Saturday, November 2, 2013

Tips Cepat Akrab Dengan Lingkungan/Orang Baru

Tips Cepat Akrab Dengan Lingkungan/Orang Baru

Saya baru pindah kos sejak seminggu yang lalu. Di kos-an yang lama kurang nyaman, Alhamdulillah di tempat yang baru ini lebih nyaman yang notabenenya teman saya memang sudah nge-kos disini. Di tempat ini saya juga merasa cepat akrab, setelah menjalankan beberapa hal yang saya kira penting agar kita cepat akrab dengan orang baru. Dari itu saya mau berbagi tips, siapa tahu bermanfaat.

Tips Cepat Akrab Dengan Lingkungan Baru
Ruang tengah,-kamar saya tepat disebelah kanan tv

Berikut ini tips agar cepat akrab dengan orang lain.

Sapa
Sapa, ini hal sederhana yang sangat penting dilakukan. Sapaan bisa berbentuk salam, senyuman, maupun 'sapaan' dengan bertanya atau sejenisnya. Kebetulan kos-an saya muslim semua, awalnya saya merasa cuek dengan menyelenong masuk saja ke rumah kos. Tapi, sudah diputuskan selalu memberi salam ketika masuk, ngga peduli dijawab atau nggak. Kalau salam dijawab, berarti sudah tercipta interaksi ^_^.

Kebeteluan sekali, kamar saya tepat di samping televisi. Biasanya para penghuni banyak menghabiskan waktu di depan televisi. Mau ngga mau, setiap kali keluar masuk kamar pasti bakalan melewati mereka semua. Ya, minimal saya memberikan senyum atau ikutan ngumpul sekalian.

Ikutan Nimbrung
Belum kenal memang, tapi ngga salahnya ikutan nimbrung. Misal, nonton bola, saya sih memang bukan pecandu tayangan bola kaki, tetapi saya bela-bela-in ikutan nonton. Paling ngga nanti akan tercipta interaksi disana.

Di kos, para penghuni suka main kartu dam. Tahu sendirilah kalau anak kos-kosan itu pasti begini kalau nggak ada kegiatan. Siapa yang kalah maka harus jongkok atau di coret wajahnya dengan bedak yang sudah di beri air. Beruntung sekali, saya tahu permainan kartu ini, saya pun ikutan nimbrung, walau belum terlalu akrab dengan mereka. Saya berhasil ciptakan obrolan dengan mereka ^_^.

Tips Cepat Akrab Dengan Lingkungan Baru
permainan kartu dam
Nah, untuk makan biasanya saya makan di tempat yang acak. Artinya, setiap kali mau makan mesti beli diwarung dulu, istilahnya 'makan terbang'. Saya kan masih baru disini, jadi belum tahu dimana tempat makan murah dan enak (mental anak kos), jadi saya mengikutkan diri dengan penghuni lain untuk nyari makan bareng. Pasti bakalan tercipta obrolan.

Obrol
Well, sebagai anak baru pasti banyak pertanyaan dengan lingkungan sekitarnya. Usahakan ciptakan obrolan yang santai dan 2 arah. Kan, tidak semua percakapan bisa jadi nyaman, masak ngobrol sama orang baru langsung terang-terangan. Buat percakapan umum saja dahulu. Contoh , tanya jurusan angkot.

Misal, ada beberapa orang yang gunakan bahasa daerah disana. Jujur, saya belum pernah mendengar bahasa daerah tersebut, tetapi sebagian dari kata-katanya ada yang saya mengerti. Jadi, saya pun bertanya itu bahasa daerah, akhirnya dijelaskan begini dan begitu. Percakapan pun berlanjut.

Banyak hal umum yang bisa dibicarakan, bahkan saya sok-sok tanya tentang php dengan anak progammer. Keahlian saya cuma bisa sedikit mengerti css dan html. Tapi, percakapan nyambung terus kok, bahkan saya iseng-iseng supaya diajarkan bahasa pemrograman.

Sekedar Tanya
Tanya kanapa? Tanya kenapa? Ketika ada penghuni kos yang baru pulang, iseng tanya saja 'Baru pulang ya?' Walaupun kita sebenarnya tahu kalau dia baru pulang, hehehe _ _".

