Thursday, July 23, 2015

Alasan Kenapa SEO Itu Penting Dari Sisi Personal

Alasan Kenapa SEO Itu Penting Dari Sisi Personal

Alasan Kenapa SEO Itu Penting Dari Sisi Personal,- Saya tau bahasan ini udah ngga asing ditelinga blogger. Mungkin bagi sebagian orang udah basi. Udah pada tau kalau alasan belajar SEO agar berada di page 1 search engine untuk dapat trafik tinggi. Tapi bukan itu yang mau saya sampaikan, saya membahas lebih dari sisi personal.

Pengertian SEO (Search Engine Optimation) adalah usaha yang dilakukan pada blog/situs dengan tujuan mendapatkan trafik melalui mesin pencari dengan memanfaatkan mekanisme kerja/algortima mesin pencari tersebut, biasa disebut optimasi SEO.

Sejauh apa usaha kita tampil di page 1 search engine ? Sebut aja google search si pencarian yang paling anyar. 0 persen? Sekedar nambahin meta tag di html atau tanam backlink di situs ber PR tinggi atau properties pada gambar? Ngga ada? Ya udah.

Blog Personal Ngga Peduli SEO
Kalau ngomongin blog personal, SEO di nomor sekiankan. Kalau ditanya kenapa? Jawabannya sederhana,- tujuannya ngeblog cuma untuk menyalurkan hobi aja. Yang penting nulis, share dan blogwalking. Cukup segitu aja~~ terus ditinggal tidur.

Siapa yang paling banyak menerapkan SEO?
Iya, memang kebanyakan yang menerapkan SEO adalah blog/situs dengan tujuan monetasi. Sementara, blog personal hanya sebagian kecil aja.

Kenapa Harus Belajar SEO

Hasil Key Search Buruk
Google adalah pintu terbesar agar blog dikunjungi visitor. Kita sendiri pun begitu, bingung sesuatu, cari tahu sesuatu, skripsian sesuatu,- googling aja deh. Sebagian besar orang menggunakan google search untuk melakukan itu. Lihat, betapa besar peluang kita, jika bisa tampil di page 1.

Ternyata kesempatan ini dimanfaatkan secara maksimal oleh blogger-blogger kotor dan jahat. Mereka memainkan SEO dengan sangat apik, sehingga terciptalah yang seperti ini :


Gambar di atas adalah hasil penelusuran google search dengan kata kunci "Anak SMA". Sedih? Iya, cedih... Kebayang kalau ada anak polos yang search pakai kata kunci itu? Sementara, untuk hasil 10 web teratas di page 1 ini udah mulai baikkan. Berisi daftar situs bermanfaat. Padahal, tahun-tahun sebelumnya, menghasilkan web-web berbau pornografi.

Oke, yang diatas adalah hasil memalui web. Bagaimana dengan pencarian berdasarkan gambar? Masih banyak yang ngga senonoh. Yeahh~ tugas kita menyingkirkan gambar-gambar ini. Caranya mengganti dengan gambar yang lebih baik melalui penerapan SEO pada gambar.
Alasan Kenapa SEO Itu Penting Dari Sisi Personal

Hasil Key Search Ngga Bermutu
Kalau bagian ini saya ngga nunjukin contohnya, tapi saya pernah mengalaminya. Pernah, saya search pakai keyword, hmmm... lupa. Tapi intinya, keyword itu dijadikan postingan dengan kata yang diulang-ulang dan diubah letaknya. Alhasil, saya ngga menemukan apa yang saya inginkan -__-".

Copas atau Copas diedit tapi mirip
Contoh yang lain, hasil copas dan copas diedit yang mirip aslinya. Kita memang ngga tau kapan dan siapa yang akan copas tulisan kita. Tapi, rasanya sakit kalau tau ternyata artikel copasan itu lebih tinggi di SERP ketimbang artikel aslinya. Nyesek? Iya!

Cuma 3 ini yang mau saya sampaikan. Mungkin dari blogger lain ada tambahan? Kita harus sadar bahwa SEO itu harus dipelajari lalu menerapkannya di blog kita. Monetasi bukanlah tujuan akhir dari optimasi SEO, melainkan hanya salah satu cara manfaat dari SEO itu sendiri.

Terimakasih yang telah baca tulisan ini. Datang kembali ya :D.

Alasan Kenapa SEO Itu Penting Dari Sisi Personal

11 komentar

click to leave a comment!

July 23, 2015 at 10:33 AM Delete comments

Banyak yang salah di artikan juga ya sama pengguna seo yang jorok atau keji -__-

Reply
avatar
July 23, 2015 at 11:03 AM Delete comments

menurut saya penting sekali penerapan SEO di blog personal sekalipun, salah satu tujuannya sudah disampaikan di atas, jangan sampai kata kunci yang tak bermutu yang muncul di mesin pencarian, selain itu untuk meningkatkan traffic blog juga sih hehe

Reply
avatar
July 23, 2015 at 11:12 AM Delete comments

ia,, semoga yang blog Personal mau juga nerapkan seo demim kebaikan di masa depan,,

Reply
avatar
July 23, 2015 at 11:29 AM Delete comments

Gw belajar SEO tapi ngak pinjter2 dan akhir nya ngak pern apake seo. Yang penting nulis, posting dan blogwalking

Reply
avatar
July 24, 2015 at 1:55 AM Delete comments

blogwalking nya itu lah penerapan dari SEO Offpage. cieeeee...

Reply
avatar
July 24, 2015 at 6:42 AM Delete comments

Hmmm, nggak terlalu memperdulikan SEO sama blog personal, soalnya nggak ngerti-ngerti

Reply
avatar
July 27, 2015 at 9:47 AM Delete comments

sepakat mas, saya juga mulai untuk menerapkan SEO mulai dari hal yang sederhana. Jadi sambil belajar juga melakukan. Supaya menyumbang artikel positif ke netizen

Reply
avatar
July 27, 2015 at 11:31 AM Delete comments

Iya nih sekarang udah mulai belajar SEO dikit-dikit, alasannya karna suka sebel kalo cari artikel tapi yang keluar kadang2 gak ada hubungannya sama kata kunci :(

Reply
avatar
November 28, 2016 at 5:35 PM Delete comments

SEO itu penting banget, apalagi kalau mau semakin dikenal hehehe

Reply
avatar
November 29, 2016 at 8:02 PM Delete comments

Nah iya bener juga.. baru nyadar pas baca ini. Keyword2 umum yg biasa dikonsumsi orang teryata malah ngasih sisi lainnya. Beneran bahaya buat ke depannya. -_-
Semoga banyak blogger yg sadar soal ini dan mau mengembalikan keyword sesuai maknanya.

Reply
avatar
December 2, 2016 at 7:42 AM Delete comments

wuah, iya sedih juga yaaa

dulu ada teman blogger, yang dia menggunakan judul dengan kata2 jorok, tapi isinya bermanfaat. tujuannya memicu pengguna google untuk membaca hal2 yang bagus, tobat2 dikitlah maksudnyaaa

ohya, salam kenal ya kak sabda

Reply
avatar