Thursday, February 12, 2015

Cara Mendapatkan Job Review Untuk Blog Personal

job review penghasilan blogging
Article = Money


Cara Mendapatkan Job Review Untuk Blog Personal,-Job review, Paid review atau Pay Per Post (PPP) adalah istilah yang sama untuk mendeskripsikan tulisan yang dibayar. Tulisan yang diminta biasanya bersifat promotion atau campaign tergantung permintaan Advertiser. Pasti banyak diantara kita sebagai blogger (Publisher) ingin mendapat penghasilan sampingan juga. Apalagi blog personal.

Pada bidang monetasi, blog personal dianggap tidak mampu menghasilkan uang. Saya setuju. Setelah berkecimpung hampir 4 tahun di blog personal saya tahu alasannya. Kecuali untuk blog yang memang memiliki nama, semisal Raditya Dika dkk.

Alasannya sederhana. Advertiser ingin iklannya tepat sasaran. Contoh, Advertiser penyedia hosting akan lebih tepat jika menempatkan iklannya pada niche blog tentang Web, Blogging atau SEO. Apa jadinya kalau iklan tersebut dipasang pada blog yang berkonten kehidupan pribadi seseorang (personal)? Sia-sia bukan?

Jika Anda pernah mendaftar di penyedia iklan pasti familiar dengan istilah PPC (Pay Per Click), PPP (Pay Per Post) dan PPA (Pay Per Action). Bagaimana mereka memilih Publisher? Memiliki Trafik tinggi dan berniche. Blog personal? Mungkin tidak masuk hitungan. Hehehe.

Lalu, kenapa saya mengkhususkan tulisan ini untuk blog personal? Apakah blog personal memiliki peluang untuk meraup rupiah juga? Jangan khawatir, kita blog bergenre personal bisa melakukannya. Karena saya sudah mengalaminya ^_^.

Dulu saya memang sempat memfokukan diri di job review. Saat itu blog saya ber PR-2, beralexa- 200ribuan, 500 visitors/hari via histat dan komentar yang ramai cukup mendongkrak blog personal saya untuk menarik perhatian para Advertiser. Kemudian saya berganti domain sampai 3 kali sehingga kehilangan trafik secara drastis. Belum lagi saat itu saya mulai bekerja sehingga menyita waktu blogging. Mau tidak mau saya harus melepaskannya.

Sementara sekarang, saya fokus ke perkerjaan saya. Dunia blogging tidak saya tinggalkan sama sekali. Tetap menulis, ikut kontes blog, dan bersilaturahmi ke rekan blogger lainnya. Walaupun tidak serajin dulu.

Dari itu saya mau berbagi sedikit ilmu yang saya miliki. Sayang, jika ilmunya terpendam di saya saja. Mari dibaca ^_^.

Keunggulan Job Review pada Blog Personal
Agar kita (para blogger personal) tetap PeDe memonetasi blog, kita harus tahu apa keunggulan blog personal di bidang job review.

Blog personal adalah blog catatan pribadi, opini dan tulisan-tulisan lainnya dari sudut pandang si blogger itu sendiri. Jika blog personal mereview sebuah produk (Job Review) maka seolah-olah tulisan tersebut adalah hasil testimonial konsumen. Ya, kita terkesan sebagai seorang konsumen. Kenyataannya, tulisan pribadi dipandang lebih jujur. Inilah daya tarik utama blog personal bagi Advertiser. Apalagi jika blog kita didukung dengan trafik tinggi.

Cara Mendapatkan Job Review

1. Daftar pada Penyedia Iklan
Ada banyak penyedia iklan di internet, tapi tidak semua menyediakan Pay Per Post (Job review). Maaf saya tidak bisa menyebut nama penyedia iklan pada tulisan ini.

Saat mengawali karir di dunia job review,-*ce ilee,- tulisan 300 kata saya dihargai Rp 20.000. Saya senang sekali, apalagi dulu untuk menulis hanya butuh waktu 15 menit saja. Kemudian, harga dinaikkan menjadi Rp 30.000. Saya pernah dapat 7 job review waktu itu.

Ada juga penyedia iklan yang berani menawarkan harga tinggi, 800ribu - 1,5juta per artikel. Tetapi sayangnya saya tidak pernah dapat job ini, hehehe

2. Ditawari Langsung
Nah, ini yang paling saya suka. Advertiser melirik trafik blog kita,-Alexa dan PageRank. Saya pernah ditawari 3 E-Commerce besar yang berbeda. Sisanya web-seb biasa yang butuh promosi.

