Thursday, March 2, 2017

Sebagus Apakah HOOQ Sebagai Media Streaming / Download Film Dan TV Serial?


Saya sendiri tahu HOOQ baru seminggu yang lalu sebagai media streaming / download film dan tv serial baik melalui situsnya maupun applikasi mobile-nya. Saya tahu ketika membaca sebuah artikel kompetisi yang saya dapat di twitter dalam kegiatan blogwalking yang biasa saya lakukan.

Mungkin HOOQ masih baru di Indonesia, karena saya juga baru tahu, atau kamu juga baru tahu. Yah, semoga saja kita jodoh karena sama-sama baru tahu. *ehhh

Sebagai niat awal, saya tidak kepikiran akan menulis testimonial tentang penggunaan HOOQ untuk kompetisi blog. Namun, akhirnya saya mereview HOOQ pada artikel ini untuk berpartisipasi. Saya punya trik khusus dalam mengikuti blog competition, salah satunya hindari kontes yang menyediakan hadiah besar. Mengapa? Ini sih prinsip saya sejak dulu. Biasanya materi kontes berhadiah besar diluar pengetahuan saya. So, saya tidak mau menulis apa yang saya tidak tahu, nanti kesannya jadi mengkhayal.

Total hadiah utama Rp 17.000.000 + Iphone 7 dan total hadiah referal Rp 2.200.000

Hadiahnya memang sangat menggiurkan. Tetapi, seperti saya bilang tadi, niat awal saya tidak berencana memeriahkan kompetisi ini. Sampai akhirnya saya mengunjungi situsnya dan merasa tertarik. Saya pun bertanya ke twitter Hooq.


Pertanyaan saya : "Setelah mendownload film melalui smartphone, dapatkah saya menonton film tersebut secara offline melalui PC (situs HOOQ) ?"  👈 pada waktu itu saya belum register dan tidak tahu banyak tentang HOOQ.

Saya sadari bahwa pertanyaan "ajaib" ini tidak perlu saya ajukan. Jelas saja jawabannya tidak bisa, download film di smartphone akan tersimpan di memory internalnya, bagaimana caranya film hasil unduhan itu bisa pindah ke situs HOOQ lewat PC ?!!! Haha, anggap saja itu pertanyaan khilaf.

Saya akan review HOOQ dimulai dari proses registrasi, pembayaran, fitur pada situs dan mobile applikasi, hingga komentar saya selama berlangganan menikmati layanan HOOQ. Seberapa baguskah?




HOOQ merupakan media streaming / download film dan tv serial dapat melalui situsnya Hooq.tv atau HOOQ mobile aplikasi yang tersedia pada google store atau apple store. HOOQ memiliki 10.000 koleksi film, tentunya akan terus bertambah seiring bejalannya waktu.

Layanan HOOQ asal Singapura ini telah ada di Indonesia sejak April 2016. Eh, saya kok baru tahu sekarang 😅. HOOQ telah terlebih dahulu melayani pengguna di Filipina, Thailand, dan India.



Yang namanya media film, pasti semua genre ada. Animasi, kartun, drama, thriller, mystery, sci-fic,romantic, Hollywood, Bollywood, serial tv, hingga ke film-film Indonesia dari yang baru sampai lawas seperti Suzanna dan Warkop DKI juga ada!

Tapi sampai saya menulis artikel ini berdasarkan penelusuran film bahwa drama Korea dan film Thailand tidak ditemukan *koreksi jika saya salah. Harapannya semoga secepatnya di-ada-kan oleh HOOQ, *drama korea fans detection. Film Korea dan Thailand kan cukup populer di Indonesia.



Akhirnya saya mendaftar pada situs HOOQ.tv dan mendowload aplikasi mobile-nya. Proses registrasi yang saya lakukan melalui website dengan langkah sederhana. Ada dua pilihan, mendaftar dengan email atau nomor handphone. Saya gunakan email, kemudian dikirimi link aktivasi ke email. Link dibuka, taraaattt saya sudah terdaftar dan mendapatkan free nonton selama 7 hari!

Registrasi dan Aktivasi

Untuk login kembali kita hanya perlu memasukkan email atau nomor handphone tanpa password lho! Kita dapat mengakses HOOQ dengan akun di 5 perangkat. Wah, saya hanya buka Hooq di smatphone dan laptop, ada 3 perangkat lagi yang bisa saya gunakan. Saya bisa saja memberikan akun saya ke orang terdekat untuk menikmati layanan HOOQ.

