrrr??? behehehe

    ReplyDelete
  9. tidur gratis diemparan masjid aja mas... *smile

    ReplyDelete
  10. Paling enak kalau jalan-jalan ya nginep ditempat saudara atau kerabat mas. Soalnya gratis hehehe :D

    ReplyDelete