Monday, November 25, 2013

Obat Flu Berbahaya?

Obat Flu Berbahaya?
Sakit flu adalah sakit yang paling umum diderita oleh setiap orang. Tergolong jenis penyakit ringan, namun untuk flu khusus seperti flu burung dan babi tergolong berat. Semua orang pernah mengalami flu, dengan banyaknya jenis virus flu maka kita bisa terserang flu berkali-kali.

Flu biasanya ditandai dengan demam, pilek, dan pusing. Banyak orang (termasuk saya ) menyepelekan penyakit ini. Tidak perlu minum obat, dengan penuh keyakinan bahwa akan sembuh dengan sendirinya, benarkan? Sebagian lainnya memilih menggunakan obat flu yang banyak di jual di pasaran.

Sampai suatu ketika, teman saya demam. Ia membacakan beberapa efek samping dari obat tersebut. Semula saya anggap biasa saja, tetapi kemudian saya berpikir sejenak bahwa ada sesuatu yang 'menarik' dengan obat flu tersebut. Coba Anda perhatikan kemasan obat flu yang Anda beli.

Kandungan Obat Flu
Komposisi umum obat flu yang saya amati ada 2 :

  1. Parasetamol
  2. Pseudoefedrin
Parasetamol atau asetaminofen adalah obat analgesik dan antipiretik yang populer dan digunakan untuk melegakan sakit kepala, sengal-sengal dan sakit ringan, serta demam. Digunakan dalam sebagian besar resep obat analgesik selesma dan flu. Ia aman dalam dosis standar, tetapi karena mudah didapati, overdosis obat baik sengaja atau tidak sengaja sering terjadi.
Pseudoefedrin digunakan untuk meringankan hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek, alergi, dan infeksi saluran nafas atas (ISPA). Obat ini juga digunakan untuk meringankan gejala pada sinusitis. Pseudoefedrin akan mengurangi gejala tetapi tidak mengobati penyebab penyakit.

Khasiat Obat Flu
Meringankan :

  1. Demam
  2. Sakit Kepala
  3. Hidung tersumbat
  4. Bersin

Efek Samping Obat Flu

  1. Mengantuk
  2. Gangguan pencernaan
  3. Sakit kepala
  4. Insomnia
  5. Gelisah
  6. Eksitasi (perangsangan)
  7. Tremor (gerakan berirama tak terkendali)
  8. Takikardi (jantung berdebar kencang)
  9. Aritmia (jantung berdenyut tak menentu)
  10. Ventrikel
  11. Mulut kering
  12. Palpitasi
  13. Sulit berkemih
Dengan awamnya saya dengan obat-obatan. Saya cuma bisa menarik kesimpulan dari khasiat dan efek sampingnya. Banyakan efek samping dibandingkan khasait, hehehehe. Apakah ini mengindikasikan bahwa obat flu berbahaya? Bahkan disetiap kemasan obat flu diselipkan perhatian, "Awas! Obat Keras. Bacalah aturan memakainya"



Tidak jarang juga, ketika saya demam, saya mengkonsumsi obat flu. Alhamdulillah meredakan demam, sementara efek samping yang saya rasakan hanya mengantuk saja. 

18 komentar

click to leave a comment!

November 25, 2013 at 1:52 PM Delete comments

PERTAMAX

iya ya sob kalo emang diperhatiin banyak efeknya dibanding khasiatnya,,,

makasih sob informasinya

Reply
avatar
November 25, 2013 at 1:56 PM Delete comments

Iya memang benar bahwa obat kimia pasti mempunyai efek samping. Untuk itu sebelum kita mengkonsumsi, alangkah baik nya baca aturan pakai terlebih dahulu :)

Reply
avatar
November 25, 2013 at 1:59 PM Delete comments

saya biasanya mengabaikan bila hanya sekedar flu tanpa ada tekanan yang lebih, karena itu bisa sembuh sendiri :)

Reply
avatar
November 25, 2013 at 2:08 PM Delete comments

yang penting jaga kesehatan aja wal,
banyak minum itu sungguh baik khasiatnya :)

Reply
avatar
November 25, 2013 at 3:03 PM Delete comments

khasiatx hny 4, efek sampingx ada 13, busyet!

sy dr dlu klo sakit flu jarang minum obat cz insya Allah akan sembuh dgn sendirix.., asalkan jaga kondisi tubuh.., istirahat yg cukup dst... *smile

Reply
avatar
November 25, 2013 at 3:08 PM Delete comments

Ngga ada efek depannya ya. Adanya Efek samping. Hiwehieiehie. Maaf becanda aja. Saya malah udah jarang mengkonsumsi obat FLU bebas di pasaran. Maunya sih obat resep dari Dokter. Dari ahlinya. Kalau saya sih

Reply
avatar
JIM
November 25, 2013 at 7:01 PM Delete comments

kalau cuma sakit flu, cukup minum air jernih yg banyak aja, karena kalau hanya flu ringan biasanya bukan disebabkan virus atau sejenisnya, biasanya memang alurnya seperti itu, flu biasanya hanya karena tubuh menyesuaikan kondisi...
setahu saya seperti itu mas, kalo dokter di luar negeri, banyak yg mengatakan pelit obat, gak kayak di Indo yg dikit2 dikasih obat..
katanya setahu saya kalo dokter dari luar hanya menyarankan minum air jernih, karena flu itu wajar, setiap tahunnya manusia setidaknya minimal mengalami flu 4 kali (kalo saya gk salah ingat sih)

Reply
avatar
November 25, 2013 at 10:05 PM Delete comments

Kalay saya flu belum pernah memakai obat-obatan :) biasanya saya selalu minum air hangat dan beristirahat. Besoknya alhamdulilah sembuh :)

Reply
avatar
November 25, 2013 at 10:07 PM Delete comments

Pak asep
Menurut saya penyakit ini bisa di lakukan dengan beristirahat dan minum putih. Satu hari bisa langsung sembuh kok *pengalaman

Reply
avatar
November 26, 2013 at 9:40 AM Delete comments

sebenernya liat foto mba eka juka ada efek sampingnya lho :D

Reply
avatar
November 26, 2013 at 10:13 AM Delete comments

harus hati2 ya mau minum obat apapun, karena slah2 bisa jadi bumerang dan merugikan diri kita sendiri

Reply
avatar
November 26, 2013 at 4:26 PM Delete comments

Di rumah flu obatnya, madu, habbat dan sakur

Reply
avatar
November 26, 2013 at 10:42 PM Delete comments

Kalau pengen aman minum obat itu adalah dengan cara sesuai dosis nya. Tidak terlalu kebanyakn dan juga tidak terlalu sedikit :)

Reply
avatar
November 26, 2013 at 11:11 PM Delete comments

Saya nggak berani terlalu banyak minum obat flu pas lagi sakit flu. Biasanya minum selama maksimal 5 biji untuk dua hari, lalu dibanyakin makan, minum, dan istirahat. Terus sembuh deh, hehe.....

Reply
avatar
November 27, 2013 at 7:40 PM Delete comments

Efek samping itu apaan ya wal???
bisakah samping berefek?
hahahaha. .:P

Reply
avatar
December 3, 2013 at 11:52 PM Delete comments

Saya kalo terkena flu biasa sembuhnya lama.. amoxilin cukup untuk meredakannya hehe

Reply
avatar
December 11, 2013 at 7:39 PM Delete comments

kalo flu saya cm percaya dengan satu merk saja....
:)

Reply
avatar