Lha bagaimana jika kita sudah login di 5 perangkat tapi ingin login ke perangkat yang lain? Tenang saja, jika kamu sudah mencapai batas maksimal login, kamu dapat mengirimkan email ke support@hooq.tv untuk mereset kembali login perangkat.

Saya bertanya beberapa kali ke twitter HOOQ, selalu diarahkan ke email. Eng..i...eng.... email saya dibalas dengan cepat.

Email dari helpdesk HOOQ


Oh ya, setiap kali login ke perangkat baru, kita akan dikirimi link aktivasi, jadi tetap aman. Baru pertama kali saya menemukan proses login yang seperti ini dan agak unik. Weldone HOOQ !

Diawal proses registrasi, HOOQ sudah memberikan layanan free selama 7 hari. So, kamu sudah dapat menikmati streaming dan download film atau tv serial favorit.

Yang gretongan (gratis) memang enak, hehehe. Karena saya memang hobi nonton beberapa tv serial luar negeri dan film bioskop yang tidak sempat ditonton, maka saya lebih memilih berlangganan selama 3 bulan.

Ada 5 opsi langganan berdasarkan waktu yang ditawarkan, mulai dari mingguan (7 hari ), bulanan (30 hari), triwulan ( 90 hari ), semester (180 hari ) dan tahunan ( 365 hari ) dengan pilihan fitur auto-renewal (perpanjangan otomatis). Makin ke kanan makin murah. Bulanan Rp 49.500, tapi jika memilih paket triwulan  menjadi Rp 124.000, hemat Rp 24.500 dan seterusnya hitung sendiri ya.

Pilihan paket dan konfirmasi pembayaran saya selesai

Saya memilih langganan 3 bulanan dan melakukan pembayaran melalui kartu kredit. Tadinya saya agak deg-deg-an, setelah menginput kartu kredit, pembayaran langsung selesai. Eh, biasanya ada konfirmasi sms ke nomor telepon saya, tapi ini tidak ada. But it's okay, HOOQ me-klaim pembayaran ini aman kok. Seingat saya juga pernah pembayaran pakai kartu kredit tanpa konfirmasi SMS.

Jadi sekarang saya punya 7 hari + 90 hari menikmati semua layanan dari HOOQ! Horayyy!!!




Website
Untuk bisa menonton film pada situs Hooq.tv cukup mudah. Lakukan login terlebih dahulu. Lalu tinggal pilih film yang akan ditonton. Klik dan play.



Aplikasi HOOQ
Aplikasi berkapasitas 31,52 MB ini dapat didownload melalui google play dan apple store.

Diawal aplikasi berjalan akan diminta untuk login. Saya memasukkan email yang saya sudah gunakan untuk mendaftar di situs tadi. Lalu, saya dikirimi link aktivasi ke email. Setelah aktivasi saya lakukan barulah bisa login.

Tampilan awal hompage terlihat deretan film dengan beragam kategori. Ada tiga menu utama yang cukup menarik perhatian, yaitu "Temukan" halaman beranda, "Telusur" untuk melakukan pencarian melalui judul film, dan "Saya" sebagai profil.

Tampilan mobile aplikasi


Menu profil terbagi atas submenu "Unduh" berisi daftar film yang telah di download, "Tonton Nanti" daftar film yang ingin ditonton semacam wishlist, "Suka" daftar film yang sudah saya like, "History" daftar film yang sudah saya tonton, "Pengaturan' setingan aplikasi, "Paket Pembayaran" untuk beli paket lagganan, dan terakhir adalah menu "Batuan".

Penggunaan aplikasi sangat mudah kok, untuk menonton film cukup klik dan langsung play.

Oh ya, fitur lainnya adalah pilihan audio dubbing ada cukup banyak bahasa, begitu juga dengan pilihan subtitlenya. Paling banter saya cuma gunakan bahasa Indonesia dan Inggris saja.

Cara menikmati layanan HOOQ



Baik menonton melalui situs ataupun mobile aplikasi, saya tetap senang menikmatinya. Kualitas video yang HD membuat saya nyaman menonton. Tenang saja, jika jaringan internet kamu lagi lelet, bisa mengubah kualitas film menjadi rendah. Pilihan subtitle juga tersedia, jadi tidak khawatir dengan percakapan antar aktornya.

