Thursday, May 1, 2014

Empat Widget Wajib Agar Visitor Betah

Tips blogging kali ini bertujuan agar visitor berlama-lama di blog kita. Kan lumayan bisa naikkan jumlah pageview dan turunkan bounce rate. Tips ngga sebatas tips aja, karena ini udah saya alami. Alhasil jumlah pageviewnya tinggi.

Well, ada empat widget wajib yang harus dipasang di blog yaitu artikel terkait, popular post, archieve/recent post, dan link di dalam postingan. Untuk yang ke-empat sebenarnya bukan widget, cuma semacam trick aja. Bahkan untuk blog ini saya tambahkan pop up box recommendation agar benar-benar maksimal. 

Kenapa ke-empat widget ini penting? Yoi, mari saya bahas satu persatu.

Popular Post

Setiap orang kayaknya penasaran sama top post pada sebuah blog. Saya sendiri sering alami sebagai visitor. Suka melirik popular post. Ada rasa penasaran di hati, kok bisa artikel yang A bisa laris? Lalu, saya pun meluncur ke tekapeh.

Untuk pilihan tampilan popular post ada empat jenis. Hanya judul saja, judul dan gambar, judul dan snippet, judul gambar dan snippet. Snippet biasanya ditampilkan dari beberapa kalimat pembuka sebuah artikel. Popular post juga bisa diatur berdasarkan waktu, 7 hari terakhir, 30 hari terkhir, dan selama blog kita mengudara.

Popular post diletakkan di sidebar blog yang mudah dilihat oleh pengunjung. Mana yang lebih efektif ? Sama saja. Semuanya lebih bergantung kepada blog kita sendiri. Kalau di banyak artikel kita ngga ada gambar, sebaiknya popular post dengan gambar dihindari saja.  Kalau sidebar kita udah kepenuhan sama widget, mending dengan judul saja.

Empat Widget Wajib Agar Visitor Betah popular post


Archieve/Recent Post

Saya sengaja kasih opsi, archieve (daftar isi) atau recent post. Menurut saya, keduanya pula level yang sama walaupun hasilnya berbeda. Bedanya dimana?

Archieve atau daftar isi akan menampilkan seluruh postingan kita. Bisa di setting perharikah? Perminggukah? Perbulankah? Dan seterusnya. Misal, kalau kita posting 100 artikel/bulan, maka daftar isi akan menampilkan ke-100 judul artikel (kalau disetting per bulan). Pasti bakalan makan tempat, karena archieve akan terus memanjang kebawah. Kalau menurut saya, ini adalah pemborosan sidebar. Tapi tetap bisa diatasi dengan membuat scroll.

Widget daftar isi juga menyesuaikan dengan artikel yang dibuka. Misal, visitor buka artikel yang publish tanggal 2 oktober 2013, maka daftar isi akan menampilkan seluruh artikel bulan Oktober saja. Berbeda dengan recent post yang akan tetap menampilkan tulisan-tulisan terbaru kita. Bedanya hanya disini saja.

daftar isi blog

Artikel Terkait

Yang ini juga ngga kalah penting. Biasanya letaknya di bawah postingan, bahkan di beberapa blog berita yang saya lihat tampil di badan artikel (ini lebih efektif). Artikel terkait disingkronkan dengan label/tag/kategori yang dibuat. Kalau artikel kita tentang review, maka semua artikel terkait yang tampil adalah review semua.

Untuk pilihan tampilannya ada 3 jenis.  Hanya judul saja, judul dan gambar, judul gambar dan snippet. Sekali lagi, semuanya efektif, tapi harus disesuaikan dengan blog kita.

artikel terkait
Salah satu bentuk artikel terkait


Link Dalam Postingan

Yang saya tahu, link dalam postingan memang sangat efektif. Tapi ingat, nge-link jangan asal nge-link. Buatlah link yang berkaitan dengan artikel tersebut. Misal saya nulis artikel ini "empat widget wajib agar visitor betah". Kan didalamnya ada bahasan Artikel Terkait, nah tinggal ditambahkan saja "cara membuat artikel terkait" dalam bahasan tersebut. Gampang kan?

