Wednesday, December 28, 2016

Review MiFi Smartfren Andromax M3Z



Review MiFi Smartfren Andromax M3Z,-Disaat teman-teman blogger Medan saya dapat MiFi ini secara gratis dengan syarat ikut meet up dengan Smartfren, di sisi lain saya harus rogoh kocek sendiri. Kenapa? Yup karena agenda bagi-bagi modem itu di hari kerja dan saya tidak bisa hadir 😢. Lumayan lho harganya Rp 300k. Gratis gitu, siapa yang tidak mau, hehe.

Eh, btw tulisan ini bukan endorse ya, murni mau mereview perangkat yang satu ini. Tapi, kalau Smartfren tiba-tiba melirik dan minta diendorse, saya siap. Jadi, sebenarnya saya sudah punya modem Bolt yang menemani selama 1 tahun terakhir (Baca review modem bolt disini), tapi mendadak no signal sejak pindah rumah (baru seminggu). Saya pikir ini ulah makhluk halus yang dengan auranya mengacaukan sinyal Bolt. Dan tidak dapat signal pas di dalam rumah saja. Kan ngeri.

Well, saya beli MiFi Smartfren tanggal 23 Desember 2016 di galery Smartfren Medan jalan Adam Malik. Di Medan sendiri ada beberapa galery Smartfren, di Plaza Medan Fair, jalan Mongonsidi, dan jalan Adam Malik.

Ternyata di galery ini hanya tersedia MiFi M3Z. Kebetulan saya datang di waktu promo. Dengan harga Rp 300k saya dapat modem dan paket 30 GB. Pada stand banner yang dipasang, katanya sih beli kuota 30 GB, gratis modem Mifi untuk pelanggan pertama. So, saya dapat promo ini, Modem MiFi nya sebenarnya gratis, Rp 300k itu hanya untuk bayar kuota saja.

UNBOXING Smartfren MiFi Andromax M3Z.
Setelah box mini ini dibuka, terpapar lah 1 perangkat modem yg sudah dipasang SIM card, buku garansi, buku paduan, kartu ucapan terimakasih, dan kabel Charger n no adapter ( kepala charger ).



Modem
Untuk bicara soal modem saya lihat dari sisi tampilan dulu. Mifi ini berbentuk persegi dengan rounded di setiap sisinya. Warnanya beragam dan kebetulan saya dapat yang hitam. Saya pernah lihat yang warna biru dan sangat cakep seperti saya. Hanya ada 1 tombol power yang berada ditengah dengan 4 indikator disisinya.



Oh ya, yang paling saya suka dari MiFi ini adalah beratnya ringan meski dibekali baterai 3000 mAh. Kan tau sendiri biasanya baterai ukuran segitu pasti berat. Untuk ukurannya juga kecil sekitar 4 inchi, jadi tidak susah untuk dikantongi.

MiFi M3Z ini memiliki 4 Indikator, baterai, sinyal, jaringan dan WPS. Saya masih belum tahu perbedaan antara sinyal dan jaringan.

Indikator lampu ada 4, merah berkedip cepat (0% - 5%) merah (low 5% - 19%), hijau (medium 20% - 59%), biru (high 60% - 100%). Artinya kalau indikator lampu baterai berwarna hijau, menunjukkan baterainya tinggal setengah, kalau biru berarti kapasitasnya 60-100%. Warna lampu berlaku untuk semua indikator.



Nah, yang kanan itu (WPS) sebenarnya bukan indikator, melainkan untuk mengubah mode modem menjadi open WiFi (akses tanpa password) dengan cara menekan tombol WPS pada  sisi kanan.

Jangkauan Sinyal
Karena Smartfren pemain lama, sudah pasti unggul soal jangkauan sinyal. Sejauh kaki saya melangkah, sinyal Smartfren belum pernah putus. Terakhir saya sampe di kecamatan Berastagi dan sinyal masih ada.

Sementara itu kekuatan aksesnya sudah 4G LTE, yup semua operator memang sudah menggunakan teknologi ini. Untuk nonton YouTube tidak buffering.

Harga Paket
Nah, soal ini yang saya belum tahu. Kamu browsing sendiri yak. But, you should know about this.

SIM card Smartfren ada 2 jenis yaitu, otomatis dan reguler. Nah, yang otomatis ini cuma untuk isian paket yang pakai sistem bonus, autorenewal dan pembagian kuota 6 pagi - 12 malam, 12 malam - 6 pagi. Tahulah yang kuota malam pasti lebih besar, emang siapa yang mau online tengah malam coba??

Sementara itu kalau mau pilih paket yang 24 jam harus pindah ke simcard reguler, kan ribet 😓. Harga Rp 100k dapat kuota 8GB.