Untuk menonton pun mudah saja, tinggal klik film yang akan ditonton, maka akan play Enjoy your movie !
Tampilan pada situs, Ukuran layar bisa fullscreen.
Nonton via mobile aplikasi



Sudah kelar mereview saatnya testimonial nih. Pada part ini saya akan kasih komentar tentang HOOQ.

Pertama. Menurut saya harganya cukup murah. Dengan hanya Rp 49.000 sudah bisa menikmati 10.000 film selama 30 hari. Selain itu, kehadiran HOOQ juga membantu mengatasi soal penyedia film ilegal yang beredar di internet. Sangat disayangkan hak cipta sebuah film ditukar dengan recehan dari iklan internet.

Apa yang dilakukan HOOQ merupakan salah satu bentuk apresiasi menghargai film. Uang langganan konsumen akan mengarah ke rumah produksi yang membuat film tersebut. Terkesan idealis? Hmm tidak juga, karena sepatutnya kita memang harus seperti ini.

Kedua. Di zaman yang semakin sibuk, setiap orang tidak hanya berbekal 1 gadget saja. Ada smartphone, phablet, tablet, notebook dan lain sebagainya. Termasuk saya sendiri yang memiliki  2 smartphone dan 1 laptop.

Sementara itu, untuk soal menonton saya menggunakan gadget sesuai kondisi. Jika di rumah saya menonton di laptop, jika diperjalanan atau outdoor melalui smartphone, dan kadang-kadang mencuri waktu menonton dengan komputer kantor, hehe.

Dan HOOQ hadir menjawab dengan memfasilitasi untuk login hingga ke 5 perangkat. Jadi saya bisa menonton dalam kondisi apa saja dan sesempit apa waktu luang saya dengan gadget yang saya miliki. Bahkan sisa kuota akun dapat saya berikan ke orang terdekat untuk menikmati layanan HOOQ juga.

Ketiga. Yang paling spesial adalah bagian ini. Jreng..jreng...Nonton offline! Dengan aplikasi HOOQ saya dapat mendownload film favorite dan menyimpannya untuk menonton dilain waktu tanpa koneksi internet alias offline.

Fitur ini sangat menguntungkan. Soalnya saya masih sering numpang free wifi kantor dan saya manfaatkan mendownload film untuk ditonton pada waktu luang. Bagi kamu yang di kantor memiliki fasilitas free wifi, aplikasi HOOQ ini recommended deh.

Film yang didownload tersimpan di aplikasi bukan di smartphone. So, film tidak bisa dipindah ke perangkat lain untuk mencegah penyebaran illegal. Penyimpanan dibatasi dengan jumlah maksimal hingga 5 film yang tersimpan hingga 3 hari dan menggunakan memori internal smartphone.

Fitur ini menggenapkan tagline HOOQ sendiri yaitu HOOQtime. Anytime. Saya setuju, "anytime" itu menonton bisa dimana saja dengan hanya bermodalkan smartphone yang notabenenya memang dibawa-bawa oleh setiap orang dan kapan saja baik online maupun offline dengan mendownload terlebih dahulu.

Keempat. Help desk yang selalu ready. Saya tidak pernah menyangka bahwa ketika ada trouble saya mengirimkan email kepada HOOQ dan selalu mendapatkan respon. Bahkan, hingga sekarang HOOQ masih bertanya "Kami belum mendengar kabar dari Kamu", padahal trouble yang saya alami sudah selesai.

HOOQ benar-benar memastikan setiap pelanggan memperoleh pengalaman menonton yang terbaik sehingga tidak ingin terjadi masalah pada penggunaan aplikasi.

Kumpulan email support HOOQ


HOOQ dapat dijadikan pilihan sebagai media streaming / download film dan tv serial. Dengan koleksi film yang banyak dan kategori beragam, sangat cocok dijadikan media entertainment yang instan dapat dinikmati kapan dan dimana saja.

Sebagus apa HOOQ? Saya beri rating 4 dari 5 karena saya telah memilih HOOQ, kamu pilih apa?

Sekian ulasan saya tentang HOOQ, selamat berlangganan.



19 komentar

click to leave a comment!

