Saturday, December 10, 2016

Beginilah Uniknya Jam Tangan Batik




Beginilah Uniknya Jam Tangan Batik,- Kita patut berbangga atas batik yang kini menjadi ikon Indonesia di mata dunia. Warisan nenek moyang, yang kini terawat dengan baik ini menjadi simbol kebesaran bangsa. Hari Batik pun diciptakan sebagai momen selebrasi penghormatan atas harta pertiwi.

Cakep kan kalimat prolog diatas. Ecieeee, saya kan mantan penulis abal-abal yang gagal.

Pertama kali mengenal batik saat saya balita. Motif batik itu tertoreh dengan baik pada jarik/kain gendong yang digunakan ibu untuk menggendong saya. Pada kesempatan lain, saya jumpai pada kemeja dan sarung.

Saat itu, batik masih dipandang sebelah mata. Masyarakat menganggap batik sesuatu yang tua dan tak modern untuk digunakan sehari-hari. Tapi, sekarang bisa kita lihat bagaimana batik menjadi ikon istimewa. Terimakasih masyarakat dan pemerintah. I Love U.

Saya kurang tahu sejarah batik. Tapi, ia lahir dari pulau yang bernama Jawa. Kemudian ia berkembang menjadi milik nasional. Dengan teknik asli untuk membuatnya, kini berbagai daerah melahirkan motif sendiri sesuai ciri khas masing-masing. 

Dengan sangat mudah kita temukan batik dimana-mana. Tapi perlu diketahui kalau batik itu adalah seni melukis diatas kain dengan menggunakan malam melalui teknik lukis tangan atau cap.

Ada 3 kata kunci untuk mengatakan bahwa karya itu adalah BATIK :
1. Kain
2. Malam
3. Teknik lukis tangan atau cap

Tanpa 3 hal ini, maka tidak dapat disebut sebagai batik.

Sementara, diluarsana banyak  kita temukan hanya sekedar MOTIF batik, yang bahkan pembuatannya bukan dengan malam dan didesain oleh sentuhan mesin pabrik. Makanya harga pakaian tersebut begitu murah, karena bukan batik, melainkan hanya bermotif batik.

Kreasi batik dapat ditemukan pada pakaian, sarung, seprai, gorden, dan lain sebagainya. Pada barang barang-barang tersebut, mungkin sudah cukup mainstream. Tetapi yang menarik perhatian saya adalah jam tangan batik. Seperti gambar pertama diatas, straps jam tangan tersebut terbuat dari batik, dengan pola dan motif indah nan beragam. Bayangkan ketika jam tangan itu disematkan ke pergelangan tangan. Waduhhhh, super cakepppp!!!

Nah, pada artikel kali ini saya akan review jam tangan batik unik dengan kualitas premium. Saya sudah menggunakannya dan worth it banget. Simak video kece satu ini.




Meskipun kamu kurang suka dengan jam tangan, tapi saya jamin kamu akan tertarik setelah menonton video diatas. Apalagi yang hobi jam tangan 😍, pasti pengen beli.

First Meet
Jam tangan batik bermerk Wish ini pertama kali saya temukan di toko online Blibli.com. Ternyata saya terdampar di page khusus edisi #BlibliGaleriIndonesia yang menjual produk buatan Indonesia. Saya kira ini sangat baik, karena Bliblik ikut memfasilitasi dalam hal kampanye produk lokal. Dalam halaman ini semuanya 100% produk kreatif Asli Indonesia.

Yang bisa kamu temukan disini :
⇨ Galeri Batik Indonesia
⇨ Galeri Buku & Musik Indonesia
⇨ Galeri Kriya Indonesia
⇨ Galeri Kuliner Lokal Indonesia
⇨ Galeri Local Brands Indonesia
⇨ Galeri Pakaian Muslim Indonesia
⇨ Galeri Produk Kecantikan
⇨ Galeri Tiket & Travel Lokal Indonesia
⇨Galeri Workshop

Jika menyoal produk lokal, sebenarnya punya kita tidak kalah dengan produk asing. Sudah cukup banyak produk kreatif 100% Indonesia yang mendunia. Namun, untuk dikenal oleh bangsa sendiri, kita masih perlu kampanye lebih luas. Setiap orang hendaknya berkontribusi baik promosi maupun menggunakan produk lokal. Contohnya, saya ikut menggunakan dan kampanye dengan menulis ulasan jam tangan batik ini, hehe 😀. 

