Friday, November 15, 2013

Kuatkan Hatimu Ketika Cobaan Menerpa

Kuatkan Hatimu Ketika Cobaan Menerpa by iba.web.id

Judulnya seperti sebuah ungkapan? Hal yang sangat sederhana, jika cobaan menghampiri maka cukup dengan menguatkan hati saja. Tetapi, menguatkan hati bukanlah hal mudah, bahkan lebih sulit daripada bangun dipagi hari.  Setelah kau hampir menemukan solusi, hatimu masih saja gundah. Kepala pun ikut pusing, kekuatan fisik menurun, tidurpun tak nyenyak.

Begitulah keadaan saya minggu ini. Didera cobaan terdashyat yang pernah saya alami. Beruntungnya hari-demi hari beban itu semakin berkurang, tetapi tetap bersisa di otak yang kadang membuat saya stress. Beberapa teman saya sudah ada yang menawarkan diri untuk menjadi pendengar yang baik dan (mungkin) memberikan solusi,-Terimakasih.. Wajar mereka tahu, masalah ini membuat saya begitu murung dan tak bersemangat.

Ilustrasi keadaan seseorang sedang diuji


Sejujurnya saya sangat butuh teman curhat. Menceritakan permasalahan akan membuat sedikit lega. Namun, saya malah menolak. Saya enggan menceritakan permasalahan saya, masalah ini terlalu bersifat pribadi bahkan bibitnya sudah ada sejak saya SD.

Ini tentang kontroversi hati yang terbagi 2 sisi dan bertolak belakang. Konflik mereka benar-benar hebat. Jika berkenaan dengan hati pasti rentan rapuh,-sangat rapuh.

Sudah saya putuskan bahwa masalah ini tidak perlu diketahui oleh orang lain. Maka, saya hanya menyerahkan kepada Allah. Beberapa kali saya menangis dan mengadu kepada Allah. Semacam 'melambaikan tangan ' kepada Allah bahwa saya tidak sanggup lagi dengan cobaan ini.

Ketika terpuruk saat itu benar-benar tidak ada orang yang bisa dijadikan sandaran. Rasanya sakit jatuh sendiri. Hingga akhirnya kembali tersadar bahwa setiap hal itu ada manfaatnya sekalipun sebuah keburukan. Tetaplah bermunajat kepada Allah. Allah sedang mempersiapkanmu, menguatkan pundakmu, dan meneguhkan kakimu. 

Seperti yang saya katakan, cobaan terhadap HATI itu luar biasa hebatnya. Kalau tak sanggup kita bisa jadi hina, sebaliknya jika kita kuat InsyaAllah hikmah besar sedang menanti kita. Saya cenderung tidak sanggup. Jika sudah begini, saya sering menyesal dilahirkan. Saya merasa bahwa Allah tidak adil. Kalau seandainya ada tombol 'reset' dalam hidup ini, maka saya akan menekannya.

Alhamdulillah, disela-sela kelemahan, saya masih bisa bertahan. Tetap berhusnuzhan kepada Allah. Cobaan berat ini memang proses yang harus dilalui untuk menjadi orang yang lebik lagi. Allah sedang mempersiapkanku untuk sesuatu yang besar.

Seorang teman mengatakan kepada saya "Nikmatilah masa-masa ini. Allah sedang rindu kepadamu. Allah sedang merangkulmu. Teruslah berkeluh kesah denganNya."


إِنَّ عِظَمَ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلَاءِ وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلَاهُمْ فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ

Sesungguhnya besarnya pahala tergantung dengan besarnya ujian. Sesungguhnya, apabila Allâh mencintai suatu kaum, maka Dia akan mengujinya. Siapa yang ridha dengan ujian itu, maka ia akan mendapat keridhaan-Nya. Siapa yang membencinya maka ia akan mendapatkan kemurkaan-Nya [HR. at-Tirmidzi no. 2396 dan Ibnu Mâjah no. 4031 (Ash-Shahîhah no. 146)]

17 komentar

click to leave a comment!

November 15, 2013 at 7:37 PM Delete comments

santai sob, keluarin za unek-unek nya (ups.. kaya uya kya aza unek2 :D )
semoga hatinya refresh ya sob :)

Reply
avatar
November 15, 2013 at 9:29 PM Delete comments

Ya, salah satu penyelesaian masalah itu ya dengan dikomunikasikan sama orang lain, dan konsul yg terbaik ya cuma sama Allah.
Semangat untuk terus berhusnudzan bang. :D

Reply
avatar
November 15, 2013 at 11:38 PM Delete comments

Saya sangat setuju sobat, tetap semangat ya. :) happy blogging.

Reply
avatar
November 16, 2013 at 6:06 AM Delete comments

cobaaan hati memang berat brother.....

Reply
avatar
November 16, 2013 at 6:10 AM Delete comments

yang pasti kalo cobaan jangan di keluhkan bang, motivasi diri sendiri kalo belum berani berbagi masalah sama yang lain,<---nyontek kata psikolog. nyehehe
ganbatte onee-chan! :D

Reply
avatar
November 16, 2013 at 7:30 AM Delete comments

semoga kua kuat Bang.. ku yakin itu

Reply
avatar
November 16, 2013 at 3:22 PM Delete comments

namanya manusia pasti selalu ada cobaan sob , yang penting tetap cemungud hehehe... :D

Reply
avatar
November 16, 2013 at 5:07 PM Delete comments

Nanti kalau kita sudah sukses mengatasi cobaan itu, kita akan bertambah kuat, insya Allah. Semangat, Kawan!

Reply
avatar
November 17, 2013 at 2:35 PM Delete comments

Salut dengan kesabarannya menghadapi cobaan.. get well sob ^^

Reply
avatar
November 17, 2013 at 2:38 PM Delete comments

karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, betul gak

Reply
avatar
November 17, 2013 at 4:17 PM Delete comments

senantiasa bersyukur akan segala nikmat-NYA baik dalam suka maupun duka, akan menguatkan diri kita bahwa kita tidak sendiri, ada ALLAH yang selalu menemani, insya ALLAH dibalik duka ada kesukaan... tetap semangat..keep smile and keep happy blogging always... salam :-)

Reply
avatar
November 18, 2013 at 6:47 PM Delete comments

mengapa kau bermuram durja wahai anak muda.... ??? ayo kita nikmati hiduuup

Reply
avatar
November 28, 2013 at 10:39 PM Delete comments

Wahai kawan, sepertinya saya tahu apa yang sedang Kau alami. Jangan sungkan untuk cerita, katanya itu salah satu langkai pelerai agar hati tak selalu gelisah. Semua dipergilirkan, berganti saat berganti pula episodenya. Ada babak-babak tertentu dalam mengarungi kehidupan ini.... Pokoknya semangat terus ya Bang... Hadapi Hayati dan Nikmati, pasti ada hikmah! *ini aku semangat!*

Reply
avatar