Wednesday, May 27, 2015

Review Mi Band : Gelang Pintar Xiaomi

Review Mi Band : Gelang Pintar Xiaomi

Review Mi Band : Gelang Pintar Xiaomi,- Saya membeli Mi Band tanggal 19 Mei 2015 pada Flash Sale di mi.com/id dengan harga Rp 225.000. Tanggal 23 Mei 2015, barulah Mi Band itu mendarat cantik ke pangkuan saya. Sepintar apakah gelang Xiaomi ini? Apakah bisa menghitung detak jantung kejombloan? Bayar tagihan listrik dan cuci piring? Untuk mengetahui itu semua, mari makan baca sampai habis tulisan ini.

Unboxing Mi Band
Isi box adalah gelang, charger dan buku panduan. Dalam buku panduan ada panduannya *ya iya lah -__-", dan garansi selama 6 bulan sejak kita terima. Mi Band dapat langsung dipakai di tangan, tapi sebatas gaya-gaya-an aja. Karena Mi Band dalam kondisi lowbat,- makanya dicas dulu bro. Selain itu, kita perlu men-download aplikasi Mi Fit di google play store.
Review Mi Band : Gelang Pintar Xiaomi
Lowbat
Saya tahu lowbet setelah meng-instal aplikasi Mi Fit. Saya berhasil singkronkan Mi Fit dan Mi Band sampai selesai, hingga muncul notif batrai lemah tinggal 10%. Pertama kali mau ngecas, saya bingung. Chargernya mau dicolokin kemana? Ke kepala charger HP ? Katanya ngga boleh, nanti cepet rusak karena untuk Mi Band cuma butuh arus yang kecil. Kebetulan, saya punya Mi Powerbank, ketika di cas, arusnya ngga masuk -__-" .  Ngga taulah bebeb kenapa begitu. Terakhir, hidupkan laptop, dan ngecas dilaptop.

Intinya,-Mi Band-nya di cas aja, sembari singkronisasi dengan Mi Fit.
Review Mi Band : Gelang Pintar Xiaomi


Charging
  • Cas di-laptop/komputer aja. Arus kecil lebih aman.
  • 30 menit, untuk 30 hari
  • Lampu indikator ada 3. Kalau ngecas, lampunya warna biru. Kalau 3-3-nya nyala, berarti batrai udah penuh
Review Mi Band : Gelang Pintar Xiaomi
Lagi dicas, lampu hidup 1
Tampilan Fisik
Kalau bicara soal fisik, Mi Band termasuk cakep. Terdiri dari 2 bagian, yaitu perangkat elektroniknya yang disusun dari bahan aluminium dan gelangnya dari bahan silikon anti alergi. Tahan air, tahan panas U-70 celcius, tahan dingin sampai -20 celcius, dan tahan jatuh dari ketinggai 1,2 meter *yang terakhir aneh -___-"
Review Mi Band : Gelang Pintar Xiaomi
2 bagian
Nah, didalam kapsulnya ini terdapat batrai 41 mAh, bluetooth 4.0 low energy yang selalu menyala, chip, memory dan segala perangkat elektronik lainnya.
Review Mi Band : Gelang Pintar Xiaomi
kapsulnya
Warnanya beragam orange, toska, biru, hitam, dan pink, tapi sampai artikel ini diterbitkan cuma tersedia warna hitam, itupun stok habis hah!

Mi Band dapat digunakan pada perangkat android versi Kit Kat keatas.

Apa Saja Kemampuan Xiaomi ?
Nah, bagian ini yang paling penting. Ada yang nulis di internet kalau Mi Band itu gelang fitnes pintar yang bisa dijadikan pilihan? Apa benar? Berdasarkan pemakaian yang sudah saya lakukan, faktanya Mi Band bisa lakukan hal-hal ini :

  • Menghitung jumlah langkah dengan detail perkiraan waktu dan kalori yang dibakar
  • Memonitor kualitas tidur dengan detail perkiraan waktu, tidur ringan, dan tidur pulas
  • Unlock dan Lock screen smartphone Xiaomi
  • Sebagai alarm
  • Notifikasi panggilan masuk
Lima hal diatas akan saya bahas lebih rinci.

