Home » » Membuat Emoticon Dari Kain Flannel

Membuat Emoticon Dari Kain Flannel

Posted by SabdaAwal.com on Monday, March 25, 2013


Sejujurnya saya agak merasa malu melakukan kegiatan kerajinan tangan seperti ini yang identik dilakukan oleh wanita. Hahahahaha, tapi tidak apa-apalah yang penting halal. Karena satu dan lain hal yang memaksa saya agar lebih produktif untuk menambah uang masuk. ^_^

Sejauh ini saya berhasil membuat tiga puluhan buah dengan ragam bentuk. Berbagai bentuk emoticon, pisang, stroberi, dan kepala kodok. Dijual dengan harga yang sama Rp 3000. Alhamdulillah, sekarang hampir habis, setelah ditawarkan kepada para tetangga oleh kakak saya. Cukup untuk mengembalikan modal dan membeli bahan yang baru.


Bahan
  1. Kain flannel
  2. Dakron
  3. Benang jahit
  4. Lem Fox
  5. Gantungan kunci (bila perlu)
Alat
  1. Gunting
  2. Jarum jahit
  3. Pola
Kali ini saya akan membagi cara membuat gantungan kunci emoticon, maka dari itu dibutuhkan gantungan kunci. Saya menggunakan kain flannel berwarna kuning, putih, dan hitam.

Emoticon berbetuk bulat, maka buatlah pola berbentuk bulat. Ukurannya sesuai selera. Saya sudah membuat perbandingan emoticon <!- dengan diameter 6 cm, 7cm, dan 8 cm. Ternyata yang paling cocok ukuran untuk sebuah gantungan kunci adalah yang berdiameter 6 cm. Kebetulan, saya memiliki sebuah pin dengan diameter 6cm yang kemudian saya jadikan pola.

#Langkah 1
Gunting kain fannel berwarna kuning sesuai pola. Buatlah dua lingkaran.

#Langkah 2
Jahit kain tersebut, jahitannya letakkan diluar agar kelihatan lebih cantik. 

#Langkah 3
Sisakan daerah sebelum jahitan bertemu untuk memasukkan dakron kedalamnya

#Langkah 4
Tambahkan mata dan mulut dari kain flannel berwarna hitam dan lekatkan menggunakan lem. 

#Sudah jadi

Kendala yang saya hadapi
Saya perlu belajar agar rapi dalam menjahit. Melekatkan mata dan mulutnya dengan hati-hati agar tepat.

Ini contoh emoticon yang saya buat, maaf fotonya jelek.
Emoticon dari kain flannel

Emoticon dari kain flannel

stroberi dari kain flannel

Kepala katak dari kain flannel

Pisang  dari kain flannel

Bagaimana? Lucu kan? Sempat ditawarkan sebagai cendramata pada acara pernikahan, tetapi sayang ia sudah memesan ukiran sebagai cendramata. Banyak orang yang tertarik dengan gantungan kunci ini. Bahkan hasil buatan teman saya yang di Kebumen telah ditawarkan untuk dibuatkan katalog.

Oke, Selamat berkarya!

Thanks for reading & sharing SabdaAwal.com

Previous
« Prev Post

27 komentar:

  1. Itu dijual ya?
    Gue juga pernah buat, tapi ya cuma buat ngisi nilai tugas aja. :D

    ReplyDelete
  2. walah kreatif :D
    lucu mas emotnya XD

    ReplyDelete
  3. meskipun laki-laki, mas kreatif juga. hasilnya bagus dan rapi.
    malu neh jadinya *tutup muka*

    ReplyDelete
  4. Wah, bisa dijadiin mata pencaharian nih. Calon-calon wiraswasta muda XD

    ReplyDelete
  5. walah bisa juga bikin gituan bang? :D keren lah jahitnya yg nggak bisa saya :D

    ReplyDelete
  6. waah sebagai cewek, gue jadi ngerasa minder :3
    baiklah. mulai sekarang mari belajar menjahit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh... gampang.. sangat gampang malah.. cuma jahit aja, semua orang bisa kayaknya

      Delete
  7. Keren keren. Dari kreatifitas bisa menghasilkan duit. Lanjutkan :D

    ReplyDelete
  8. Sugoii...
    Imut2 bnget tuh yg emoticonnya,,
    Lucu deh idenya..
    bisa jadi prince of sewing kyaknya.. :D

    ReplyDelete
  9. unyu2 yah
    jadi inget calon saya juga dulu buat flanel :D

    ReplyDelete
  10. lucu-lucu ya emoticonnya :D jadi pengen coba bikin sendiri di rumah. hehe. btw, hasil kreasi ini dijualkah, kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba, iya ini saya jual kepada para tetangga rumah...

      Delete
  11. Kreatifff bangeeed.... mau donk... he :)

    ReplyDelete
  12. salut deehh dengan tangan terampil seorang pria membuat ini...

    ReplyDelete
  13. ini bikinan sendiri bang?
    beneran kah?
    heemmm peluang besar ih buat bisnis, langkah pertama udah di posting di blog selanjutnya langsung di posting di FJB bang.

    Oy, kemaren2 di sms gak di bales dasar, :(

    ReplyDelete
  14. abang sabda sama kayak gue dong ya.suka bikin ginian dan hasilnya lumayan. gue mah kalo ditanya customer bikinan sapa.bilangnya bikinan cewek gue padahal produksi sendiri.muahahah... malu soalnya xD

    ReplyDelete
  15. aiih.. qt sehati. kmr ak jg s4 bikin boneka dr flanel
    tp kykny rapian km nih jahitanny =="

    ReplyDelete
  16. seratusss lah bang,makin bagus banget :D nilai plus buaat cowok bikin beginian :D

    hey hey paragraf terakhir -_-
    pisangnya kok gak dibalik?

    ReplyDelete
  17. Waw keren.. gak nyangka cowok bs telaten bikin beginian :D

    ReplyDelete
  18. weehh boleh juga tuh ntar bikin sarung toples atau temat tisu dari kain flanel :3

    ReplyDelete
  19. keren ahahaha.. iih lucu, bisa buat pin jilbab tuh unyu unyu .

    ReplyDelete
  20. ihhhhhhh..... Lucu bangettt kakakkkkk.... ^^
    makasih ya udah nagsih ide wat tugas akuuuu... >(^u^)<

    ReplyDelete
  21. ternyata mudah sekali ya untuk membuat emoticon dari kain flannel. Tapi kalau kita beli di toko itu cukup mahal. Kalau sudah tahu cara membuatnya, mending buat sendiri ya mas hehe sekalian buka toko nya juga hehe :D

    ReplyDelete