Saya menekankan cara "Ditawari Langsung". Saya akan membantu mempersiapkan blog Anda untuk mendapat tawaran job review secara langsung.

Berapa Harga Job Review ?

cara mendapatkan uang dari blog
review request
Blogger "Pro" biasanya sudah mematok harga berdasarkan jumlah kata, tingkat kesulitan dan kata kunci yang diminta. "Pro" yang saya maksud adalah blog yang memiliki trafik cukup tinggi dan tulisan mereka memang memiliki nilai komersil. Rp 100.000 untuk 300 kata,- cukup menggiurkan bukan? Tentu harga ini sebanding dengan kualitas yang dijanjikan Publisher, bahkan ada yang lebih mahal lagi.

Sebaliknya, blogger "biasa" mengikuti permintaan Advertiser dan harganya ditentukan oleh Advertiser itu sendiri. Tidak masalah jika nilainya 'kecil', paling tidak kita sudah berpengelaman nantinya. Bukankah semua hal dimulai dari hasil yang kecil? *ala motivator. Ingat saya memulai dari Rp 20.000 lho..

Terakhir, mengambil jalan nego, layaknya jual beli yang menggunakan cara tawar-menawar. Kalau sepakat dan merasa sama-sama diuntungkan, maka job review bisa kita dapatkan.

Cara Agar Ditawari Langsung?
1. Trafik Tinggi
Sepertinya ini persyaratan wajib, hehehe. Jangan langsung putus asa, dicoba dulu. Segala sesuatunya butuh usaha. Untuk memulai memang berat, tapi selanjutnya pasti mudah. Seperti mendorong mobil mogok, awalnya berat, setelah itu ringan bukan? *lagi-lagi sok motivator.
Ini tips singkat cara meningkatkan trafik blog :

  • Konsiten menulis. Buat target, kalau saya dulu 1 artikel/2 hari. 
  • Sering blogwalking dan berkomentar. Nanti dapat comment back.
  • Daftar ke Google Analytic.
  • Daftar ke Alexa dan pagerank checker.
  • Daftar ke situs sosial bookmarking.
  • cara meningkatkan trafik blog
    Statistik
  • Belajar SEO,- saya dulu konsen ke SEO on page.
Tips dan trik lengkapnya bisa cari di blog saya ini. Kalau tips di atas dilakukan secara sungguh-sungguh dalam sebulan blog personal Anda akan punya trafik yang tinggi. Lama-lama nanti blog Anda bisa muncul di page teratas google search lho.

2. Lampirkan Hal ini
  • Widget alexa dan pagerank pasang di blog agar calon Advertiser tahu seberapa besar trafik blog Anda. Pasang mulai dari sekarang.
  • Sertakan laman khusus tentang info kontak Anda agar bisa dihubungi.
  • Tawarkan jasa review. Jangan sungkan-sungkan, ini bagian terpentingnya. Advertiser tidak tahu apakah Anda menerima jasa atau tidak. Maka, buatlah laman khusus tentang hal ini, informasikan kelebihan blog Anda, tarif, dan produk jasa yang Anda tawarkan.
Nah, sampai disini tulisan saya. Selamat mencoba dan semoga memperoleh banyak job review. Kemudian uang sampingannya bisa digunakan untuk kebutuhan keluarga dan membeli perlengkapan rumah. Amiiin. 

"Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Blogger dan Job Review" oleh Petrus Andre yang didukung oleh Ajeng Angelina dan Elisa Fariesta."

49 comments :

  1. Bimbing saya dunk kaka,,,,,
    biar bisa dapat job review kayak kaka gini,,,,
    Seriusan lohh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh tipsnya diatas semua bang, bisa diterapkan kok...

      Delete
  2. Bagus ini ilmunya... mau donk dibimbing juga... masih newbie ngurus personal blog.

