Tuesday, July 21, 2015

Optimasi SEO Pada Gambar

Optimasi SEO Pada Gambar,- Selama ini kalau searching di google pasti fokus ke "web"-nya kan? Karena Google memang meletakkan tab "Web" sebagai halaman utama ketika melakukan pencarian. Begini contohnya.

Optimasi SEO Pada Gambar
Tab Web

Pernah terpikir jika pengguna internet juga searching lewat tab "gambar" ? Ngga ada bedanya tuh  tab "web" dengan tab "gambar". Keduanya sama-sama menjanjikan trafik tinggi. Jadi, tulisan kali ini adalah cara menampilkan gambar pada posisi teratas di google image search melalui optimasi SEO pada gambar. Mari belajar SEO.

Optimasi SEO Pada Gambar
Tab Gambar

Coba deh  cari di google pakai keyword "masak lontong praktis", terus cari melalui gambar. Kira-kira gambar dari blog saya ada atau ngga? Kalau saya search lewat laptop saya, gambar saya mucul di atas. Khawatir karena efek cookies browser, saya lakukan pencarian di komputer lain, hasilnya tetap saya,- gambar saya muncul di atas.

Baiklah, ini dia Optimasi SEO yang harus dilakukan.

1. Berikan nama gambar sesuai keyword yang dituju
Pas nyimpan file gambar di komputer, kasih nama sesuai keyword yang dituju. Kalau namanya udah ada, tinggal di rename aja sesuai keinginan. Biasanya kalau malas, kita akan kasih nama "aaa"  pada file gambar? Benerkan? Jangan pernah lakukan itu lagi.

Komputer ngga bisa menyimpan dengan nama yang sama. Terus, gimana kalau gambarnya lebih dari satu? Sejauh yang saya praktikan, saya tetap menggunakan keyword yang sama dengan menambahkan angka dibelakangnya. Misal, gambar-gambar yang ada di tulisan ini, saya kasih nama, gambar 1: optimasi seo pada gambar, gambar 2 : optimasi seo pada gambar 1, gambar 3 : optimasi seo pada gambar 2, dan seterusnya.

Optimasi SEO Pada Gambar
Memberi nama file itu penting

2. Tambahkan properties gambar
Yang orang-orang jarang tahu tentang ini. Padahal properties yang agaknya mengambil peran penting dalam optimasi SEO pada gambar.


Optimasi SEO Pada Gambar
menu pada gambar

Pada saat gambar udah di upload di postingan, coba klik gambar tersebut, maka muncul banyak pilihan. Mengatur ukuran gambar: small, medium, large,- posisi gambar : left, center, right,- caption,- properties,-remove.

Nah, properties itu yang harus diisi sesuai dengan keyword yang dituju.



Optimasi SEO Pada Gambar
Isi properties sesuai keyword

Sejauh ilmu saya, cuma 2 hal ini yang harus dioptimasi pada gambar agar muncul di paling atas google image search. Saya lagi nunggu-in, gambar-gambar di postingan ini muncul teratas (padahal saingannya banyak -__-"). Biasanya butuh waktu untuk terindex. Selamat mencoba ya.

Optimasi SEO Pada Gambar

8 komentar

click to leave a comment!

July 21, 2015 at 11:17 AM Delete comments

keren nih,,perlu dipelajari,,,terima kasih tipsnya mas....

Reply
avatar
July 21, 2015 at 9:23 PM Delete comments

Bener juga optimasi di gambar ya... biar ikut terindex. Cakep tipsnya ini :D

Reply
avatar
July 21, 2015 at 10:29 PM Delete comments

alhamdulillah, saya selalu menerapkan cara ini :) yang terpenting alt pada gambar jangan sampai kosong :)

Salam,
Virmansyah
www.virmansyah.info

Reply
avatar
July 22, 2015 at 10:30 AM Delete comments

saya suka lupa kasih nama di Alt text padahal itu penting untuk SEO gambar ya, temen udah ngasih tau juga sih tapi ya itu suka kelewat

Reply
avatar
July 24, 2015 at 10:08 AM Delete comments

wak, baru tau ini ternyata ._.

Reply
avatar
July 27, 2015 at 9:26 AM Delete comments

siap untuk dipraktikkan mas. Terima kasih..
Saya sulit komentar dengan OPENID : http://sandibrand.com, jadinya masuk pakai akun google+ aja

Reply
avatar