Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Fotografer Pemula

Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Fotografer Pemula

Seni fotografi memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Pertumbuhan komunitas berikut para peminatnya terus meningkat seiring berjalannya waktu. Banyak anak muda yang mencoba menerjunkan diri dalam seni ini. Ada yang sekedar iseng, mencoba hobi baru, atau karena jurusan kuliah.

Kamera menjadi hal wajib yang harus dimiliki untuk menjadi seorang fotografer. Yang paling disarankan adalah kamera DSLR dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan. Fotografer pemula umumnya tidak memiliki informasi memadai untuk memilih kamera. Terkadang mereka salah membeli karena terlalu canggih dan kompleks sehingga kesulitan untuk menggunakannya. Untuk itu saya akan memberikan beberapa pertimbangan dalam memilih kamera bagi fotografer pemula dan kamera rekomendasi yang bisa menjadi pilihan. Kalau tempat membelinya sendiri banyak, ada yang online maupun offline, salah satunya di Lazada.co.id .

Berikut ini hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih kamera bagi fotografer pemula :

Harga
Hal utama yang harus dipertimbangkan adalah harga. Untuk membeli kamera DSLR jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli harga yang mahal. Pada umumnya, barang yang lebih mahal cenderung memiliki fitur yang lebih canggih dan lengkap. Sementara itu, untuk fotografer pemula bisa dimulai dengan kamera fitur sederhana dan harga murah.

Tetapi tidak berhenti begitu saja. Pemilihan kamera berdasarkan harga harus fleksibel. Jika Anda memiliki budget lebih, maka bisa membeli kamera yang lebih canggih. Khawatir sulit mengoprasikannya? Tidak juga, karena seiring berjalannya waktu pasti kita akan terus belajar dan mengerti. Setiap pelajaran pasti memiliki tutorial yang akan membantu kita untuk mengerti.

Jadi mau membeli yang mana?

Merk
Ada dua merk teratas yang paling diminati oleh para fotografer. Nikon dan Canon. Untuk kemampuan dua brand tersebut tidak perlu diragukan lagi.

Kamera dengan merk Nikon dan Canon memiliki kelas yang bisa ditandai dari digitnya.

  • Kelas Professional memilii satu digit, seperti Nikon D2x dan Canon 1Ds
  • Kelas Semi-Professional memiliki dua digit, seperti Nikon D60 dan Canon 60D
  • Kelas Hobby memiliki tiga digit, seperti Nikon D300 dan Canon 350D
  • Kelas Entry Level memiliki 4 digit, seperti Nikon D3200 dan Canon 1100D

Ukuran dan Model
Ukuran menjadi pertimbangan berikutnya dalam memilih kamera. Kebutuhan kamera seorang fotografer traveling, fotografer bawah air, fotografer mode adalah masing-masing berbeda. Dari itu dibutuhkan keputusan yang tepat dalam memilih kamera. Misal, untuk fotografer traveling lebih disarankan memilih kamera dengan ukuran kecil dan ringan agar mudah dibawa.

Fitur Stabilizer
Sebagai pemula pasti belum mengetahui cara yang baik untuk mengambil gambar. Tidak jarang  sebagai fotografer pemula mendapati gambar yang mengalami 'shake' atau bahkan blur ketika memotret. Fitur Stabilizer membantu pemula untuk menghindari gambar yang shake dan blur.

Berikutnya dibawah ini merupakan dua pilihan kamera yang bisa dijadikan pilihan sebagai fotografer pemula.

CANON EOS 1100D Kit
Canon 1100 D Kit cocok untuk fotografer pemula. Banyak disukai karena tata kontrol yang sederhana sehingga untuk mengoprasikannya cukup lancar. Canon 1100D memiliki Live View dan modus peraturan otomatis sehingga akan menghasilkan gambar terbaik.

Canon 1100D Kit ini mempunyai lensa kit EF-S 18mm f/3.5-5.6 IS. Lensa dengan mount plastik ini punya diameter filter 58mm dan sudah dilengkapi dengan peredam getar (stabilizer). Pada bagian kiri terdapat dua tuas, yaitu tuas Auto atau Manual fokus (AF-MF) dan satu lagi tuas untuk mengaktifkan stabilizer.


