Tuesday, April 29, 2014

Blogger Beretika: Ngga Copas

Blogging adalah dunia yang indah sobat... Blogging is a simple way to publish our writing. Bukan hanya sebatas mempublikasi lalu hanya berhenti sampai disitu, tetapi dapat  bermanfaat bagi orang yang membutuhkan bahkan hingga membuat blog kita memperoleh penghasilan.  Ternyata kemudahan publish di blog harus dibayar mahal dengan kemudahan orang-orang yang ngga bertanggungjawab melakukan plagiarisme atas tulisan kita.



Blog Adalah Milik Kita
Jelas bahwa blog adalah milik kita. Mungkin diantara kita ada yang memulai dari coba-coba dengan pengetahuan yang minim. Kemudian, berlanjut hingga mahir, bahkan mengajarkannya untuk orang lain.Begitu juga setiap tulisan yang kita publikasi, share, dan bermanfaat untuk orang lain.

Atas waktu, tenaga dan pemikiran yang dihabiskan untuk blogging, kita menuntut agar setiap tulisan kita dihargai. Salah satunya jika mau dicopas (plagiat) harus di sertakan link sumber.  Tapi kita ngga sadar dengan 1 hal. Bahwa kita ngga punya indikator kepemilikan atas tulisan yang kita publish di blog. Inilah kenapa saya sebut Blogging is wild world.


Blogger Sisi Kiri
Blogger sisi kiri adalah blogger yang men jiplak tulisan orang lain tanpa menautkan sumbernya.  Mereka beranggapan bahwa copy-paste adalah hal yang halal dalam dunia blogging. Alasan mereka cukup kuat, “Ngeblog itukan intinya sharing, berarti boleh dong dibaca, dikutip, atau di-copas, kalau ngga boleh ya sekalian aja ngga usah ngeblog. Tulis di buku aja tuh.

Ngga gitu juga kali, walaupun ini dunia maya tetap harus beretika.

Saya jadi teringat dengan workshop Blogging yang diselenggarakan oleh Blogilicious tahun 2012. Salah satu materi yang dibahas tentang Etika Blogging (by Mas Anjar). Menarik, ada 12 etika blogging yang disusun  agar dipatuhi seluruh blogger Indonesia khususnya. Konsep ini disusun semata-mata atas keprihatinan terhadap blogger sisi kiri dan untuk kebaikan semua blogger. Siapa sih yang ngga ingin kebaikan? Alangkah indahnya jika etika blogging dipatuhi, maka semua blogger akan hidup dalam harmonisasi keindahan. *ceee ileee  >_<

 Bunyi Etika Blogging yang pertama
Menghargai dan menjunjung tinggi perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dengan menghindari plagiarisme, pembajakan, dan selalu mencantumkan sumber setiap kali mengutip karya orang lain.
Menulis itu bukan pakai modal dengkul, perlu kreatifitas dan pemikiran,-capek tau. Eh, tiba-tiba ada orang yang copas tanpa rasa bersalah. Kesel ngga? Jelas dong, kita yang udah susah payah nulis, dia tinggal seenak jidat memplagiat. Paling ngga tautkan sumber link gitu. Gimana kalau posisinya diganti, tulisan para copaser yang  original itu, kita jiplak, mau ngga ya?

Saya mengalami dimana artikel saya dicopas. Beberapa artikel yang jadi top list di copas oleh blogger yang ngga bertanggung jawab. Misal tulisan saya cara menghilangkan rasa suka pada seseorang dari zaman baheula dengan gaya penulisan masih alay ini, di copas oleh banyak blogger.

Kalau dicek via google search dengan keyword "menghilangkan rasa suka" blog saya ada di page pertama dan bersading dengan blog lainnya yang copas artikel saya. Cukup nyesek kan? Terakhir kali saya cek di tahun 2013, kalau di tahun 2014, salah satu yang saya temukan begini.

Blogger Beretika: Ngga Copas
tulisan saya dicopas mentah-mentah


Dulu saya suka ngumpulin kontes blog. Tiap hari saya update hingga akhirnya blog saya tampil di halaman 1 google dengan kata kunci "Kontes Blog". Ternyata kesempatan itu dimanfaatkan oleh blogger copas yang akhirnya bersanding sama blog saya di halaman 1 google juga. Parahnya, blog dia di urutan atas, padahal copas dari blog saya. Sampai akhirnya saya jadi malas update lomba blog lagi.

sampai 19.489 views lho!!
Mungkin kita ngga bisa berantas blogger copas. Tapi, paling ngga kita bisa menahan diri, jangan sampai kita seperti blogger-blogger copas yang ngga beretika itu. Ayo kita buat komitmen. Walaupun blog kita personal, tetaplah jadi blogger profesional. Katakan Tidak Pada Copas.