March 2, 2017 at 10:44 AM Delete comments

sangat bagus nih... makasih sharenya..

www.kananta.com

Reply
avatar
March 2, 2017 at 10:54 AM Delete comments

Waah ada film lawas Indonesia juga ya di HOOQ? Wajib download nih, btw makasih ya bang Sabda atas infonya :)

Reply
avatar
March 2, 2017 at 1:11 PM Delete comments

setelah kita bayar berarti kita bisa nonton sepuasnya tanpa quota? wuih keren kali

Reply
avatar
March 2, 2017 at 1:24 PM Delete comments

kebiasaan nez, ga baca dengan seksama -_-", nanti ga kawan lagi kita. tanpa quota iya tapi download dulu filmnya pakai kuota

Reply
avatar
March 3, 2017 at 4:02 PM Delete comments

Saya baca dengan seksama sampai ke komentar2nya, lho... Hihihihi

Saya sempat berlangganan Hooq, bagus kualitas filmnya, lengkap pula. Dan Tsel baik bener memberi saya kuota nonton hooq tiap isi ulang paket. Selamat menonton di Hooq..

Reply
avatar
March 4, 2017 at 1:47 PM Delete comments

Wah sayang film Korea belum ada ya mas, padahal itu kesukaan anak saya banget. Tapi alhamdulillah deh biar dia nggak ngelirik aplikasi ini *ibu yang kejamkah saya?:)

Tapi kalau emaknya tergoda ya apa boleh buat, tetep buka :)

Reply
avatar
March 4, 2017 at 9:09 PM Delete comments

Hooq emang keren, bisa lihat film kapan saja dan dimana saja. Serasa bioskop mini bagiku mas.. :)

Reply
avatar
March 4, 2017 at 9:29 PM Delete comments

Temen gw nih pada langganan. Kalo lagi santai di kantor suka pada nonton. Gw mah nebeng aja, hahaha

Reply
avatar
March 4, 2017 at 9:47 PM Delete comments

HOOQ nyimpen banyak film2 berbahasa Tagalog. aku sukaaaaaa

Reply
avatar
March 6, 2017 at 10:11 PM Delete comments

Film nya udah banyak ya? Kalau langganan internet pakai telkomsel kan otomatis dapat kuota HOOQ tapi ga pernah dipakai -_-

Reply
avatar
March 7, 2017 at 10:53 PM Delete comments

seru yak. Aplikasi macam begini juga banyak pilihan, menyenangkan untuk konsumen, juga untuk pembuat film, di sisi lain pembajakan bisa diatasi dengan cara yang sama-sama menguntungkan baik untuk penonton maupun produsen. Tapiiiii sayangnya nggak ada film indoneisa. Aku sebagai penggemar film Indonesia sedih kalo mau nonton film Indonesia dengen genre yang 'kurang populer' di aplikasi-aplikasi macam gini. Hiks

Reply
avatar
March 14, 2017 at 6:02 AM Delete comments

Murah juga ya cuma Rp.49 ribu cuma siap siap aja baterainya...nggak nonton saja harus sering dicharge padahal baru buat browsing apalagi ditambah buat streaming video?

Reply
avatar
March 15, 2017 at 11:04 AM Delete comments

aku udah instal nih. asik lho nonton di HOOQ :D

deddyhuang.com

Reply
avatar
April 3, 2017 at 11:32 AM Delete comments

cukup nyaman dengan aplikasi semacam ini, sangat benar bisa mengurangi pembajakan,

eh film Indonesia banyak kok, bakalan terus diupdate bahkan yang baru rilis dari bioskop udah tayang di HOOQ

Reply
avatar
April 3, 2017 at 11:32 AM Delete comments

bisa di smartphone bisa dikomputer, kalau ada device lagi juga boleh kok kang

Reply
avatar
April 3, 2017 at 11:33 AM Delete comments

iya memang telkomsel ada kuota 1,5GB kalau ndak ssalah untuk HOOQ, sayangnya dimanfaatkan dung, kan tinggal di download saja aplikasinya

Reply
avatar
April 3, 2017 at 11:34 AM Delete comments

Iya nih, ada kuota 1,5 GB kan untuk pengguna halo, jadi paket tetap aman kan mbak, sementara kita bisa nikmati pilihan menonton di hooq

Reply
avatar