Monday, July 6, 2015

3 Hal Yang Terjadi Kalau Ngga Ngepost Beberapa Waktu

3 Hal Yang Terjadi Kalau Ngga Ngepost Beberapa Waktu


3 Hal Yang Terjadi Kalau Ngga Ngepost Beberapa Waktu,- Berapa rekor terlama ngga ngepost selama blogging? Seminggu ? Sebulan ? Ada juga yang setahun -___-". Kita ngga mau hal ini terjadi, tapi terjadi juga. Kok bisa ya? Padahal ini sesuatu yang ngga diinginkan. Memang ngga ada institusi tertentu yang menuntut seorang blogger harus tetap konsisten ngepost. Tapi yang namanya blogger harus tetap menulis.

Saya udah 6 hari ngga ngepost. Alasannya klasik, antara kehabisan bahan atau ngga ada ide. Permasalahan yang sama dihadapi banyak blogger lainnya. Mungkin termasuk kamu.

Hal yang paling sedih ketika ngga ngepost itu...khawatir mengecewakan pembaca blog ini  trafiknya turun. Kalau posting tulisan view-nya bisa sampai 400, kalau ngga ngepost cuma 200-an. Kemarin trafik terdalam yang dihadapi sabdaawal.com, hanya 170-an views. Ditanya sedih? Iya, saya ceediiih sekali T_T.

Meski begitu saya tetap bahagia. Nilai Alexanya terus mengecil meski trafiknya turun. Dalam minggu ini, dari 2.500.000-an jadi 1.600.000-an. Misi saya, blog ini bisa mengantongi nilai dibawah 500k-an. Sementara puncak kejayaan yang pernah saya capai (yang sebelumnya iba.web.id) di 100k-an.

Ini hal yang terjadi jika kita ngga menulis selama beberapa waktu versi saya.

Trafik Turun
Bagi saya ini pasti. Apalagi sebagian trafik didukung dari hasil blogwalking. Saya kalau ngga posting, maka saya ngga BW-an.

Makin Malas Nulis
Menunda menulis. Dibalik penundaan itu munculah sifat malas. Makin lama menunda, makin malas pula jadinya :v.

Kaku Menulis
Untuk tetap bisa menulis dengan racikan kata yang apik dibutuhkan konsistensi. Semakin sering menulis, maka semakin mudah menulis. Jika masa hibernasi menulis berlangsung lama, dapat dipastikan jemari ini kesulitan menari di atas keyboard.

Inilah 3 hal yang saya alami. Bagaimana dengan kamu?
***
Tulisan ini saya buat agar blog ini tetap update.

12 comments :

  1. setujuuu...!
    Trafik turun jelas, males nulis apalagi, kaku.. :') ini susah loh balikin keluwesan nulis. Jangan sampai berhenti yaa...

    ReplyDelete
  2. Ga pernah ngerasain sepi ide dan kaku nulis sih. Soalnya ga ngeblog biasanya krena kuota internet terbatas (fakir kuota, zakat kuota plis) ahahaha. Klo trafik turun jelas drastis sekali ahaha

    ReplyDelete
  3. Blogging saya berawal dari hobi hingga sekarang alhamdulillah gak bosen karena ada selingan yg lain.

    ReplyDelete
  4. Lebih seringnya ada ide tapi susah ngembangin tulisannya biar kece. Kalo udah gitu, draft numpuk di blog tapi gak diposting juga... hiks.

    ReplyDelete
  5. saya pernanh nganggur sebulan, blognya langsung lumutan, sekarang gak mau gitu lagi, minimal satu postingan dalam seminggu

    ReplyDelete
  6. yang pasti bikin susah lagi adalah malas nulis, walau ada ide kalau udah ketemu yang namanya malas tetap aja akan nihil hasilnya....dan itu akan merugikan sekali ya gan...ok makasih pencerahannya.

    ReplyDelete
  7. Sekali malas nulis, biasanya bisa bikin jadi kelewatan malas nulis terus. :D
    Kalau soal trafik, asalkan sumbernya bukan dari BW meski ditinggal gak update biasanya masih bisa tetap stabil.

    ReplyDelete
  8. Biasanya waktu libur lebaran nih yang bikin vakum menulis hahaha

    ReplyDelete
  9. Aku udah lama banget gaposting :(

    ReplyDelete
  10. Bener bingit, gak posting traffic turun, ya mudah-mudahan kita semuanya tetep bergairah untuk tetap menulis, sehingga terus bisa terlatih dan terlatih dan terlatih, yang ujung-ujungnya kita menjadi manusia yang produktif, amin... :) Hidup menulis! :)

    ReplyDelete
  11. Setuju banget, bikin makin buntu ide2 nya

    ReplyDelete