Wednesday, January 25, 2017

Begini Cara SabdaAwal.com Membuat Konten Kreatif




Ada jenis blogger yang mampu memproduksi tulisan secepat angin,- sekali duduk kurang dari 30 menit, tulisan dipublish. Sebagian lainnya perlu beberapa hari untuk menyelesaikan sebuah artikel. Mereka butuh waktu berpikir, memikirkan layout, menyisipkan "interesting" didalamnya, mematangkan media digital pendukung seperti, gambar, gif, infografis maupun video. Sebagian lainnya bermeditasi lebih lama, tidak PeDe dengan apa yang mereka tulis, ketik, hapus, ketik hapus, ketik, hapus begitu seterusnya sampai ladang padi dihujani lelehan keju. Ada pula yang mendapat ide sesaat, menulis sesaat, kemudian kehilangan mood, dan dilanjut beberapa abad kemudian. 😂



Begitulah tipe keahlian seorang blogger. Masing-masing memiliki level sesuai dengan kemampuan individu dan jam terbang pengalaman. Mirip sekali dengan komputer, jika ditanamkan sebuah prosesor Intel yang memiliki tipe dengan level kinerja yang berbeda. Tampak jelas perbedaan kemampuan komputasi sebuah perangkat yang disisipi Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor. Semakin tinggi tipenya semakin baik kemampuannya, lalu kamu termasuk tipe  yang mana?

Saya sendiri sebagai author SabdaAwal.com tipe yang secepat angin untuk menulis sebuah artikel. Topik yang dibawa jelas, soal review atau tips pengalaman pribadi, yang sejogya nya tinggal menuangkan langsung ke blog tanpa harus melakukan persiapan yang berarti. Bahasa yang saya gunakan adalah bahasa pendekatan personal yang seolah ngobrol dengan teman menjadi semakin mudah. Namun, untuk menulis konten kreatif, saya butuh usaha lebih keras yang bisa memakan waktu hingga seminggu!

Sebelum menyoal konten kreatif lebih jauh, sebaiknya tahu dulu arti konten kreatif versi saya. Eh, ibu-ibu, saya ndak maksain kok, masing-masing orang punya pengertian sendiri.

Pernah dengar kata "konten"? | Iya pernah.
Pernah dengar ucapan Konten menarik? Konten bagus? Konten bermutu? Konten unik? Dan konten-konten yang lain.

Masing-masing punya indikator sendiri, mana yang dikatakan sebagai konten menarik, bagus, bermutu dan unik, bukan begitu? Konten kreatif juga punya pengertian sendiri dimata saya.

Konten menarik,- saya pernah membaca tulisan seorang blogger yang bercerita melalui sudut pandang sebagai janin, menarik? Ya sangat menarik. Tulisan itu akhirnya menyabet juara 1 sebuah kontes blog.

Konten bagus,- wah jenis ini yang saya sulit menjelaskannya. Bagus, ya bagus ketika banyak orang setuju bahwa konten tersebut bagus.

Konten bermutu,-  seolah saya disodorkan sebuah tulisan berisi fakta dan opini berbobot, yang mana menautkan sumber refrensi dengan sangat jelas. Atau sebuah artikel yang bersifat edukasi.

Konten unik,- sesuatu yang langka dibahas, sesuatu yang tidak pernah orang lain terpikirkan, atau sebuah konsep yang out of box.

Masing-masing pengertian ini tidak baku, ini masih menurut saya lho.

Well, kembali tentang konten kreatif. Menurut saya konten kreatif adalah tulisan yang memberikan kesan "eyecatching" (secara visual menarik) pada saat pertama kali dilihat karena layout dan komposisi yang menarik. Layout tentang tata letak tulisan dan media grafis. Sementara komposisi, adalah ragam media grafis dan non grafis yang dimuat.

Saya contohkan pada gambar dibawah ini, jelas bahwa konten yang tampak lebih kreatif adalah kanan. Bahkan untuk rata teks saja memberikan pengaruh yang cukup besar. Lebih enak dilihat rata teks kiri-kanan dibandingkan rata teks kiri saja. Dapat dibandingkan bahwa box di tengah artikel memberikan "eyecatching" ke pembaca. Kreatif!

