Wednesday, December 18, 2013

Tips Ampuh Mengatasi Stress

Tips Ampuh Mengatasi Stress

Tips Ampuh Mengatasi Stress


Kadang saya bertanya, blog personal begini kok bahas tetang kesehatan? Tips ampuh mengatasi stress? Iya, saya suka share apa yang saya alami, termasuk tentang kesehatan. Contoh artikel kesehatan yang pernah saya buat tentang menghobati herpes dan mengobati sakit mata secara alami. Keduanya based on true story. Termasuk tulisan kali ini berdasarkan pengalaman pribadi juga :3.

Siapa yang ingin stress? Saya rasa semua orang ngga ingin mengalami hal ini. Stress biasanya datang berdampingan dengan sebuah masalah yang dihadapi. Stress membuat otak tertekan membuat segala hal yang kita lakukan menjadi ngga enak, makan ngga selera, tidur ngga nyenyak, mungkin terlintas di benak sobat untuk tidak hidup lagi? Ayo move on! Hidup itu indah sobat, masak baru dihadapkan dengan masalah langsung menyerah? Ini tantangan yang harus kita lewati, kalau berhasil tentu dong jadi pemenang ^_^.

Saya akan berbagi tips ampuh mengatasi stress. Seperti yang saya sampaikan tadi bahwa tips ini dituliskan berdasarkan pengalaman pribadi ketika saya stress berat. Belajar dari orang yang sudah berpengalaman bagus lho ^_^. Sebagai langkah awal, coba angkat kepala sobat ke atas, lalu tersenyumlah, tahan senyuman tersebut beberapa detik. Bagaimana? Ada sedikit rasa nyaman, bukan?

Adapun hal-hal lain yang saya lakukan untuk menanggulangi stress adalah sebagai berikut :

Menyelesaikan masalah
Stress berakar dari masalah yang kita hadapi. Ketika masalah muncul makan porsi berpikir akan dialihkan ke hal tersebut. Terhadap masalah biasanya kita akan menggunakan 3 W dan 1 H.

  • Why it happen to me?
  • When will it end?
  • What can I do to face it?
  • How to solve it?

Pertanyaan diatas jika kita bijak maka masalah yang kita hadapi akan kelar. Tetapi, jika dengan jalan pikiran yang sempit maka masalah itu seakan membrutal dan membuat semuanya serba buntu. Saya beri contoh,

  • Why it happen to me? | Ini sebenarnya ngga akan terjadi kalau aku dulu begini dan begini
  • When will it end? | Ini masalah kok ngga kelar-kelar, aku udah ngga kuat lagi...lalu menangis
  • What can I do to face it? | Aku ngga tau harus berbuat apa, semuanya sia-sia aja
  • How to solve it? | Ini terlalu rumit, masalah ini ngga akan selesai
Jawaban-jawaban negatif inilah yang menghambat kita untuk menyelesaikan suatu masalah. InsyaAllah tips menyelesaikan masalah akan saya bahas secara khusus. Akan sedikit panjang nantinya, kita fokus mengatasi stress dulu yak. Intinya, problem kelar, otak pun longgar.

Lakukan Rutinitas Seperti Biasa
Sebesar apapun stress yang diderita jangan coba-coba keluar dari kegiatan rutinitas Anda. Keluar dari kegiatan harian membuat Anda tidak memiliki aktivitas, mau tidak mau pasti Anda akan memikirkan masalah yang Anda hadapi. Alhasil, stress Anda semakin memberatkan.

Lakukan Hal-Hal Yang Baru
Jika rutinitas mulai terasa bosan, maka cobalah hal yang baru. Melakukan kegiatan baru akan merefresh pikiran kita. Yang saya suka jalan-jalan melihat pemandangan. Dengan begini sejenak stress bisa dilupakan. Yang paling asyik tiduran diatas rumput dan menatap langit, lalu tersenyum.

Alihkan Perhatian
Anda bisa mencoba beragam permainan yang mengambil alih perhatian Anda. Mungkin bisa mencoba main game digital, bowling, tebak-tebakan, menonton atau lainnya. Walaupun terlihat sederhana, tetapi cukup ampuh untuk melupakan masalah Anda sementara waktu.

Saya tidak menyarankan Anda untuk membaca buku. Ini membosankan. Kecuali menulis, dan yang Anda tulis adalah masalah yang Anda hadapi. Cobalah mulai menulis masalah sendiri dan itu akan cukup membantu.

Menangis
 Menangis bukanlah sesuatu yang memalukan. Melainkan, salah satu anugrah terindah yang dihadiahkan Allah untuk kita. Menangis menandakan bahwa kita seseorang yang lemah dan membutuhkan sesuatu yang lebih berkuasa dari kita, yaitu Allah.

Selalu, ketika stress memuncak saya menangis diselipkan dengan merenung. Setelah tangis berakhir, ada rasa nyaman dihati dan stress pun berkurang. Setelah itu, saya mengantuk dan tertidur.

Hal-hal diatas yang saya jalani untuk mengurangi rasa stress. Semoga tips diatas dapat meringankan stress yang sobat alami. Untuk tips menghadapi masalah InsyaAllah akan saya bahas pada tulisan berikutnya ^_^.

10 comments :

  1. wah menangis ternyata juga ampuh mengatasi stress ya mas, tapi kalo saya stress ngluapin itu pake jalan jalan yang jauh pake sepeda motor, hehe

    makasih mas Iba, postingannya keren

    ReplyDelete
  2. mantaap bang... udah bijak abang nih perlu dilatih emang bang

    ReplyDelete
  3. "Menyelesaikan masalah. Stress berakar dari masalah yang kita hadapi." <<< 100% tepat nih..

    Percuma kalau kita nonton film, dengerin musik, pacaran, makan, tidur, nangis, dsb, dijadiin pelarian, besoknya bakal stres lagi, karena masalahnya masih nongol disitu-situ aja. Belum diusir.

    Nice banget Bang.:)

    ReplyDelete
  4. kebetulan sob, saya lagi stres karena koneksi internet yang terbatas haha

    ReplyDelete
  5. luar biasa wal buat yang sering stress, thanks buat sarannya

    ReplyDelete
  6. Bagus nih tipsnya boleh dicoba, disamping sholat malam dan dzikir hehehe

    ReplyDelete
  7. Stress sebagian besar terjadi diakibatkan karena manusia jauh dari-Nya.

    ReplyDelete
  8. tips yg bagus sob untuk yg lagi stres :)

    ReplyDelete
  9. cara mengatasi stress adalahdengan tidur senyenyak-nyenyaknya...
    :)

    ReplyDelete
  10. kunjungan perdana gan .
    follow sukses .

    jika berkenan , di tunggu follbacknya :)

    ReplyDelete