CANON EOS 60D Body
Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Fotografer Pemula
CANON EOS 650D Body
Canon EOS 60D ini menggunakan sensor CMOS Hybrid belum full frame sehingga masih masuk golongan kamera fotografi pemula. Sensor ini berguna untuk mengkombinasikan fase deteksi dan kontras autofokus, fitur ini sangat berguna pada saat Anda menggunakan kamera ini untuk merekam video.

Kamera Canon EOS 60D memiliki prosesor DIGIC 5, memiliki 9 titik Auto Focus yang dapat membantu Anda mengambil foto dari posisi apapun. Kamera Canon EOS 60D dengan resolusi 18 MP ini menggunakan memori SD, SDHC atau SDXC.

Jika Anda berminat membeli dua opsi kamera diatas, bisa coba beli di toko online Lazada, biasanya disana produknya lengkap dan harganya juga kompetitif.

Demikianlah pertimbangan dalam memilih kamera DSLR untuk pemula berikut pilihan kameranya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Comments

  1. Saya dari dulu ngidam nikon 3100 belum kesampean sampe sekarang.hhehhe

    ReplyDelete
  2. berarti aq masih hoby ya... meski cukup lama lumayan lah canon 500D

    ReplyDelete
  3. Fitur kamera memang cukup penting untuk dipertimbangkan dalam kaitannya dengan kualitas foto dan hal-hal lain yang berhubungan dengan fotografer. Ada 3 merk kamera DSLR yang direkomendasikan untuk kita semua yang ingin terjun di dunia fotografer. Informasi yang sangat menarik untuk direkomendasikan bagi kita-kita yang suka fotografer, terutama yang masih belajar. Nice share :)

    ReplyDelete
  4. harga body camera.. menurut saya murah kalu diabndingkan dengan lensanya...

    ReplyDelete
  5. Gw dulu penget banget punya kamera dslr.tp entah kenapa sampai sekarang gak kepikiran bwt beli gan.Mungkin ane cm hobbyist aja sih di bidang fotografi.

    ReplyDelete
  6. Belum ada dana untuk membeli kamera sob. Dananya masih ada yang lebih penting. Jadi masih memakai hape untuk menjadi fotografer. Fotografer dunia blogger hehehe

    ReplyDelete
  7. Waah.. udah keren nih bg tampilan template nya.. ^_^
    Lebih nyaman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya , finally harus mengorbankan demi kenyamanan pembaca

      Delete
  8. masih nabung buat beli sendiri, nggak enak pake punya bokap heuheu.. pengen bisa ngedokumentasiin video maen di jalanan ntarnya :D nikon 3100 enaknya ringan banget gambar juga cukup udah HD :D pengennya sih cari EOS 550 :v

    ReplyDelete
  9. saya tidak punya bakat jadi fotografer ni mas tapi infonya bagus nich

    ReplyDelete
  10. Bener kak, ada teman yang punya kamera dslr tapi masih suka blur kalo ngeshoot. hehe pengen punya sih, ga ngerti juga, mungkin kalo sudah punya seiring waktu bakalan ngerti juga, nabung dulu. makasih infonya..aku bookmarks yaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho... berarti tepat dong rekomendasikan kameranya

      Delete
  11. Pengen punya dari dulu...cuma belon kesampean2 sampe sekarang :)

    ReplyDelete
  12. pingin DSLR tapi nunggu yang gratis ada gak ya hehehe

    ReplyDelete
  13. wow, mesti pinter milih.
    hehe. makash nih infonya, pasti

    ReplyDelete
  14. kalau ane prefer ke midi controller gan atau soundcard, soalnya hobi fotografi udah terlalu mainstream, haha..

    ReplyDelete
  15. huum keliatan keren kalo hunting nenteng2 kamera. pengin punya tapi ada yang mesti didahulukan

    ReplyDelete
  16. kepengen banget punya kamera DSLR sendiri :3

    ReplyDelete
  17. kalo dslr baru kepengen doang. masih mikir panjang tentang bayarnya :D
    sementara pake kamera prosumer dulu niatnya buat belajar seting manual. tapi kenyataannya ga pernah pake manual, main auto terus, hehe

    ReplyDelete
  18. nais inpo bang :D kebetulan lagi jadi potografer amatir nih :D

    ReplyDelete
  19. punyakyu canon 500 D bang.. tapi ya gitu maen jepret2 aja

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Natasha Skin Care Untuk Pria

Cara Menyembuhkan Kerumutan

Cara Mudah Memindahkan Kontak Dari Xiaomi Redmi 2S