Kiri VS Kanan
***


Jreng...jreng.. sampailah kita pada bagian sepesial, cara membuat konten kreatif ala SabdaAwal.com. Sebelumnya, saya sudah singgung konten kreatif adalah artikel yang "eyecatching" saat dilihat. Nah, dengan melihat gambar saya diatas dengan mengenakan baju Blogger dan memegang tulisan, apakah menarik? Saya yakin semua orang akan bilang gambar tersebut menarik. Berkeinginan dibaca? Ya mau dibaca. Sebuah modal awal untuk menjadikan artikel ini sebagai konten kreatif.

Dalam hal ini saya tidak memasukkan pencarian ide sebagai dasar pembuatan konten kreatif, karena setiap tulisan baik kreatif maupun tidak memang didasarkan pada pencarian ide terlebih dahulu. Begitu juga dengan penggunaan refrensi. Termasuk orisinalitas tulisan yang setiap blogger wajib pertanggungjawabkan.

Ada 3 langkah yang saya lakukan untuk membuat konten kreatif.



Membuat Outline,- Tujuan membuat outline/kerangka karangan agar tulisan kita tetap runut dan sistematis dari awal hingga akhir. Bagi saya outline juga berguna untuk membantu me-layout tulisan nantinya. Ada baiknya outline itu dituliskan *bagi yang butuh ehmm, boleh di kertas atau langsung di draft blog. Saya tidak pernah menulis outline, tapi saya mampu mengingatnya di otak dengan sangat jelas. Ketika dihadapkan dengan halaman "write" blog, saya tinggal menuangkannya saja.


Media Grafis 
Nah, ini adalah poin utama agar konten kita terlihat kreatif. Media grafis dapat berupa gambar, gif, infografis, background, dan video. Kemampuan yang satu ini tergantung skill dan kreatifitas seseorang. Kalau mau skilll dan kreatifitasnya berkembang, ya banyakin berlatih dan jam terbang, seiring berjalannya waktu pasti akan ter-upgrade.

Media grafis adalah hal yang wajib pada setiap artikel. Media grafis memberikan kekuatan pada artikel, seperti foto dan ilustrasi, lalu menambah "selera" visitor agar tetap betah membaca. Bayangkan sebuah artikel yang hanya berisi tulisan saja, pasti sangat membosankan.

Media grafis dapat berupa gambar, video atau info grafis





Dalam menghasilkan gambar ada 3 cara yang saya lakukan :
👉 Mengambil dengan kamera
👉 Membuat sendiri
👉 Mengambil dari internet


Hasil gambar diatas harus melewati proses editting. Setiap gambar maksimal memiliki widht 750px sesuai dengan ukuran bodypost blog saya. Selain itu pastikan size tidak terlalu besar, saya membatasinya hingga 500 KB, agar blog ndak berat ketika dibuka. Lalu, jangan lupa soal watermark dan source gambar juga.

Mengambil Dengan Kamera
Saat ini saya menggunakan kamera smartphone dengan kemampuan 13 MP saja. Bisa dibilang ini masih kurang, sebagai blogger saya butuh alat dokumentasi yang lebih. Suatu saat saya akan membeli kamera. Amiiin.

tripod dan box saya gunakan sebagai alat bantu foto


Meskipun hanya dibekali kamera berkekuatan 13 MP, saya masih sanggup menghasilkan foto-foto berkualitas baik. Pada saat pengambilan foto barang berukuran kecil saya menggunakan tripod dan box studio mini. Kedua tools ini sangat membantu untuk menghasilkan gambar yang bagus.

Membuat Gambar Sendiri
Saya menggunakan Adobe Illustrator untuk membuat gambar sederhana. Kenapa sederhana? Karena kemampuan saya masih sedikit dan menguasai tools basik pada aplikasi membuat gambar ini, hihi. Iya kalau profesional mungkin saya sudah jadi digital artist sekarang.




Pembuatan gambar, infograifs dan ilustrasi saya lakukan di aplikasi Adobe Illustrator dan Photoshop.


Mengambil Dari Internet
Saya biasanya menggunakan google search untuk mencari gambar. Jenis gambar yang paling sering saya cari adalah flat design, menurut saya jenis gambar ini sederhana dan menarik. Seperti gambar otak berwarna diatas, tentunya gambar seperti itu sudah saya edit terlebih dahulu.