Pemesanan jam tangan WISH pada Blibli.com


Ada 3 kesan menarik ketika pertama kali belanja di Blibli.com. Cerita ini saya jadikan spoiler, karena fokus utama adalah review produk. Opps, iya saya pertama kali 😂 berbelanja di toko online ini. Klik untuk membaca.



WISH: Jam Tangan Batik
Jam tangan bermerk Wish ini asli buatan Indonesia. baik jam maupun straps-nya. Saya beli di Blibli.com. Dalam penantian yang agak lama karena saya order ketika hari libur, akhirnya tanggal 16 Desember jam tangan tersebut mendarat cantik ke pangkuan saya.

Sebagai jam tangan batik ekslusif pertama di Indonesia, WISH menghadirkan jam tangan dengan motif yang berbeda dan unik. Tidak akan ada jam tangan yang identik satu dengan lainnya, tidak ada yang ingin berjalan dalam suatu ruangan dan menemukan seseorang yang memakai jam tangan sama persis seperti mereka, dengan WISH, kamu semua istimewa. (www.wishyourwatch.com)


Unboxing. Kesan pertama sebelum melihat isi box, saya sudah tertarik dengan box kayu yang membungkusnya. Kotak ini terkesan sangat eksklusif. Sepertinya WISH benar-benar memberikan pengalaman menarik terhadap jam tangan besutannya. Di atas box terukir motif batik dan logo WISH. Adapun isi box adalah jam tangan, 1 straps kulit, note kecil, buku garansi, kartu ucapan terimakasih dan papan nama identitas jam.






The Watch. Saya baru menyadari ternyata jam ini cukup tipis, sekitar 7-8 mm, begitu juga dengan straps-nya sekitar 2-3 mm. Saya yang terbiasa menggunakan jam dan straps tebal jadi agak berbeda rasanya.

Pada bagian atas, angka penunjuk waktu diwakilkan garis logam berwarna silver. Dengan logo WISH di penunjuk ke-12 dan kata "WISH" di penunjuk 3. Jam tangan ini terlihat sangat simple tanpa meninggalkan kesan ekslusif. Seandainya WISH memberikan fitur tanggal pasti jam ini akan terlihat lebih menawan, sayangnya hal tersebut tidak ada.



Pada bagian bawah jam terukir motif khas logo WISH dengan tulisan "Proud Of Indonesia". Jam ini didesain untuk tahan terhadap pemakaian sehari-hari dengan tingkat ketahanan air 5ATM. Meskipun begitu saya tidak akan mencoba bermain air ketika menggunakan straps batik 😁. Masa hidup batrai bertahan dua sampai lima tahun, sementara itu garansi berlaku selama dua tahun.


The Straps. Sebenarnya keunggulan WISH terletak pada strapsnya. Pertama straps batik asli dan kedua adalah straps yang bisa digonta-ganti. Yups, saya kagum dan jatuh cinta dengan konsep yang ditawarkan. Kita dapat mengganti straps dengan mudah. Semacam, klik-copot, klik-pasang. Hanya butuh beberapa detik saja untuk mengganti ke straps yang lain. Selain itu WISH menawarkan straps yang dapat dibeli secara terpisah. Dengan begini seolah-olah kita punya jam baru terus ya 😂. Ganti straps pada setiap momen yang berbeda.



Pada saat pertama beli. Arlogi ini dibekali 2 straps yaitu batik dan kulit, dengan straps batik yang sudah terpasang. Perlu diketahui bahwa WISH mengklaim straps batik tidak ada yang identik sama. Masing-masing berbeda dan istimewa. Straps batiknya memang terbuat dari kain. Masing-masing straps tebalnya sekitar 2-3 mm. Sementara straps kulitnya sama seperti pada umumnya.

Strap yang dapat dibeli terpisah


My Comment
Hingga hampir selesai menulis artikel ini, saya masih terkesan dengan box kayu yang dibalut dengan pita cantik. Saya suka bagaiman Wish memberikan kesan pertama.


