Monday, September 1, 2014

Ayo Manage Plastik Demi Kebersihan

koleksi plastik

Plastik,-setiap kali berbelanja selalu dapat plastik. Gambar diatas adalah koleksi plastik yang saya kumpulkan selama ini. Sayang kalau langsung dibuang, karena kita masih bisa memanfaatkannya untuk hal lain.

Saya cukup sering berbelanja di minimarket. Biasanya, untuk produk makanan, obat-obatan, deterjen, kain atau lainnya di-plastik-in secara berbeda oleh kasir. Saya sering menolak. Selalu minta dijadikan satu, toh masing-masing produk pada dasarnya memang sudah berkemasan baik. Selain ngga ribet dengan plastik yang dipisah-pisah, kita juga menghemat penggunaan plastik. Bayangkan kalau ada 1000 orang yang seperti saya, whehehe #promosi.

Dilain kesempatan, ketika saya belanja barang-barang kecil, kasir minimarket juga mem-plastik-annya. Sebelum diplastik-an saya selalu menolak. Selama barang itu masih bisa kita pegang atau kantongi, kenapa harus diplastik-an. Kita sebagai konsumen yang harus meminta, karena kasir itu hanya melakukan tugasnya. Mereka pasti akan mem-plastik-an setiap barang yang dibeli. Coba bayangkan kalau ada 1000 orang yang seperti saya, whehehe #promosilagi.

Plastik yang saya dapatkan ngga langsung dibuang. Pertama, dikumpulkan. Kedua, digunakan kembali. Saya gunakan untuk membawa sepatu, pakaian kotor dan tempat sampah. Yang paling sering jadi tempat sampah. Apa yang saya lakukan ternyata cukup baik. Plastik digunakan 2 kali atau lebih.

Mengumpulkan sampah, mengemasnya, lalu membuangnya. Secara ngga langsung kita mempermudah petugas kebersihan.

sampah

masukkan ke dalam plastik


dikemas

dikemas

Lihat nih, udah mirip di Jepang kan? Mereka membungkus sampah-sampahnya. Kan ngga merepotin petugas kebersihan. Bedanya sama saya, sampahnya masih campur-campur. Kalau di Jepang, yang organik, anorganik, kertas, dan lainnya dipisahkan. Paling tidak, apa yang saya lakukan sudah memberikan sebuah kebaikan kecil, hehehe.
di Jepang,-sampah dikemas.
Yuk, dimulai dari sekarang. Kita mulai dari diri sendiri. Banyak manfaat yang kita dapatkan jika melakukan hal ini, dan didukung oleh jutaa-an orang Indonesia, termasuk kamu yang lagi baca ini :3. Jangan sampai sampah terlihat seperti gambar dibawah ini. Jorok, merusak pemandangan, bau, dan sumber penyakit.
sampah yang jorok
Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Semoga terinspirasi :D

5 comments :

  1. saya juga suka mlastikin sampah lo mas hehe

    ReplyDelete
  2. saya sukanya plastikin mantan bes tuh dibuang deh

    ReplyDelete
  3. kebiasaanku ya udah gitu.. kalo plastik 'kresek'nya masih bagus, dikumpulin dulu. siapa tau ntar bisa dipake keperluan apa gitu, minimal ya jadi kantong sampah. meskipun belum bisa misah2in sampah organik sama anorganik sih

    ReplyDelete
  4. Terkadang udah diplastikin gitu, nanti di pembuangan sampah atau saat diangkut petugas sampah pake mobil, biasanya tuh sampah yang sudah dipastikan di buka lagi

    ReplyDelete
  5. sebenarnya sampah bisa diokplorasi menjadi barang berguna, namun banyak yang tidak mau dan tidak perduli aja. nice posting. salam sahabat blogger dan ditunggu kunjungan baliknya di bengkel blogger.

    ReplyDelete