Oh ya, hindari kebanyakan link dalam artikel. Idealnya maksimal 3 link yang disesuaikan dengan panjangnya artikel. Kalau banyak, nanti artikel kita bisa terlihat down grade (kualitasnya turun). Terang saja, ini mau nulis artikel atau mau nyepam sih? Begitulah kira-kira.

Sekian tips blogging kali ini. Semoga bermanfaat dan visitor pun betah di berlama-lama di blog kita dengan empat widget wajib yang Anda pasang.

28 comments :

  1. betul mas keempat widget tsb, sering saya meriliknya, kalau saya baru pasang satu yg otomatis bawaan blogger,,,, populer post, yg lainnya dibuat manual, tampilan baru mas

    ReplyDelete
  2. itu adalah beberapa hal agar visitor betajh dan mudah untuk mencari artikel :D

    ReplyDelete
  3. popular post siap-siap di rewrite aja ya?

    ReplyDelete
  4. bener juga, secara gak sadar link2 dalam artikel bikin penasaran buat di klik
    apalagi kalau mengemasnya menarik

    nice info, thx

    ReplyDelete
  5. di blog saya kurang satu nih, di poin 3 belum terpasang

    ReplyDelete
  6. Iya mas. Terbukti ddiblogku. :)

    ReplyDelete
  7. kadang menentukan link dalam postingan ini yang membuat bingung, karena kadang menurut kita cocok tapi kata pengunjung ndak cocok dengan artikel yang ditulis, hehe...pake feeling aja mungkin ya mas coz pendapat setiap orang pasti berbeda-beda

    ReplyDelete
  8. Nice info bre Sabda, makasih ya :)

    ReplyDelete
  9. Yak ... ke 4 ini biasanya jadi daya tarik dan penasaran orang buat ngeklik :-)

    ReplyDelete
  10. ternyata sama saya juga sering melirik yang empat poin diatas

    ReplyDelete
  11. Klo saya udh pasang semua widget diatas kecuali popular post :)

    ReplyDelete
  12. kalau sya belum ada yang di pasang, nanti akan nyoba.... :D

    ReplyDelete
  13. saya pernah nyoba yang recent post......

    salam kenal ya....

    ReplyDelete
  14. wah, sudah teruji dan terbukti nih... :)

    ReplyDelete
  15. Memang ke empat widget diatas harus ada di dalam sebuah blog. Makasih sob tipsnya :)

    ReplyDelete
  16. waduhh saya belum menrapkannya ni mas,,,,, nanti saya akan terapkan dee mas,,,

    ReplyDelete
  17. Juga jangan lupa daftar isi mas, itu bisa merangkum semua postingan yang ada, ^.^

    ReplyDelete
  18. iu sih gak cuma betah, tp kecanduan dan gak mau hengkang, apalagi menarik...
    :)

    ReplyDelete
  19. ada tutorial artikel terkait gak masbro...

    ReplyDelete
  20. bener banget mas, kalo sedang baca artikel, suka nglirik yg disekitarnya :)

    ReplyDelete
  21. Iyess! Empat2nya uda nampang di blog saya :) tapi untuk yang terakhir baru2 ini aja... dan gak jelas juga kalau ingat kasih kalau gak bablas.. berarti aklau kita mosting harus fokus bener2

    ReplyDelete
  22. mau nambahin: random post juga perlu gan...

    ReplyDelete
  23. dulu sempat punya blog sperti ini sob.. tapi sekrang harus berbeda... dari mencari lebih simplenya...
    saya rindu dengan blog saya sob.. :)

    ReplyDelete
  24. popular post dan archive, ga ada di blog saya wkwkwk :))
    alasannya sih karena pake template responsive, takut memenuhi tampilan pada mobile :)

    ReplyDelete
  25. yang arikel terkait aku blum tau cara pasangnya hhe...

    ReplyDelete
  26. dari segi penempatan, recent comment sama post ideal diletakan disamping, kalau arsip, biasanya saya letakan dibawah. Satu lagi meski kontroversial, chatbox, buat menampung komen oot. atau sekedar pengunjung gelap yg ingin berterima kasih.

    ReplyDelete
  27. Bener sob, widget2 itu wajib buat rekomendasiin pengunjung biar mau baca yang lainnya.

    ReplyDelete
  28. sepakat mas saya juga menggunakan semua widget tersebut :)

    ReplyDelete