Wednesday, February 18, 2015

Trans Medan Apa Kabarmu?

Tahun 2013 lalu, saya sebagai warga kota Medan, senyum-bahagia, hehehe. Dibeberapa jalan kota Medan dibangun halte Trans Medan yang identik dengan halte busway Trans Jakarta. Seperti Trans Jakarta, saya bayangkan sebuah bus yang keren, sejuk, nyaman, dan bebas macet.

Gambar dibawah adalah keadaan halte usai pembangunan. Terlihat cukup keren, bukan? Itu dulu, tahun 2013 :v
source: tribunnews
Itu dulu, ketika awal pembangunan halte. Tetapi, hingga tahun 2015 halte tersebut tidak pernah difungsikan. Bus Trans Medan yang dinantikan pun tidak pernah ada. Sekarang keadaan halte malah memprihatinkan. Semua dinding kacanya pecah. Pintunya hilang entah kemana.

Jika kita searching di google, maka yang kita dapatkan hanyalah informasi kemubaziran proyek halte ini dari media-media lokal. Dengan biaya 800++ juta, sekarang hanya tinggal 'rongsokan'. Jadi, buat apa dibangun kalau tidak digunakan?

Saya hanya orang awam. Sejauh pengamatan saya pengadaan halte ini tidak pernah diusut. Padahal sudah berjalan 2 tahun sejak pembangunan. Dana tersebut terbuang sia-sia, padahal bisa dialihkan untuk hal lainnya.

Berapa Halte yang Dibangun ?
Ada 10 halte, sampai saat ini saya baru dapat 6. Belum jalan-jalan, nanti kalau pas ketemu saya dokumentasikan. Di jalan Yos Sudarso 4 halte, Putri Hijau 1 Halte, Veteran 1 Halte, SM Raja belum ngecek, Gatot Subroto Belum ngecek juga.

Bagaimana keadaan halte-halte ini?

Halte Trans Medan Belawan depan komplek rumah negara TNI AL
halte trans medan belawan
Belawan

Halte Trans Medan Belawan, di depan Gereja
Halte trans medan belawan


 Halte Trans Medan Jl. Yos Sudarso KM. 18,5. Perhatikan tulisan yang ada pada halte terebut (klik untuk memperbesar). "Halte ini dikorupsi dan disita rakyat". Pasti ini menggambar kekecewaan mereka karena halte ini tak kunjung digunakan padahal sudah menggunakan dana rakyat.
halte trans medan yos sudarso km 18,5
Jl. Yos Sudarso KM 18,5

Terakhir kali saya melewati halte P.Brayan pada malam hari, ada yang berdagang di dalam halte :v
halte trans medan yos sudarso p brayan
Jl. Yos Sudarso, P.Brayan

Halte ini dibangun ditengah pasar tradisional. Jalan Veterang, persis di dekat Medan Mall. Alhasil halte yang dulunya bagus (lihat gambar paling atas), kini jadi lapak pedagang.
Halte Trans Meda Jalan Veteran Rusak
Jalan Veteran, Pasar Tradisional

Sejauh ini halte di Putri Hijau ini yang paling baik kondisinya dengan kaca yang pecah dan pintu yang hilang :v
Halte Trans Medan Jalan Putri Hijau Rusak
Jalan Putri Hijau



Berapa Biaya Pembuatan Halte ?
Saya menelusuri LPSE Medan, hanya ada 1 proyek yang berkenaan dengan pengadaan halte. Total biaya 10 halte adalah Rp 825.750.000, satuan kerja terkait adalah Dinas Perhubungan Kota Medan. Bisa cek di http://www.lpse.pemkomedan.go.id/eproc/panitia/pengumumanview/129308 . Halte yang lantainya lebih tinggi 1 meter dari jalan ini dibangun dengan material baja ringan, kaca dan dicat merah hijau.

lpse medan pengadaan halte trans medan
LPSE Medan, pengadaan halte Trans Medan

Jadi, bagaimana Pak? Apa kelanjutan proyek pengadaan halte Trans Medan ini? Atau Bapak punya penjelasan tentang pengadaan ini? Apa menurut kamu sebagai warga Medan ?

16 komentar

click to leave a comment!

February 18, 2015 at 9:33 AM Delete comments

itu parah ada yang dijadikan tempat jualan, waduh waduh, bukan gak mau diusut, kalau diusut akan merembet ke permasalahan yang lebih besar, mungkin melibatkan pemangku negara, sekedar opini

Reply
avatar
February 18, 2015 at 11:23 AM Delete comments

Buang-buag anggaran ini mah ceritanya, itu yg di sambu yg paling parah kayaknya ya kan :(

Reply
avatar
February 18, 2015 at 11:55 AM Delete comments

Wah, parah. tidak dituntaskan... ada apakah gerangan...

Reply
avatar
February 18, 2015 at 12:26 PM Delete comments

beneran hampir satu Miliar itu? mending saumbangin buat aku aja biar bikin rumah gitu, satu hahaha

Reply
avatar
February 18, 2015 at 12:41 PM Delete comments

wow lebih dari 800 juta nih mas biayanya.kenapa ya koq nggak ditindak lanjuti.

Reply
avatar
February 18, 2015 at 2:50 PM Delete comments

Ga kalah juga ya dengan jakarta, infonya menarik mas, makasih banyak.

Reply
avatar
February 18, 2015 at 3:35 PM Delete comments

Ngak kepake jadi ancur kotor dan kumuh

Reply
avatar
February 18, 2015 at 6:26 PM Delete comments

selain menerima janji kosong masyarakat juga menerima halte kosong. miris.

Reply
avatar
February 18, 2015 at 7:45 PM Delete comments

Sangat disayangkan ya Mas,
harusnya bisa dimanfaatin dengan sebaik-baiknya..

Happy Blogging

Reply
avatar
February 18, 2015 at 9:27 PM Delete comments

Mungkin karena kurang dana mas?

Reply
avatar
February 19, 2015 at 4:57 AM Delete comments

mengenaskan sekali, mubazir banget

Reply
avatar
February 19, 2015 at 1:25 PM Delete comments

Di sini yang salah siapa yah? Pemerintah atau malah masyarakatnya -_-
Atau dua-duanya? :D
Sistem pemerintah trhadap halte2 trsebut mngkin msh lemah dan masyarakat mungkin kurang peduli dengan eksistesi halte2 itu.

Entahlah...

Reply
avatar
February 19, 2015 at 3:21 PM Delete comments

mubazir banget. padahal 800 juta bisa dimanfaatkan untuk banyak hal lain

Reply
avatar
February 26, 2015 at 7:28 PM Delete comments

Sayang banget emang bg... Padahal kalo beneran jadi pasti bagus! Ini malah terbengkalai gitu.

Reply
avatar
March 15, 2015 at 1:40 AM Delete comments

sayang kali haltenya... waktu terakhir pulang ke Medan juga liat halte2 ini. Miris

Reply
avatar