Friday, November 25, 2016

Cara Membuka Rekening Saham

CARA MEMBUKA REKENING SAHAM


Cara Membuka Rekening Saham,- Saya sudah memulai saham sejak 6 bulanan yang lalu. Sebenarnya antara penasaran dan berekperimen. Saya yakin banyak orang yang sangat awam tentang saham. Yang mereka tau "main saham", padahal dari istilah saja sudah salah karena yang benar adalah "trading saham". Kalau mau "main" ya main-in hati 💔💔 aja, sementara sahamnya diserius-in.

Kenapa harus saham? Sepertinya artikel kali ini tidak akan bahas itu. Untuk istilah-istilah dalam dunia saham, pendahuluan, apa untungnya dan artikel pengenalan lainnya akan saya tulis dilain waktu. Saya mau bahas langkah awal membuka rekening saham. Kenapa harus punya rekening? Jika tidak punya maka sama sekali tidak akan bisa trading saham.

Sekarang untuk bisa bertransaksi di pasar modal Indonesia tidak butuh modal yang besar. Bisa dimulai dari Rp 100.000 saja. Fasilitas ini diberikan perusahan sekuritas seiring kampanye pemerintah "Yuk Nabung Saham". Saya sarankan jika ingin menabung, maka tabunglah sebagian di perusahaan sekuritas,, Uang di bank mentok (tidak berkembang), sementara di sekuritas bisa dibelikan saham yang akan membuat uang kamu tumbuh.

Sama halnya seperti rekening tabungan yang dibuat di bank. Sementara, rekening saham dibuat di perusahaan sekuritas. Mungkin kamu pernah dengan Mandiri Sekuritas, BNI sekuritas, Daewoo Sekuritas, Sabda Awal, dan banyak lainnya. Sabda Awal bukan perusahaan sekuritas *terus ngapain ditulis? Oh ya, yang pakai embel-embel nama bank seperti Mandiri/BNI sekuritas, itu adalah sekuritas. Pokoknya kalau ada kata sekuritas berarti untuk buka rekening saham.

Dalam memilih perusahaan sekuritas, ada kreterianya. Dilihat dari bobot, bebet, dan tit*tnya 😂. Astagahhh saya saya tulis. Indikator itu namanya MKDB (Modal Kerja Bersih Disesuaikan), setiap Perusahaan Efek wajib memiliki MKBD sekurang-kurangnya 25 (lima) miliar rupiah atau 6.25% dari total Kewajiban dan wajib dilaporkan kepada Bapepam-LK setiap hari.

Adapun refrensi MKDB bisa cek di situs BEI atau bareksa. Beberapa top Perusahan Sekuritas yang saya tahu Mandiri Sekuritas, Mandiri Sekuritas Syariah, Panin, Samuel dan Daewoo.

Saya senddiri membuka rekening saham di Phintacro Sekuritas. Kenapa diperusahan ini? Diawal saya searching tentang saham, ketemu blog personal yang bahas perusahaan yang satu ini. Akhirnya saya daftar secara online, hampir 2 bulanan juga baru selesai. Padahal MKDB-nya rendah *saya baru cek setelah paham MKDB. Sampai sekarang masih pakai Phintacro.

Jadi harus pilih yang mana?
Tidak ada paksaan pilih siapa. Saya atau dia sama baiknya. Tanyakan hatimu, jika saya ada dalam hatimu, pilih saya 👨. Jika tidak, pilih dia. Done!


Biar tidak meribetkan diri sendiri, carilah perusahaan sekuritas yang ada di wilayah kamu. Datang kesana bawa copy-an KTP, NPWP, dan buku tabungan. Jika kurang yakin, kamu dapat seraching dulu untuk persyaratannya. Sehari kelar. Kalau online, mungkin butuh waktu beberapa minggu.


Jika ada pertanyaan lanjutan atau request  artikel tentang saham silahkan hubungi polisi saya saja. Nanti akan saya usahakan tulis dengan penuh rasa cinta 💙.

6 komentar

click to leave a comment!

November 27, 2016 at 2:51 AM Delete comments

makasih sharingnya, memang banyak yang belum tahu dan masih banyak yg punya ketakutan sendiri kalau mau bersaham

Reply
avatar
November 27, 2016 at 9:30 AM Delete comments

Sebelum saya membuka rekening saham yah berarti saya teh harus paham dulu tentang saham,,, puyeng saya mang kalau urusan saham - sahaman,, XD

Reply
avatar
November 27, 2016 at 9:50 AM Delete comments

Baru tahu ada tabungan saham, selama ini cuma ngerti trading saham, itu saja cuma tahu istilahnya saja .
Berkenaan dengan membuka rekening, agak susah bagi saya orang awam.
Info yang bermanfaat

Reply
avatar
November 27, 2016 at 6:30 PM Delete comments

Saya beberapa waktu lalu, di acara santripreneur (meski saya bukan santri), ikut acara talkshow tentang saham. tapi sampai sekarang saya masih belum tertarik :D

Reply
avatar
December 14, 2016 at 6:51 AM Delete comments

ada yaa tabungan sahaam... katrok bgt yaa baru tahu.. hee
suplemenfitnes

Reply
avatar
December 28, 2016 at 10:12 AM Delete comments

Sy pernah berminat bermain saham, hanya saja saya kurang begitu mengerti cara mengelolanya. Kemudian saya ambil kesimpulan kalau mau invest, sy cendrung ke yang ril saja, jelas dan langsung tampak siapa owner dan operasional usahanya...

Entah kalau nanti.m

Reply
avatar