Home » » Pengertian Korupsi Berdasarkan Undang-Undang

Pengertian Korupsi Berdasarkan Undang-Undang

Posted by SabdaAwal.com on Wednesday, May 1, 2013


Maaf, tulisan di blog ini semakin random saja. Saya lihat topik Pengertian Korupsi ini punya trafik yang tinggi di blog lain saya. Dari itu post ini saya pindah kemari untuk mendongkrak trafik blog ini. Ditambah lagi saya belum memiliki ide apapun untuk menulis.

Korupsi pekerjaan kotor yang dibenci semua orang kecuali para pelakunya,-koruptor. Kebanyakan orang mengira bahwa tindakan korupsi hanya dilakukan oleh mereka yang memiliki jabatan, minimal sebagai pegawai kepemerintahan. Saat mereka mulai bekerja mungkin tak ada terbesit sedikitpun untuk bertindak korup tetapi malah membencinya. Ketika sudah bekerja, apalagi berhubungan dengan uang, keteguhan itu bisa saja seketika runtuh. Uang lebih terlihat menggiurkan. Menjual beberapa prinsip diri ia rasa tak mengapa. Adakalanya juga orang yang mulai bekerja memang merencanakan untuk bertindak korup. Semuanya tergantung individu masing-masing.


Pengertian korupsi
Berikut ini beberapa pengetian korupsi yang saya himpun dari berbagai resensi dan menurut undang-undang.


Korupsi berasal dari bahasa Latin coruptio dan corruptus yang berarti kerusakan atau kebobrokan. Dalam bahasa Yunani corruptio perbuatan yang tidak baik, buruk, curang, dapat disuap,tidak bermoral, menyimpang dari kesucian, melanggar norma-norma agama, materil, mental, dan umum.

Korupsi dalam arti hukum, adalah tingkah laku yang menguntungkan diri sendiri dengan merugikan orang lain, yang dilakukan oleh penjabat pemerintah yang langsung melanggar batas-batas hukum.


Korupsi berdasarkan pemahaman pasal 2 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang diubah menjadi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001. Korupsi merupaka tindakan melawan hukum untuk memperkaya diri sendiri/orang lain (perseorangan atau sebuah korporasi) , yang secara langusng maupun tidak langsung merugikan keuangan atau prekonomian negara, yang dari segi materiil perbuatan itu dipandang sebagai perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai keadilan masyarakat.


Korupsi= Pencurian + Penggelapan



Untuk pengertian korupsi pada point yang terkahir, Komisi Pemberantasan Korupsi dalam buku Mengenali Dan Memberantas Korupsi memberikan suatu kiat untuk memahami korupsi secara mudah; yaitu dengan memahami terlebih dahulu pengertian pencurian dan penggelapan


1) Pencurian berdasarkan pemahaman pasal 362 KUHP, merupakan suatu perbuatan melawan hukum mengambil sebagian atau seluruh milik orang lain dengan tujuan untuk memiliki atau menguasainya. Barang/hak yang berhasil dimiliki bisa diartikan sebagai keuntungan bagi pelaku

2) Penggelapan berdasarkan pemahaman pasal 372 KUHP, merupakan pencurian barang/hak yang dipercayakan atau berada dalam kekuasaan pelaku.

Demikianlah pengertian korupsi menurut undang-undang dan resensi lain (asal kata). Semoga tulisan Pengertian Korupsi ini menambah wawasan kita semua.



Thanks for reading & sharing SabdaAwal.com

Previous
« Prev Post

12 komentar:

  1. korupsi merajarela, terutama dinegara indo,. Harusnya para koruptor itu di qishos saja. .

    Wah memang brapa bnyak sob traficnya dgn postingan korupsi ini? Saya juga pngen cri trafik bnyak. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog yang lain itu nggak terkenal, tapi kalau untuk postingan ini laku keras lah... masuk di page pertama google

      Delete
  2. Mau kaya apa penjabaran "korupsi" itu, tetep aja BERANTAS KORUPSII!!! *Bakar Ban Bekas ditengah jalan*

    ReplyDelete
  3. bongkar bongkaar bongkaaar! :D
    korupsi bukan hanya karena ada niat, tapi juga kesempatan. salam super!

    ReplyDelete
  4. Korupsi itu tanda psikis yang abnormal #eh

    ReplyDelete
  5. Banyak org yg benci dgn korupsi dan mencaci para koruptor, tp sebenarnya kita juga korupsi. Nikmat yg diberikan Allah subhanahu wa ta'aalaa di dunia kita salah gunakan.

    Semoga Allah yg maha Pemurah memberi hidayah kpd para koruptor untuk bertaubat. Amiin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita bisa jadi termasuk korupto juga, tetapi tidak menyadarinya

      Delete
  6. menambah wawasan ini ... TFS

    ReplyDelete
  7. Sepanjang Sejarah peradaban manusia, biang korupsi itu karena demokrasi.. :D

    ReplyDelete
  8. PNS yang suka telat masuk kerja juga itu termasuk koruptor

    ReplyDelete
  9. hmmmm...
    banyak orang yg sering korupsi kok..
    misalnya jalan untuk sepeda dilewati motoratau mobil...

    ReplyDelete
  10. jgnkan jalan dan duit, kdg aja kita sering korupsi pd dri kita sendiri....

    ReplyDelete