Sunday, July 12, 2015

Memasak Lontong Praktis : Lontong Adabi

Memasak Lontong Praktis : Lontong Adabi

Memasak Lontong Praktis : Lontong Adabi,- Tak terasa lebaran tinggal menghitung hari. Udah bikin persiapan belum? Persiapan kekuatan hati ketika diberondong dengan pertanyaan "kapan nikah?". Kalau saya sih kuat. Masalahnya, orangtua saya belum kasih izin menikah. Ya udah, belum dapat izin, artinya saya terus single tanpa PDKT dengan gadis manapun.

Jika dapat izin, cap cus langsung nyari jodoh dengan perkenalan singkat. Cocok, datangi orangtua si gadis, naiklah ke pelaminan. Lha, ini kok ngomongin nikah ya? *skip

Menu hidangan lebaran sepertinya menjadi sesuatu yang wajib. Kalau saya pulang kampung, saya selalu minta gulai daun ubi tumbuk, ikan asin, dan sambal belacan. Cukup itu saja. Sementara kaka saya memasak arsik (makanan khas dari Tanah Karo). Bagaimana dengan ibu dan bapak sekalian?

Salah satu makanan familiar di lebaran adalah lontong. Mau itu lontong sayur ataupun lontong bumbu kacang. Di beberapa daerah lontong menjadi menu yang wajib ada.

Membuat lontong butuh waktu lama. Ditambah lagi masaknya harus mahir. Kalau ngga, lontong jadi jemek (lembek) ataupun keras. Sementara, yang kita butuhkan adalah lontong yang pulen dan enak.

Beberapa waktu yang lalu teman saya memperkenalkan lontong Adabi. Saya curiga dengan lontong berkemasan plastik dan modern ini. Saya khawatir rasanya beda sama lontong yang biasa saya makan.

Kalau ngga, lontong jadi jemek (lembek) ataupun keras. Sementara, yang kita butuhkan adalah lontong yang pulen dan enak.

Saya dikasih cuma-cuma. Katanya sih harganya Rp 8.000 untuk kemasan isi 130gr. Ada 2 bungkus lontong Adabi didalamnya. Saya disarankan memasak lontong ini. What?


Memasak Lontong Praktis : Lontong Adabi
Penampakan wujud lontong Adabi


Saya khawatir rasanya beda sama lontong yang biasa saya makan.
Sebagai anak kos saya bingung mau masak dimana dan pakai apa. Masak pakai kekuatan matahari di atas piring kaca? Dipentunjuk memasak, lontong plastik ini harus dimasak didalam tempat yang bisa menenggelamkan si lontong selama 60-90 menit. Berarti butuh priok atau dandang. Sekalian sih sama kompor dan gas-nya :D.

Oke, akhirnya saya bereksperimen masak lontong pakai ricecooker. Semoga aja berhasil T_T.

Isinya 2, tapi yang 1 udah saya masukkan ke rice cooker
Memasak Lontong Praktis : Lontong Adabi
Isi-nya 2 lhooo

Isi air sampai lontong adabi tenggelam. Masukkan lontong adabi berikut plastiknya. 
Tenang aja, dibungkus dengan plasti H.D.P.E yang tahan sampai suhu 106 C.
Masak dalam rice cooker 60-90 menit. Rice cooker dalam kondiri cook bukan warm!
Memasak Lontong Praktis : Lontong Adabi
sampai tenggelam. Rebus sama plastiknya


Ini udah masak. Dinginkan sampai 3 jam-an yaa~
Memasak Lontong Praktis : Lontong Adabi
Dinginkan sampai 3 jam

Taraaattt. Lontong Adabi siap dihidangkan. Harus saya akui kalau tekstur dan rasa sama dengan lontong dagangan ibu sebelah lho.
Memasak Lontong Praktis : Lontong Adabi
dipotong-potong. teksturnya mantap


Hidangkan sesuai selera. Kebetulan, saya suka sate padang, jadi saya siram pakai bumbu sate padang.
Bumbunya beli lho, bukan bikin sendiri -___-
Memasak Lontong Praktis : Lontong Adabi
dihidangkan dengan cantik

Lihat, anak kos seperti saya bisa masak lontong enak nan praktis. Apalagi ibu-ibu dirumah, pasti lebih mudah lagi. Kebetulan udah dekat lebaran nih, Lontong Adabi bisa dijadikan pilihan menu makanan.

Kesimpulan

  1. Saya single dan ngga PDKT dengan siapa pun
  2. Lontong alias Ketupat Nasi Adabi murah,- yang isi 2 harganya Rp 8.000 untuk 4 orang.
  3. Masaknya mudah. Pakai rice cooker ataupun direbus pakai kompor, cuma butuh 60-90 menit.
  4. Dijamin, tekstur dan rasa sama dengan lontong yang biasa dimakan.
Sekian review Lontong Adabi ini. Selamat mencoba yaaa~~

6 komentar

click to leave a comment!

July 12, 2015 at 11:57 AM Delete comments

Praktis dan gak perlu repot-repot tiap beberapa menit sekali nyiram air ke wajan besar ya bang, hehehe..

Reply
avatar
July 12, 2015 at 5:42 PM Delete comments

Sajian lontong dalam kemasan berbeda, bisa jadi solusi masak praktis buat yang gak sempet bikin lontong sendiri...

Reply
avatar
July 12, 2015 at 8:23 PM Delete comments

dan lontong pun sekarang di kemas, bener2 kemajuan zaman hehe, yang penting aman ya bagi kesehatan

Reply
avatar
July 13, 2015 at 6:14 AM Delete comments

Keren ni lontong adabi, mau la sikit
Hehehe..
Untuk tulisan oke la pelan2 bakal mantap, untuk posisi tulisan, bisa tuh dibuat rata penuh biar keren

Reply
avatar
July 14, 2015 at 2:04 PM Delete comments

Aku nggak pernah bikin lontong, susah sepertinya.
Nah ini kok gampang banget ya, tinggal masak aja di rice cooker, jadi deh. Praktis banget :)

Reply
avatar