Kalau saya salah dalam hal ini mohon dikritik, jangan langsung lapor polisi yak. Lagian ini hasil tanya ke mbak SPG di Smartfren lho.

Selebihnya kamu browsing sendiri.

Aplikasi
Free download di google store dan apple store aplikasi MyLink. Aplikasi MyLink ini murni untuk modem saja. Bagaimana kalau mau isi paket? Seperti biasa, beli di kounter hp, sms bankin ataupun internet banking or download aplikasi Smartfren.

Kesimpulan
1. Kalau ada yang bagi-bagi sesuatu yang gratis, bolos kerja saja.
2. MiFi Smartfren Andromax M3Z adalah modem. Modem adalah perangkat yang membantu konek ke internet.
3. Saya tahu kesimpulan ini ngawur, maka kita sudahi saja.

Mau apapun modem kamu, yang penting bisa internetan. Demikian review MiFi Smartfren Andromax M3Z, terimakasih. Jangan sungkan untuk bertanya.

25 comments :

  1. saya pakai smartfren di rumah. internetan di laptop dari hp smartfren

    ReplyDelete
  2. ngakak baca kesimpulannya.tapi ini khusus satu merk sim card aja yah

    ReplyDelete
  3. weh jadi pengen punya nih, terpesona dengan cara penyampain admin blog ini
    hehe
    terima kasih

    ReplyDelete
  4. ku juga pake modem smartfren m3z ini.. sinyal lumayan lah di jakpus, lumayan cepet tapi nggak cepet2 amat juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecepatannya biasa aja sih kak, apalagi dikota besar juga sama aja kecepatannya

      Delete
  5. Aku juga punya nih tp signalnya suka ilang2an wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Susahnya kalau kuota abis cepat, kita nggak bisa ngisi ulang lagi :-(

    ReplyDelete
  7. Reviewnya keren ini saya juga baru saja beli Mas di awal Desember ini dan sudah sekali isi. Sejauh ini puas dengan kecepatannya.

    ReplyDelete
  8. Ya ampun poin kesimpulannya fantastis sekali nih. Ha ha.

    Nyesel banget pasti ya gak dapet gratisan. Yap, bolos lebih baik, ceesku.

    Kakakku pernah beli Mi-Fi Smartfren ini. Tapi tipe-nya beda deh sama yang kamu ulas. Sayang, di Bandung sinyal 4G Smartfren belum bagus, paling cuma di beberapa wilayah aja.

    Oiya salam kenal ya, Sabda. Makasih sudah berkunjung ke blogku. Mari berkawan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai yang lain aja cess, ada banyak opsi kok

      Delete
  9. Hehehe, karena makhlus halus, cuma di tempatku masih aman tu bang

    ReplyDelete
  10. Hahaha kesimpulan no 1 penting banget ya mas.
    Saya juga jadi kepikiran pengen beli modem nih buat pergi pergi.. tapi masih belum tau di daerang cilegon sini smartfren bagus gak ya? kayanya masih belum banyak yang pake disini..

    ReplyDelete
  11. Aku dpt hape smartfren dari hadiah dan sering ku bully buat jadi tethering dan emang bagus, hihihi. Pingin juga punya modem yang ini yaa..

    ReplyDelete
  12. Pingen nih punya mifi, tapi anggarannya belum ada :)

    ReplyDelete
  13. Pernah nyoba pake Smartfren. Dulu sih sinyalnya masih kurang bagus di tempat saya. Enggak tahu sekarang. Kayaknya bagus, ya. Udah 4G, kan?

    ReplyDelete
  14. wah bagus nih MiFi smartfren andromax M3Z, pengen beli .. siapa yg mau beli'in:D

    ReplyDelete
  15. Naksir banget sama Mifi Smartfrent yang kata teman sinyal nya Ok Sayangnya pake Baterai internal jd hrs slalu terisi jgn sampai low bat

    ReplyDelete
  16. Naksir banget sama Mifi Smartfrent yang kata teman sinyal nya Ok Sayangnya pake Baterai internal jd hrs slalu terisi jgn sampai low bat

    ReplyDelete
  17. wahh, ini modem bagus lhoo, temen saya make, dan dia bertahan diatas gunung dengan sinyal kuat sementara sinyal saya K.O. akhirnya nebeng wifi dia buat sosmetan haha

    ReplyDelete
  18. Kunjungan perdana, salam kenal :)
    mampir ya di blog baruku, terimakasih :)

    ReplyDelete
  19. Saya juga pakai modem M3Z ini, paketnya saya beli 140rb 65 GB di bukalapak, banter banget koneksinya, puas deh

    ReplyDelete
  20. Smartfren di tempat ku mulai sering ngaco sinyal nya, terpaksa daku sekarang ganti bolt

    ReplyDelete