Membuat video
Terkadang saya membuat video sebagai materi tambahan. Video yang saya buat sebagai grafis pendukung artikel. Bisa dibilang saya pun masih amatir soal video, tahu sendirilah saya hanya dipersenjatai kamera 13 MP, kualitas video yang biasa saja. Untuk proses editting saya menggunakan aplikasi viva video dan video pad. 





Komposisi 
sama seperti widget pada blog. Nah, widget inilah yang akan kita isi, widget profil, widget iklan, widget grup dan widget lainnya. Sementara komposisi pada tulisan adalah gambar, ilustrasi, infografis, note, quote, judul, paragraf tertentu, video dan lainnya
Layout 
masih sebelas-dua belas dengan widget  blog. Widget profil diletakkan dimana, widget iklan dipasang dimana, apa widget form kontak bagus diletakkan di footer? Dan seterusnya. Begitu juga dengan layout tulisan,- proses tata letak / menyusun "komposisi".

Step 3 ,- Langkah terakhir inilah yang harus dilakukan dengan baik untuk menghasilkan sebuah konten kreatif. Sekali lagi, dibutuhkan kreatifitas untuk membuat komposisi dan layout.

KOMPOSISI,-Bagi saya komposisi tulisan bukan hanya sekedar gambar, foto atau video saja. Bahkan quote, judul kecil dan paragraf tertentu dapat dikategorikan sebagai komposisi. Misal pengertian komposisi pada box merah dan pengertian layout pada box biru diatas termasuk komposisi. Contoh lainnya, jenis-jenis konten dalam border biru yang saya tuliskan pada pembuka artikel diatas dan gambar background "creative content kabel otak berwarna".

LAYOUT,-Bermain dilayout artikel itu sangat mengasikkan. Menguji kreatifitas kita sampai dimana. Jika kamu berhasil dengan baik soal komposisi, harusnya dilayout hanya butuh sedikit sentuhan untuk menyempurkan sebuah konten kreatif. Selama itu enak dan menarik dipandang, maka layout tersebut tepat.

Saya beri satu contoh. Gambar dibawah ini adalah screenshoot dari salah satu artikel saya. Yang ditunjuk tanda panah sebenarnya sebuah gambar. Ya hanya sebuah gambar, namun karena  tata letak dipembuka paragraf bahasan seolah-olah terlihat sebagai judul. Dan tentunya gambar ini lebih menarik dilihat dibandingkan dengan judul berbentuk tulisan biasa.


Kemampuan me-layout berdasarkan kreatifitas


Perlu digarisbawahi *siapin pena, agar kemampuan kita semakin meningkat maka harus sering berlatih. Membuat konten kreatif itu tidak sulit, tapi hanya butuh waktu lama karena kita dipaksa kreatif mencari ide-ide unik, terutama saat pembuatan komposisi dan layout.

Saya sendiri kewalahan dibagian komposisi terutama dalam membuat gambar atau ilustrasi. Kalau hanya sekedar foto saja sih tidak masalah, bahkan saya bisa menggunakan photoscape saja untuk proses editting basic seperti crop, brighten, membuat teks dan lainnya.

Saya terkendala jika sudah membuat gambar dan proses editting yang lebih kompleks. Aplikasi Adobe Illustrator dan Photoshop yang saya gunakan sangat membantu. Namun, perangkat yang saya gunakan tidak memiliki kemampuan yang baik dalam menjalankan kedua aplikasi tersebut.

Aplikasinya sering ngelag. Kalau sudah begini saya harus close aplikasi secara paksa. Bahkan, apa yang sudah saya buat tidak tersimpan 😓. Saya harus mulai dari awal lagi. Kan sedih.

Keadaan aplikasi ngehang (NOT RESPONDING)

Kendala ini sangat menyita waktu. Harusnya permasalahan seperti ini tidak terjadi jika saya memiliki notebook yang mumpuni agar pembuatan konten kreatif tepat waktu. Kalau bisa sih kemampuannya bukan hanya untuk kegiatan blogging saja, tapi juga mampu untuk kegiatan profesioal pekerjaan di kantor. Notebook apakah itu?