    ReplyDelete
  3. Satu lagi tipsnya, perbanyak tali silaturahmi sama komunitas blogger biar sering dapat tawaran job review. Minimalnya bakal dapat buku gratis atau makan gratis kalau ada acara launching.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, udah dapat rekanan belum? Saya udah kok :3

      Delete
  4. wah saya ngeblog karena hobi sih mas, tapi pernah 1-2 kali dapat job semacam itu, tapi awalnya memang harus meningkatkan awareness dulu ya. saya sih kalau BW karena pengen kenal & menambah teman blogger, kalau dapat rejeki dari teman-teman ya Alhamdulillah, kalau ndak saya sudah senang bisa berkenalan :)

    anyway terima kasih untuk berbagi infonya ya

    http://ardikapercha.com/

    ReplyDelete
  5. makasih ilmunya bang Sabda, moga-moga ke depan awak dapat job review ;)

    ReplyDelete
  6. Semoga saya bisa dapat job review :)

    Sukses blognya, mampir juga gan ke artikel saya :D

    ReplyDelete
  7. Keren ilmunya :) Semoga bisa praktik nih.

    ReplyDelete
  8. Bagus ini ilmunya... mau donk dibimbing juga... masih newbie ngurus personal blog.

    ReplyDelete
  9. Karena selama ini ngerasa blog personal itu cuma buat belajar nulis, jadi nggak kepikiran buat dijadiin bisnis. Tapi abis baca artikelnya, jadi tahu kalo personal blog lebih dipilih oleh advertiser karena peran "testimoni". Boleh diusahain ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok diusahakn, berpeluang malah...

      Delete
  10. wahooo semoga bisa ah jadi job review kekeke, belom pernah euy dapet :D *ngarep dot com*

    http://salmanbiroe.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. Wah kudu banyak di coba review milik temen dulu ni ?

    ReplyDelete
  12. Walau sedikit saya juga pernah dapat beberapa job review yang lumayan. semangat terus nulisnya ya bang awal...

    ReplyDelete
  13. Wah, sudah banyak pengalamannya ya dapet job review. Terima kasih sharingnya. Aku mau juga dapat side income kyk gitu :D

    ReplyDelete
  14. sepertinya ini harus dipelajari lebih dalam mas, soalnya lumayan bisa mengasilkan pundi2 rupiah,. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Triknya gampang kok, ga mesti dalam2 hahah

      Delete
  15. boleh juga nih tipsnya mas untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog.
    makasih telah berbagi

    ReplyDelete
  16. detail banget bahasannya,*menyimak dengan serius*
    harus di coba nih :D

    ReplyDelete
  17. angguk angguk garuk garuk, nanti tanggal 17 lebih detail lagi sepertinya

    ReplyDelete
  18. Untuk Tipsnya sederhana namun cukup sulit dilaksanakan :v

    ReplyDelete
  19. mantap kang. Untuk blog personal menampilkan widget alexa dan page view memang menarik minat advetise kang.

    ReplyDelete
  20. saya pernah tu dapat job review dari zalora, tapi sebenarnya review ini kalau berkaitan dengan produk, sangant tidak efektif diterapkan pada blog yang temanya ndak singkron, benarkan mas :D

    ReplyDelete
  21. smakin tinggi traffiknya bisa dapat penawaran yg nilainya lumyan ya..

    ReplyDelete
  22. OK Mas, memang penting ya untuk wawasan begini dalam mengelola blog yang profesional
    kalo saya sih masih amatiran, tapi saya suka baca baginian, biar ketularan hokinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipraktekan juga mas biar beneran dapat hoki

      Delete
  23. wah makasih banyak ya mas, bermanfaat banget nih

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah juga saya mendapatkan job review memang sangat mengesankan kalau dikontak langsung, semoga bulan berikutnya saya menambah job review, makasih mas inspirasinya.

    ReplyDelete
  25. Waaah bermaanfaat banget ilmunya.. Harus rajin posting emang yaa biar blognya ramai terus ^_^
    TFS ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah optimaslakan belajar seo tapi hasilnya masih nihil untuk job review...ada tips lain ngga selain tips diatas gan....? misalnya harus TLD atau blog gratisan?

      Delete
  26. terima kash atas informasi yang bermanfaat ini mas, saya memang telah memasang jasa dan kontak untuk dihubungi. kalau widget alexa saya belum pasang...tapi akan segera saya pasang

    ReplyDelete
  27. terimakasih mas, tulisan ini mengingatkan saya untuk banyak blogwalking sebagai silahturamhi, sudah tiga bulan ini saya berhenti blogwalking

    ReplyDelete
  28. Baru paham malah. Hehehe. Gue juga baru beberapa kali ditawarin job review. Hmm, tapi belom pernah dapet yang di atas 300 ribu. :(

    Kalo udah terkenal mah bisa 1 artikel jutaan, ya. :))

    ReplyDelete