Belikan Makanan
Tips ini memang belum pernah saya lakukan, karena keadaan uang lagi menipis, hehehe. Mereka sering ngumpul di ruang tengah nonton TV, pasti momennya tepat kalau kita belikan makanan untuk dibagi-bagi. Sekedar gorengan saja, kayaknya cukup untuk meleburkan 'ice mountain' diatara kita.

Cari Peluang
Peluang apa nih? Ini cerita berbeda dari rumah kos. Saya sedang magang di kantor Bea Cukai. Setiap pergi dan pulang selalu naik bus Bea Cukai. Sebenarnya ini momen yang tepat untuk mengakrabkan diri dengan para pegawai Bea Cukai.

Asal tahu saja, kadang kursi bus 'penuh' dengan catatan di satu baris kursi terdiri dari 2 bangku yang ditempati hanya 1 orang. Pasti agak segan gimana gitu kalau kita duduk disebelahnya. Tapi, saya sarankan untuk duduk disebalahnya saja. Nanti kan bisa kenalan.

Nah, jika tips agar cepat akrab dengan lingkungan/orang baru ini berhasil dijalani, InsyaAllah akan cepat akrab. Akrab itu mengasyikkan lho. Selamat Mencoba ^_^.

17 comments :

  1. sip bang,,, semoga semakin nyaman ditempat yang baru yaa

    ReplyDelete
  2. Asik kos baru :)) semoga lebih asoy ya, bang. Semangat berbaurnya :D. Mari budayakan 3s (senyum, sapa, salam) hehehe.

    ReplyDelete
  3. "kyknya kt pernah ketemu ya..!" Salah satu dialog utk mengakrabkan diri, padahal mah blm ketemu.. he2x

    ReplyDelete
  4. intinya kita harus berbaur, bila kita jarang bergaul, berbaur orang lainpun enggan dan takkan mengenali kita :)
    tips yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupz setuju, yg penting mah ikut nimbrung aja. ^^

      Delete
    2. yang penting ikut aja dulu, nanti kalo memang tidak pas dengan hati tinggal atur tempo saja buat ngatur jaraknya :)

      Delete
  5. Tips yang cocok untuk kondisi saya yang baru pidah tempat nih.. layak di coba..

    ReplyDelete
  6. yang pasti klo baru kenal orang wajib senyum bg, hahaha, lewat depannya senyum,gak sengaja liat senyum,hihi

    ReplyDelete
  7. Orang merantau memang harus bisa segera beradaptasi dengan lingkungan. Pasalnya, lingkungan itulah yang menentukan keberhasilan kita dan betah tidaknya kita untuk tinggal di tempat yang baru tersebut :)

    ReplyDelete
  8. Tampilan blognya baru lagi ya?
    #sokakrab~ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga kok mas, cuma ada penambahan hiasan aja

      Delete
  9. Kita memang harus berusaha mengakrabkan diri dengan orang-orang di lingkungan sekitar kita, supaya hidup kita menjadi lebih nyaman, hehe....

    ReplyDelete
  10. ane nih tipe orang yanh diem... kalo kagak disapa duluan pasti diem sampek kiamat...hehehe.. thx tipsnya gan:-)

    ReplyDelete
  11. tips menarik mas bro... biasanya kalau untuk lingkungan baru, kdang saya pribadi sulit untuk bisa berbaur, yah agak sulit lah,,, bisanya kalau untuk lingkungan baru, kayak lingkungan pekerjaan ada hal yang bisa membuat kita jadi akrab,,, yah kayak itu tadi "obrolan",, biasanya obrolan yang paling cepet dan tentunya universal, yaitu obrolan tentang "cinta" :D :D

    ReplyDelete
  12. sekedar nanya, hehe... sok akrab gitu :D

    ReplyDelete
  13. Subhanallah. Jarang yang menyadari begini, kadang seadanya saja. Tapi bang awal sangat detile, tahu tatakrama bergaul. Keren banget Bang, ciptakan atmosfir baru dan jangan lupa jemuran diangkat. Hahaha. Salam kenal...

    ReplyDelete