Tuesday, July 28, 2015

Cara Memaksimalkan Penjualan Online

Cara Memaksimalkan Penjualan Online Melalui Blanja.com
Ilustration : from many sources

Cara Memaksimalkan Penjualan Online,- Sekarang orang berbondong-bondong jualan online. Iya sih, banyak hal yang dijadikan alasan kuat kenapa harus buka lapak dagangan di ranah digital. Diantaranya :

  • Biaya operasional murah, mulai dari sewa toko diganti dengan sewa hosting, biaya listrik/air diganti dengan PC/laptop, 
  • Toko buka 24 jam
  • Calon konsumen dari seluruh Indonesia
  • Bahkan kalau status kita sebagai Reseller, barang ngga mesti ada ditangan duluan
  • dan lainnya

Tapi, dibalik janji manis toko online ini, terselip pula "ancaman" besar apalagi bagi mereka yang "pemula" dalam berdagang online. Bisa-bisa, baru aja toko onlinenya dibangun, udah jatuh duluan -_-".

Yang dagang online itu banyak. Banyak banget malah. Jadi, diantara ribuan toko online yang ada,  bagimana agar toko kita dikenal dan dikunjungi ?

Saingan banyak. Mereka yang udah merintis duluan memiliki fasilitas, kepercayaan dan adventage lebih yang ditawarkan kepada konsumen. Kita punya apa?

Toko online masih baru, belum ada testimonial apalagi histori penjualan, bagaimana membuat konsumen percaya?

Pemain lama punya ilmu yang mumpuni. Dimulai dari penguasaan teknologi digital, strategi promosi online, perencanaan, pembangunan website dan lainnya. Kita udah berbekal apa?

Tentu hal-hal diatas harus bisa dihindari terlebih lagi bagi Pemula. Untuk tetap survive, penjual dituntut bermain aman dan cerdik. Salah satu cara yang saya rekomendasikan adalah menggandeng e-commerce yang sudah besar dan terkenal. Dengan begini, ancaman-ancaman diatas dapat kita atasi.

Salah satu e-commerce yang saya maksud adalah blanja.com. Selain sebagai toko online, Blanja.com juga menyediakan jasa buka toko bagi yang ingin menjadi seller. Dengan menggandeng eBay dapat dipastikan bahwa online shop yang satu ini berkualitas dan berpengalaman. Kita tau bahwa eBay merupakan salah satu situs jual beli sukses di dunia yang didirikan tahun 1995 oleh Pierre Omidyar.

Blanja.com


Seberapa bagus blanja.com dalam menjaring konsumen?
Yang kita cari adalah konsumen. Maka, sebelum membuka toko online di e-commerce, pastikan pula e-commerce tersebut mampu menjaring konsumen untuk membantu meningkatkan penjualan.

1. Tampilan Situs
Untuk tampilan PC sangat user friendly dengan tombol navigasi yang mudah serta tampilan yang menarik.
Blanja.com
Tampilan situs

Untuk akses secara mobile, blanja.com sudah menggunakan tampilan mobile pula. Hal ini untuk memudahkan para pengguna samrtphone/tablet dalam mengakses. Kan sekarang tau, jika user (pengguna internet) lebih banyak browsing melalui gadget.

Blanja.com
tampilan mobile


2. Belanja mudah
Pembeli sangat diberikan kemudahan dalam berbelanja. Dimulai dari memilih produk, potongan harga, hingga proses pembayaran.

3. Iklan
Blanja.com memasang iklan melalui jaringan Google Adwords guna mendapatkan pembeli yang lebih banyak. Termasuk iklan facebook yang saya screenshoot dibawah ini.


Blanja.com
iklan

Bagimana cara membuka toko di blanja.com?
Untuk membuka toko di blanja.com caranya cukup mudah. Ada 2 jenis toko yang ditawarkan, yaitu Toko Bisnis adalah penjual yang memiliki entitas bisnis legal, bisa dikatakan sudah menjadi perusahaan. Jika tidak, maka dapat memilih Toko Individu adalah penjual yang ngga memiliki entitas legal, kebanyakan penjual online masuk kategori ini.

Syarat yang diajukan pun cukup mudah, untuk Toko Individu hanya membutuhkan :

  • Fotokopi identitas
  • Fotokopi NPWP (jika ada)
  • Fotokopi Rekening Bank
  • Surat pernyataan (jika rekening bank bukan nama sendiri)
Biaya Membuka Toko Gratis!
Benar, ngga ada dibebankan biaya apapun untuk Penjual. Kan asyik, ngga perlu pusing mikirin biaya wajib yang biasanya disetor setiap bulan. Faktanya, biaya hanya dikenakan pada saat terjadi transaksi jual-beli. Sangat membantu banget sistem begini.

Detail biaya setiap transaksi sebagai berikut: 
  • untuk nilai transaksi sampai dengan Rp. 99,999: 10% dari nilai transaksi 
  • untuk nilai transaksi antara Rp. 100,000 – 399,999: 5% dari nilai transaksi 
  • untuk nilai transaksi diatas Rp. 400,000: 3,5% dari nilai transaksi 
  • untuk biaya penanganan logistik terhitung 10% dari biaya kota tujuan pengiriman
Kesimpulan
Membuka toko online ngga hanya menjanjikan banyak keuntungan, melainkan memiliki tantangan besar dalam membesarkan nama toko. Diperlukan strategi yang tepat agar penjualan secara online dapat berjalan sesuai harapan. 

Bagi pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di toko online disarankan menggandeng perusahaan besar dan terkenal. Salah satu yang dapat dijadikan pilihan adalah Blanja.com.

Sekian tulisan saya tentang cara memaksimalkan penjualan online, semoga membantu.


3 komentar

click to leave a comment!

August 13, 2015 at 9:48 PM Delete comments

sepertinya menjanjikan nih jual beli di blanja.com :)
tak cobain nanti

Reply
avatar
August 13, 2015 at 9:49 PM Delete comments

pertamax tak amankan dulu hehehe..

Reply
avatar
August 28, 2015 at 3:39 PM Delete comments

Kala saya mending tak buka usaha online store sendiri. Lapak punya sendiri gak banyak aturan ribet, hehe..

Reply
avatar