Untuk jam tangan yang saya pilih cukup tipis dengan jumlah penunjuk angka waktu 12 buah. Straps nya juga tipis. Saya coba gunakan di tangan kiri, tapi terlihat seperti jam tangan wanita. Ketika saya pindahkan ke lengan kanan yang lebih besar (dari lengan kiri saya) barulah terlihat keren. Akan lebih baik jika WISH menebalkan arlogi agar lebih cocok digunakan pria.

Basicly, jam WISH keren dan saya suka 😍

Arlogi ini saya gunakan untuk melengkapi style sehari-hari *ecieee. Cocok dipakai disetiap moment, kecuali olahraga. Jam tangan ini juga cocok dipadu dengan pakaian apa saja. Dengan catatan, kalau pakai baju batik, usahakan yang warnanya senada.




Tips
Karena ini beli online, agak susah sih sebenarnya menentukan mana yang cocok untuk kita. Sama halnya dengan sepatu ataupun pakaian, khawatir ukuran tidak pas, warna tidak sesuai dan cocok tidaknya ketika digunakan. Jauh berbeda jika beli offline, karena kita dapat langsung mencobanya. Merasa cocok, maka barang yang diinginkan pun dibeli.

Begitu juga dengan memilih jam tangan online. Pada dasarnya jam tangan dengan harga lumayan itu memang bagus dan keren. Tapi apa yakin yang kamu pilih cocok dengan pergelangan tangan ? Beli offline pun kita butuh mencoba beberapa kali untuk meyakinkan diri sendiri "Eh, ini bagus ngga ya saya pakai".Karena saya paham soal beginian, makanya tips saya tuliskan, agar ketika membeli tidak kecewa.

Pada dasarnya, barang tersebut pasti bagus, hanya saja soal cocok tidak cocok ketika digunakan seseorang.

Begitu juga dengan jam WISH. Menurut saya pribadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Arlogi yang memiliki penunjuk angka 12 buah lebih tipis daripada yang 4 buah.
  • Untuk wanita, semua jam WISH cocok dipakai pada pergelangan tangan. Alasannya, straps nya tipis.
  • Untuk pria, jika memiliki pergelangan tangan kecil, sebaiknya pilihlah arlogi warna hitam. Jika pilih yang putih nanti terlihat seperti jam tangan wanita. Sementara itu, yang memiliki pergelangan tangan besar bisa pakai yang putih atau hitam. Saya sendiri membeli yang putih dan digunakan pada tangan kanan. 

Kesimpulan
Wish hadir sebagai salah satu produk batik antimainstream dalam bentuk jam tangan asli buatan Indonesia yang dapat digunakan untuk melengkapi kebutuhan fashion sehari-hari. Bangga menggunakan produk asli Indonesia di Toko Online Blibli.com. Happy Watch Day!!!

Style With WISH Watch

38 comments :

  1. Pertamax..
    Ada juga jam tangan buatan orang kita apalagi menggunakan batik semakin terasa nuansa nusantaranya

    Oh iya, itu kalau jam tanggannya menggunakan ulos ada gak?

    ReplyDelete
  2. Harganya lumayan juga ya, 3x lipat dr jam tangan Alexander Christie yg aku beli beberapa waktu lalu. Tapi jam WISH nya kece, anti mainstream krn strapnya dari batik.

    Iya sih ditangan Sabda kayaknya kekecilan, lebih cocok utk tangan wanita ya. Udah sini untuk aku aja hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga jam segini wajar kan kaka, saya sudah beberapa kalai beli jam. worth it lah.

      wew, cocok tuh, keren malah. suka pakai jam tangan WISH ini

      Delete
  3. itu harganya selangit juga yaa
    lumayan buat makan se bulan

    btw baru tahu indonesia ada merek WISH
    ketinggalan jaman kali yaaa

    ReplyDelete
  4. kalau bajunya pakai batik, tambah keren tuh.... :)

    ReplyDelete
  5. Jamnya keren. Batiknya itu lho, yang bikin greget. :)
    Sukses selalu ya, mas. Salam hangat dari Bondowoso..