ASUSPRO B8230

  • Windows 10 Pro Asus
  • Didukung oleh Prosesor Intel® Core™
  • Intel HD Graphics
  • Memori 4GB
  • Fitur Keamanan
  • Ringkas






Mengapa harus ASUSPRO B8230 ?
Saya membayangkan sebuah notebook profesional yang cocok digunakan untuk bekerja dikantor dan memiliki mobilitas tinggi sebagai seorang blogger. Itulah mengapa saya membutuhkan notebook elegan namun ringan  dan mudah memelihara bahkan pada saat berpergian ditambah lagi dengan performa batrai yang tahan lama. Dengan fitur lengkap untuk kepentingan pekerjaan dan kemampuan menjalankan aplikasi pembuat media grafis digital untuk keperluan kepenulisan dalam dunia blogging.



Notebook yang dibekali Windows 10 Pro ini berdimensi 31 x 21.5 x 1.29 ~2.06 cm (WxDxH) dan mengusung layar 12 inchi dengan bobot hanya 1,33 kg menyempurnakannya sebagai perangkat mungil dan ringan nan stylish yang memudahkannya dibawa kemana saja dan tetap menarik secara estetika dengan cover aluminuimnya.

Karena didesain ringkas dan kompak untuk kepentingan mobilitas tinggi tenyata Asus turut memastikan kekokohan notebook ini sangat baik. Saya kutip dari Asus.com/id, bahwa ASUSPRO B8230 lulus uji tes standar militer MIL-STD 810G. Saya sendiri ndak tahu apa itu MIL-STD 810G, hehehe. Yang pasti di video yang saya tonton, notebook ini tahan banting dalam kondisi jatuh. Juga tahan terhadap air yang disiram ke keyboardnya.


Kan cocok sekali yang suka berpergian. Notebook yang dimasukan kedalam tas atau dalam kendaraan, bisa saja tertindih dengan barang lain. Namun dapat dipastikan kondisinya baik-baik saja karena ketahanannya 20% lebih tinggi dibandingkan dengan notebook biasa.. Rentan jatuh saat berpergian? Tenang saja masih bisa selamat kok dari ketinggian 1,3m dengan ketahan 2 kali dari notebook biasa.




ASUSPRO B8230 cocok untuk memenuhi penggunaan waktu yang panjang dan terutama ketika sedang bepergian karena dilengkapi dengan baterai yang dapat bertahan 8 jam, 3-cell 49W baterai Li-Polymer yang dapat dilepaskan.


Ditambah lagi dengan penanaman prosesor Intel generasi keenam atau dikenal sebagai Intel Skylake. Mikroprosesor berkecepatan hingga 3,1GHz tersebut terkenal gesit namun tetap hemat daya. Semua disebabkan oleh nilai TDP yang rendah, yakni hanya 15 watt. Selain itu, dengan rendahnya konsumsi daya yang dibutuhkan, semakin rendah pula panas yang dihasilkan oleh komponen saat notebook sedang digunakan.


ASUSPRO B8230 hadir dengan 2 varian prosesor yakni Intel® Core™ i7-6500 Processor dan  Intel® Core™ i5-6200 Pocessor. Notebook telah dilengkapi dengan memory DDR4 2133MHz SDRAM 4 GB dengan sistem penyimpanan data SATA3 M.2 SSD berkapasitas  256GB. Memori juga dapat ditingkatkan menjadi 20GB untuk memaksimalkan penyimpanan data dalam perangkat ini.



Kelebihan pada Intel core i3, i5 maupun i7


  • Intel Hyper Threading : Memberikan user 4-way dan 8-way dalam pemrosesan multitask yang mengijinkan setiap core pada prosessor untuk bekerja pada 2 pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
  • Intel Turbo Boost : Meningkatkan performa dengan meningkatkan frekuensi core sesuai dengan permintaan pemakai secara otomatis. ( Core i5 dan i7 ) 
  • Intel HD Graphics : Grafik yang sudah high definition.  
  • Maksimum Memory pada RAM hingga 16GB 
  • Sudah Menggunakan module DDR3 dengan FSB 1066 MHz


Notebook varian ASUSPRO ini dibekali sistem keamanan yang amat baik. Asus paham bagaimana pekerjaan, kegiatan bisnis dan data amat penting yang terintegrasi kedalam sebuah perangakat. Ada 3 jenis proteksi yang ditanamkan pada B8230. Apa saja itu ?



Pemindai sidik jari
Meningkatkan keamanan dengan teknologi biometrik sidik jari untuk konfirmasi akses ke notebook Anda. Waktu login juga dipersingkat dengan adanya kelengkapan ini.







