Tuesday, December 10, 2013

Solusi Alternatif Loudspeaker Laptop Rusak

Solusi Alternatif Loudspeaker Laptop Rusak 

Kali ini saya mau coba berbagi solusi alternatif jika louspeaker laptop  rusak. Berdasarkan pengalaman pribadi dengan laptop yang saya gunakan saat ini. Memang kondisinya masih bagus tapi, cenderung (?) mulai rusak. Ciri-cirinya bisa dilihat dari suara yang dikeluarkan loudspeaker seperti serak-serak basah. (powered by Lamido)

Penyebab  loudspeaker laptop rusak karena memasang suara yang terlalu kencang. Loudspeaker ngga bisa mengimbangi outsput suara yang keluar. Alhasil, loudspeaker-pun rusak.

Teman saya pernah memberikan tips dalam memasang suara agar loudspeaker laptop tetap awet. Untuk pengaturan hanya dilakukan di master volume saja, seperti gambar dibawah ini.
Solusi Alternatif Loudspeaker Rusak
master volume
Sementara untuk volume pada sebuah aplikasi sebaiknya diminimalkan. Seperti contoh gambar dibawah ini, untuk program pemutar video VLC Media Player dan Media Player Classic. Saya belum tahu apakah cara ini efektif atau nggak, karena saya nyobanya telat, keburu loudspeaker laptop rusak _ _".

Solusi Alternatif Loudspeaker Rusak
loudspeaker dari aplikasi
Nah, bagi sobat yang loudspeaker laptopnya masih bagus, segera dirawat dan dipelihara. Mungkin bisa mencoba tips diatas.

Namun, jangan khawatir untuk loudspeaker laptop sobat yang sudah rusak. Salah satu solusinya, harus diperbaiki di tukang service. Saya yakin harganya mahal, walaupun belum pernah mencobanya. Karena itu, saya coba ambil jalan pintas, yaitu menggunakan item eksternal (istilah sendiri). Bisa disiasati dengan penggunaan speaker eksternal atau headset (earphone). Masing-masing item punya kelebihan dan kekurangan. Saya akan coba bahas satu persatu.

Speaker 
Penggunaan speaker fungsinya sama dengan loudspeaker bawaan laptop. Ya, karena sama-sama mengeluarkan suara yang bisa didengar banyak orang. Modelnya pun bermacam-macam. Ada yang besar dan kecil.

Untuk yang suka berpergian bisa memilih loudspeaker berukuran kecil. Harganya cukup variatif. Berikut penampakan loudspeaker yang saya gunakan.

Solusi Alternatif Loudspeaker Rusak
Speaker yang digunakan




Speaker yang saya gunakan ada 2 pilihan sumber arus. Yang pertama, penggunakan 4 buah batrei 1,5 volt atau langsung kesumber arus listrik. Dua alternatif pilihan sumber arus ini membuat speaker saya terlihat dinamis, hehehe.
sumber arus speaker
sumber arus speaker
Diluar sana ada banyak bermacam speaker. Berbagai bentuk, ukuran, harga dan kualitas. Termasuk Lamido Indonesia juga ikut menyediakan beragam speaker dengan beragam varian. Sobat dapat membelinya secara online di toko online tersebut. Salah satu penampakan speakernya ada dibawah ini.

Hayoo, botol minuman atau speaker?
Headset (Earphone)
Pilihan kedua dengan menggunakan headset. Kadang kalau kita lagi ngumpul bareng teman, terus pakai headset sendirian nanti dikira pelit. Inilah salah satu kelemahan menggunakan headset. Ngga bisa dinikmati bareng-bareng. Bisa sih dibagi, tapi untuk dua orang saja, itupun terbatas karena setiap orang cuma dapat sebelah aja _ _".

Inilah solusi alternatif jika loudspeaker laptop rusak. Kalau ngga minat, bisa dibawa ke tempat service deh, tapi agak mahal sedikit. Selamat mencoba ^_^.

11 komentar

click to leave a comment!

December 10, 2013 at 10:02 AM Delete comments

saya sering melakukan hal yang sama, minimalkan volume pada playernya, dan perbesar pada master volumenya, nice tips mas :)

Reply
avatar
December 10, 2013 at 11:22 AM Delete comments

cuma gituan doang nih :3
kok gak ngaruh ya .

Reply
avatar
December 10, 2013 at 12:37 PM Delete comments

Kok bisa jadi awet ya? Dicoba deh. Terima kasih sob. :)

Reply
avatar
December 10, 2013 at 12:54 PM Delete comments

gambar diatas itu botol minuman yang dimodifikasi jadi speaker wal

luar biasa sekali solusinya, kebanyakan orang pasti hanya berpikir perbaiki padahal bisa beli speaker ja

Reply
avatar
December 10, 2013 at 1:54 PM Delete comments

nice tips kang ;) salam kenal

Reply
avatar
December 10, 2013 at 2:15 PM Delete comments

kalo dulu laptop yang pernah saya pakai, rusak loudspeaker-nya sebelah kiri aja mas.

Reply
avatar
December 10, 2013 at 6:06 PM Delete comments

wah ide nya kreatif banget mas. Jadi bisa dijadikan solusi kalau pas speaker mati ya :)

Reply
avatar
December 12, 2013 at 1:16 PM Delete comments

nice da, btw kalo gitu mah susah kalo dilaptop kecuali di k0mputer gampang tinggal beli speaker baru :D

Reply
avatar
December 13, 2013 at 9:15 PM Delete comments

Logikanya gimana ya bang, volume laptop di besarkan sedang volume program nya di kecilkan bisa buat awet?? Belum paham awak ni..

Reply
avatar
December 21, 2013 at 9:10 AM Delete comments

kalau sudah terlanjur bagaimana mas

Reply
avatar