Salah satu tips saya agar menjadi blogger profesional adalah mengganti nama domain. Lha apa hubungannya? Untuk domain kita akan mengeluarkan biaya pertahunnya, paling banter Rp 100.000-an. Nah, atas pengeluaran itu, maka kita termotivasi untuk terus berkarya sebagai blogger yang profesional. Masak udah bayar, masih mau jadi blogger abal-abal? Sobat bisa beli domain yang disediakan oleh dibanyak web hosting Indonesia.



Lomba Blog by : andre.web.id




21 komentar

click to leave a comment!

JIM
April 29, 2014 at 2:45 PM Delete comments

ya, benar...
kalaupun mau berbagi, setidaknya sebutkan dari mana saja link2 sumbernya...

Reply
avatar
April 29, 2014 at 5:53 PM Delete comments

Waah... saya juga pernah punya pengalaman begini soalnya, artikel saya dikopi-paste, yang diganti cuma nama saya doang TvT) Untung pas saya email orangnya tulisan tersebut langsung dihapus. Pokoknya, anti-plagiarisme! :D

Reply
avatar
April 29, 2014 at 6:40 PM Delete comments

setuju sekali mas...pokonya mah say no to copas tok y mas..

Reply
avatar
April 29, 2014 at 6:54 PM Delete comments

dulu saya pernah ngopas waktu awal2....
sekarang saya menyadur....
wakakaaaa....
:)

Reply
avatar
April 30, 2014 at 5:24 AM Delete comments

itu merupakan sisi negatif dari internet, banyak plagiat file, menurut ilmu komunikasi data...

Reply
avatar
April 30, 2014 at 9:45 AM Delete comments

copas sih boleh aja, tapi jangan terlalu sering. dan yang penting menyantumkan sumber nya :)

Reply
avatar
April 30, 2014 at 12:05 PM Delete comments

selaamat siang mas, maaf baru kunjungan balik ya...
maaf juga kedepannya saya belum bisa BW (blogwalking) , karena ada pekerjaan ,,,,,,
salam sapa sahabat mas

Reply
avatar
April 30, 2014 at 4:35 PM Delete comments

Penyakit lama dan menahun... :)
Blog saya jg dicoas mentah2, serupa.

Sukses sob kontesnya

Reply
avatar
May 1, 2014 at 12:48 AM Delete comments

Sangat setuju sekali sob meski judul dan tema artikelnya sama tapi konten dan cara penyajiannya harus sedikit berbeda :)

Reply
avatar
May 1, 2014 at 10:19 AM Delete comments

rugi dong ya,capek2 nulis tapi diambil tanpa menyertakan sumbernya

Reply
avatar
May 2, 2014 at 1:50 PM Delete comments

Mari bunuh massal blogger copasssss

Reply
avatar
May 4, 2014 at 10:47 AM Delete comments

copas adalah cara cepat yg tidak bermanfaat, dunia instan tidak baik untuk diri kita

Reply
avatar
May 4, 2014 at 1:52 PM Delete comments

hmmm.. benr juga mas bro,,,, duh saya cuman bisa gigit jari kalau ada tulisan saya yang dicopas,, bingung mau ngomong apa,,
tulisan yang dicopas juga emang ngaruh sama hasil pencarian,... tapi saya aneh, kok bisa gitu yah,,, hmmm, padahal dia cuman copas yah,... -__-

Reply
avatar
May 7, 2014 at 11:59 AM Delete comments

selamat bang sudah memenangkan artikel tentang COPAS.... :)

Reply
avatar
May 22, 2014 at 11:38 AM Delete comments

Memang blogger yang suka copas tidak dapat dibasmi mas, 100 di hapus 1000 yang datang, kalau saya ya fokus saja menulis terus dengan niat berbagi, bagi yang copas saya doakan dia sadar saja setidaknya memasang link blognya.

Reply
avatar
July 24, 2014 at 10:44 AM Delete comments

selain copas, foto juga mas aku ngalamin sendiri foto di copas lalu di watermark :(

Reply
avatar