    ReplyDelete
  6. Keren jamnya.. Terasa nyaman liatnya apalagi make.. He
    Aku suka bgt pake batik.. Hrsnya pake jam ini jg ya biar tmbh keren.. Hee

    ReplyDelete
  7. wuiihh baru kali ini saya melihat jam tangan batik.
    aku senang karena indonesia memiliki karya batik yang mempesona lagi berkualitas semacam batik diatas.

    ReplyDelete
  8. Keren yah jam tangannya. Berbatik batik. Indonesia banget.

    ReplyDelete
  9. Wah Mantab pula nih Batiknya...
    Jadi inget kreasi artbatikfin yang mendunia...
    Semoga kelak bisa nyusul juga ya...Wish

    ReplyDelete
  10. Bagus sih Mas, vintage gitu jadinya jamnya.. Sayang aku ndak betahan pake jam tangan hiks

    ReplyDelete
  11. strapnya 300 ribuan, lumayan juga ya harganya, :D

    ReplyDelete
  12. Wah keren banget jam nya... kesannya unik gitu... Harganya lumayan juga ya :D

    ReplyDelete
  13. Wakss harganya lumayan juga buat kantong mahasiswa 😂

    ReplyDelete
  14. keren banget jam nya. Bisa sekalian buat kondangan tuh

    ReplyDelete
  15. Keren banget. :o mesin dalamnya ori ya?

    ReplyDelete
  16. Langsung pingsan ketika tahu harganya hiks, yang bikin mahal itu batiknya atau apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga jam tangan segini cukup wajar jika melihat kondisi jamnya.

      Delete
  17. wah keren jamnya, berarti nanti bisa beli talinya aja kan ya? kalau mau ganti-ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa beli talinya aja, serasa selalu pakai jam tangan baru, whehe

      Delete
  18. menarik juga ya jam tangan ada motif batiknya gitu, jadi lebih terlihat mencintai Indonesianya

    ReplyDelete
  19. Mantep motifnya. Jadi pengen beli :-D

    Alvagrosirdistro.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. Wah keren ya, kalau kita beli langsung dapet 2 straps kulit dan batik. Itu pun ada straps yang dijual bebas jadi bisa ganti-ganti.

    ReplyDelete
  21. Waaa,keren banget jam tangan batiknya...bisa diganti2 juga

    ReplyDelete
  22. Keren juga jamnya. Cocok ni buat cenderamata buat tamu-tamu bule, hehehe.

    ReplyDelete
  23. Gilaaaaaaaaa, demi apa itu harga jam segitu, aku punya jam harga segituan tp itu pun hadiah menang lomba haha. Yaampun keren dah sabdaaa. semoga menang :)

    ReplyDelete
  24. Yeay yeay menang. Selamat sabdaa. Ga sia-sia yaaa

    ReplyDelete
  25. Halo! Selamat ya sudah menang! Kalau bisa, link dan post-nya jangan di take out ya, biar berkelanjutan "rasa menang"-nya :)

    ReplyDelete
  26. Selamat Kang jadi pemenang :) luar biasa

    ReplyDelete
  27. Jam tanganya keren, motif batik itu Indonesia banget, btw selamat ya dapet juara 1

    ReplyDelete
  28. Waahh... keren! Dapat juara satu lomba nya.

    ReplyDelete
  29. Congratz brotha.
    You made your point clear.
    Love the way you tailored your review posts.
    Keep it up!

    ReplyDelete
  30. Mantap benar gar, warisan harta berbasis cendera mata ini membuat indonesia patut berbangga diri di kancah dunia

    ReplyDelete
  31. harganya lumayan juga ya om buat bibir manyun.. hahaha.. gurau je om.. klo dliat2 sepertinya opininya banyak ke batik nya ya om, klo kualitas dalemnya bagus gak om kira2.. klo bgus ane juga mau lah, biasanya kn harga mencerminkan kualitas, itu sih rata2 kata ane om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kualitasnya bagus kok, harganya juga mahal, hehehe, jamnya sendiri mantablah, pakai garansi juga

      Delete
  32. Detail banget! Sukaakk :D Harus belajar banyak buat menangin tips lebarannya Ruparupa

    ReplyDelete