Wednesday, June 17, 2015

Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online Instagram

Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online Instagram

Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Instagram,- Sekarang kalau mau belanja online gampang. Sudah banyak toko online terpercaya dengan kualitas dan harga yang bersaing. Pembeli datang dari mana dan kapan saja sehingga toko online jadi sasaran empuk bagi calon konsumen untuk berbelanja.

Kini, masalah bukan pada calon konsumennya, karena potensi pembeli memang tinggi. Apalagi orang Indonesia yang doyan gadget dan berbelanja. Tinggal klik sana klik sini via gadget mereka, maka barang yang diinginkan sampai ke rumah. So, masalahnya adalah strategi yang digunakan para pemilik toko online bersaing untuk mendapatkan konsumen.

Jika kita lihat dari toko online yang menjamur saat ini,- ada yang menyebutnya sebagai E-Commerce, Start Up, bahkan sampai toko online yang dibangun lewat sosial media seperti facebook dan instagram.

Nah, saya mau fokus ke toko online berbasis sosial media, khususnya instagram. Aplikasi sosmed yang berisi gambar dan video berdurasi pendek ini cukup populer di Indonesia. Saya sendiri menggunakan instagram (@sabdaawal) dan paling asyik diakses lewat gadget. Instagram cocok dijadikan toko online karena berkonten gambar dan teks sebagai deskripsi. Banyak orang yang mulai berani berdagang secara online lewat instagram, alasannya murah dan mudah.

Tantangan Jualan di Intagram
Membangun toko online di intagram itu memang mudah dan murah, tapi tantangannya cukup berat. Selain saingan banyak,-nyari follower juga susah~ iyaa susah. Follower = Calon Pembeli. Belum lagi memasarkan produk dan membangun kepercayaan konsumen,- weleh...weleh...

Nah, diperlukan langkah yang tepat agar toko online instagram laris manis di ranah pasar maya. Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan di Instagram.

1. Gambar
Karena instagram berbasis gambar, sudah seharusnya gambar/foto produk yang akan diupload dikemas secara menarik dan bernilai jual. Seseorang membeli atau tidak tergantung matanya~ iya mata yang melihat. Gambar mampu menyampaikan pesan tersirat dan mantra-mantra untuk mempengaruhi seseorang untuk membeli *eseeeehh. Sebaiknya gambar diolah agar terlihat seperti profesional.

Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online Instagram
Contoh ini diperagakan oleh saya sendiri :D
Misal, kita menjual pakaian,- mana yang lebih bagus gambar pakaian yang dihunger-in, dipakaikan ke manekin, atau yang diperagakan oleh model ? Jelas, lebih menarik gambar pakaian yang dipakai oleh model. Apalagi jika disetiap foto diberikan sentuhan skill fotografi.

2. Diskon/Promo
Sama seperti di mall-mall, buatlah penawaran menarik, "Khusus hari ini, pemesanan free ongkir"  atau "Pemesanan 2 item, dapatkan diskon 30%" dan sebagainya.

Diskon dan gambar menarik
Ada juga promosi lebih efektif, "Hayoo, follow akun ini, tag 3 teman kamu, dan mention @contohakunbajugaool, kita bagi-bagi 10 produk untuk 10 orang, Gratis!". Efek tag-tag-an nama teman dan follow2an bisa menjaring follower,- sekali lagi, follower = calon pembeli.

3. Promosi
Kebanyakan pihak penjual melakukan promosi di komentar pada akun-akun artis, atau akun terkenal lainnya. Bukan promosi sih, tapi spamming alias nyampah. Cara ini jelek~ iyaaa jelek.

Kalau memang bermodal, sebaiknya langsung promosi di akun-akun terkenal tersebut. Yah~ memang keluar biaya, tapi yang melihat iklan kita kan banyak. Sebagai pengguna instagram saya sudah sering lihat yang beginian. Efektif dan tepat sasaran!

4. Targetkan Konsumen Di Luar Pengguna Instagram
Biarpun hanya membuka toko online di instagram, target konsumen jangan pengguna instagram saja. Calon pembeli itu banyak lho, every single internet user! Jadi, cobalah rambah pasar yang lebih luas. Bagaimana caranya?

Untuk membangun sebuah toko online berbentuk situs atau blog akan sedikit ribet, apalagi jika pengetahuan kita minim. Pernah mendengar Shopious.com? Pada dasarnya Shopious adalah toko online, tempat berbelanja. Namun, Shopious membantu toko online instagram untuk mempromosikan barang agar online shopper non instagram dapat melihat produk kita.

Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online Instagram


Cara kerjanya mudah, Shopious mengambil foto-foto dari instagram dimana foto atau hashtag sering saling mengubur. Foto-foto akan dipilah tim Shopious ke dalam kategori yang benar dan ditampilkan di website Shopious.com. Untuk bisa mendapatkan fasilitas ini, kamu harus register dulu di Shopious.com.

Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online Instagram


Cukup menjanjikan untuk meningkatkan penjualan toko online instagram bukan? Shopious juga menyediakan artikel berbentuk tips, review dan promosi seputar fashion yang bisa kita temukan dalam inspirasi style.

Nah, ke-4 tips diatas dapat kamu jalankan dan menjadi pengetahuan awal bagi yang ingin membuat toko online lewat instagram. Semoga makin laris dan pendapatan semakin meningkat. Terimakasih yang sudah mampir.

Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online Instagram

8 komentar

click to leave a comment!

June 17, 2015 at 9:42 PM Delete comments

Instagram udah mulai menjadi Tren yak wah2 memang keren kalau pasang jualan di Intagram hahaha

Reply
avatar
June 18, 2015 at 3:22 PM Delete comments

ya asal gak spam aja kali ya...
wakakaaaa....

Reply
avatar
June 19, 2015 at 3:38 AM Delete comments

kalo ada shopious jadi asik gak perlu pusing liat tagar lagi

Reply
avatar
June 20, 2015 at 9:25 AM Delete comments

ow ternyata seperti itu yaa, tapi terkadang susah ingin menentukan produk apa yang bisa dijual

Reply
avatar
June 20, 2015 at 11:10 AM Delete comments

Wahhh,, info nya menarik,,, pengen juga jualan nih,, bantu ide donk jualan apaan yang laris di IG,,,

Reply
avatar
June 20, 2015 at 3:21 PM Delete comments

bg sabda jago marketing online nih kayaknya.haha..

Reply
avatar
June 25, 2015 at 10:36 AM Delete comments

wiih.. boleh juga nih di terapin tipsnya biar jualan online makin lancar :)

Reply
avatar