Hitung Estimati Jumlah Langkah
Pada deskripsi situsnya, dikatakan menghitung jumlah langkah, baik itu jalan ataupun berlari. Intinya, Mi Band membaca pergerakan tangan ketika kita melangkah. Tapi, disayangkan karena gerakan tangan yang menyerupai langkah pun tetap diterjemahkan sebagai langkah. ~kurang akurat~
Review Mi Band : Gelang Pintar Xiaomi


Untuk setting lanjutan melalui aplikasi Mi Fit, kita dapat menentukan target langkah yang ingin dicapai selama 24 jam. Jika 1/3 target terpenuhi, maka 1 lampu akan menyala, jika lebih dari 2/3 target terpenuhi maka 2 lampu akan menyala, dan taraaatttt jika target terpenuhi maka ketiga lampu akan menyala. Bagaimana jika melebih target ? Ya ngga gimana-gimana bro!

Menghitung Kualitas Tidur
Yang dihitung deep sleep dan light sleep-nya. Saya aja baru tahu jenis tidur ada dua. Untuk tahu bedanya silakan cari tahu sendiri. Singkatnya, deep sleep dimana tidur dengan kondisi otak mimpi mantan *ehhh salah, lupakan aja.
Review Mi Band : Gelang Pintar Xiaomi


Mi Band tahu kapan waktu kita mulai tidur, waktu deep sleep dan light sleep, hingga bangun tidur. Saya masih ngga tau apa manfaat kita tahu keadaan tidur ini, hehe~. Ketika saya lihat data di Mi Fit, dalam hati "Ooooh, segini". Ya udah, cukup tau~sekedar tau aja.

Lock dan Unlock Screen
Selama bluetooth smartphone kita menyala, maka fungsi lock dan unlock screen bisa berjalan.


Sebagai Alarm
Nah, ini fungsi yang saya suka. Sekarang saya ngga menggunakan alarm smartphone yang nadanya keras menganggu orang lain. Hanya melalui getaran lembut pada pergelangan tangan, Mi Band mampu membangunkan saya tepat waktu.
Review Mi Band : Gelang Pintar Xiaomi


Untuk settingan waktu alarm dilakukan pada aplikasi Mi Fit. Ada 3 waktu yang bisa kita setel. Sebagai alarm (setelah diatur pada Mi Fit), gelang Xiaomi ini ngga perlu terkoneksi dengan smartphone.

Notifikasi Panggilan
Mi Band akan bergetar sebagai notifikasi panggilan masuk pada smartphone kita. Hanya saja, untuk menjalankan fungsi ini, Mi Band harus terkoneksi melalui bluetooth. Bagaiama jika Mi Band dibawa ke pasar, sementara smartphone tinggal di rumah? Apakah yang akan terjadi? Cari tau, setelah kamu beli Mi Band :p .

Semua tentang Mi band ini udah saya paparkan sepengetahuan saya. Mana tau ada yang ngga setuju, pengen diskusi atau demo, silahkan saja berkomentar dengan sopan.

Terimaksih untuk yang sudah baca, apalagi kalau tinggalkan komentar ^_^

~Review Mi Band : Gelang Pintar Xiaomi~

3 komentar

click to leave a comment!

June 3, 2015 at 3:41 PM Delete comments

boleh jg tu bro...
tuk menhitung kualitas tidur. soalnya saya tidur gak prnah puas kyaknya. hahahaha...
jd dgn ada alat ini mngkin kt bs mngukur wktu kpn tdur yg pas...gtu ya mksudnya. hehehheeh...

Reply
avatar
September 1, 2015 at 9:27 PM Delete comments

Gan, sy ga tau kl ga boleh nge charge pake charge hp, tiba2 mi bandnya mati, tu yg bmasalah mi bandnya atau chargernya ya?? Kl sy beliin charger baru bisa gak ya?? Baru aja beli nii :(

Reply
avatar
September 16, 2015 at 1:59 PM Delete comments

kayaknya arus adapter charge hp terlalu besar untuk mi band, jadi kemungkinan mi band nya rusak. coba klaim garansinya, mana tau bisa.

Reply
avatar