Trusted Platform Module (TPM) 
TMP bertujuan untuk mengenkripsi data sehingga mengurangi risiko membaca password tanpa izin dan enkripsi kunci untuk data sensitif. Ketika digunakan bersama dengan paket perangkat lunak keamanan secara opsional, TPM menyediakan peningkatan keamanan sistem secara keseluruhan, kemampuan proteksi file, dan perlindungan email / perlindungan privasi.




Smart Card Reader 
Ini adalah fitur keamanan lain yang menjamin identifikasi pengguna yang tepat dan otentikasi untuk penyimpanan data dan pengolahan aplikasi. Pengguna dapat menggunakannya untuk login atau untuk otorisasi transaksi online.








Penutup
Konten kreatif adalah konten yang secara visual menarik. Membuat konten kreatif adalah sebuah tantangan bagi seorang blogger. Bagaimana mereka menuangkan ide-ide unik kedalam bentuk tulisan dan terlihat menggugah.

Ada 3 langkah yang saya lakukan dalam membuat konten kreatif, yaitu membuat outline, membuat media grafis, dan komposisi & layout.

Terakir, karena notebook saya ndak kuat menjalankan aplikasi Adobe Illustrator dan Phosotshop, muncul ASUSPRO B8230 sebagai notebook impian, dimana notebook ini hadir untuk kegiatan bisnis dan yang memiliki mobilitas tinggi. Tampil dengan elegan, mungil, kokoh dan handal dengan prosessor Intel didalamnya.

Tetaplah berlatih membuat konten kreatif. Salam blogger.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.


14 comments :

  1. kalau aku biasanya butuh sktar 2 jam untuk menyelesaikan sebuah tulisan Mas

    ReplyDelete
  2. Aku sih lebih lama milih foto untuk ilustrasi yang kebanyakan, pdhal gak bagus2 amat, haha

    ReplyDelete
  3. Ya untuk satu tulisan kadang aku butuh waktu rata-rata satu jam ini pun belum siap publish

    ReplyDelete
  4. Kalau saya menulis mengalir saja mas pokoknya yang ada dibenak saya langsung saya tulis,kalau bisa sedetail kayak mas wuiih itu baru kontent berkualitas

    ReplyDelete
  5. Kalau tanpa memikirkan visual, daku bisa cepat namun itu baru nge-draft. Kalau sudah masuk editing mulai deh molor bisa sampai berhari-hari. Ditambah ngerjain desain klien hihi

    Sukses ya!

    ReplyDelete
  6. Sering lihat sabdawal.com menulis konten kreatif,,, awalnya saya pikir ini sulit, terutama untuk desain layoutnya,,,,, ternyata setelah mendapat penjelasan diatas,, saya jadi mengerti prosesnya,,, Saya sendiri dulu tidak pernah terpikir seperti ini cara membuat kontenya,,, tapi jujur sih memang keren,, dan enak baca,,

    makasih ilmunya,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D wahhhh, lama ga main kemari, giliran berkunjung udah memuji sajaa.. makasih yaakkk,,, buat konten kreatif itu tantangan

      Delete
  7. Kalau saya suka menggambar komik saat mulai menulis artikel blog, khususnya untuk lomba, agar artikel saya lebih menarik

    ReplyDelete
  8. waduh buat background latar belakang untuk tulisannya gimana itu bang ku liat cuman ada pada postingan ini aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek aja jar, source code nya di page ini ^_^, tinggal copy

      Delete
  9. Sabda memang kreatif ini,konten yang ditampilkan juga kreatif dan eye catching.

    Membaca tulisan disertai gambar lucu yang menarik menambah keinginan untuk melanjutkan melakukan pendekatan dengan konten blog nya.

    Btw,ini notebook nya memang bermanfaat sekali ya untuk profesional muda seperti kita.

    ReplyDelete
  10. Beh mantap sekali Tipsnya... bermanfaat sekali buat penulis pemula seperti saya...
    Terimakasih mas sabda...

    ReplyDelete
  11. Halo Mas Sabda

    Apa akabra dan salam kenal..

    pas saya liat pertama kali wooowww kren dibandingkan milik saya.

    pastinya milik mas sabda lebih luar biasa dari saya..

    kapan kapan mau baca lagi diwaktu yang lain soal postingan ini heheh..

    salam

    Mukhofas Al-Fikri | BauBlogging

    ReplyDelete