Home » » Sindrom (Takut) Nasi; Anak Tidak Mau Makan Nasi

Sindrom (Takut) Nasi; Anak Tidak Mau Makan Nasi

Posted by SabdaAwal.com on Friday, July 5, 2013

Sindrom (Takut) Nasi; Anak Tidak Mau Makan Nasi,

sindrom nasi anak takut tidak mau makan nasi

Arja


Sindrom nasi, mungkin Anda baru pertama kali mendengarnya. Saya sendiri sudah lama mengetahuinya dan ternyata salah satu keponakkan saya adalah penderitanya.

Rasanya agak aneh saja dimana kita tahu nasi menjadi makanan pokok, tetapi keponakkan saya malah takut dengan nasi. Arja, Umurnya masih 2 tahunan lebih. Kakak saya khawatir Arja kekurangan gizi, jadi keponakkan saya masih disusui. Untuk susu bayi Arja juga tidak mau, kalau makan dipilih-pilih.

Untuk memenuhi kebutuhan Arja, kakak biasanya membuat cemilan untuknya. Kadang kentang, roti, tempe, dan jajanan instan. Yang saya tidak habis pikir ketika beberapa butir nasi melekat ketubuhnya ia langsung menjerit.

Kakak sudah mencoba beberapa cara agar Arja mau makan nasi. Namun, usaha sia-sia. Pernah dicoba diberi ikan dimana ada beberapa butir nasi disana, Arja langsung melepehkan ikan yang masih dikunyahnya.

Usut punya usut, ternyata sejak bayi Arja selalu memuntahkan bubur bayi yang diberikan. Awalnya kakak merasa bahwa produknya tidak cocok, namun setelah diganti dengan beberapa produk lainnya, Arja tetap muntah. Alhasil, Arja tidak diberi bubur bayi lagi.

Haruskah makan nasi?
Sebenarnya jika anak tidak mau makan nasi tidak masalah karena bukan merupakan suatu keharusan. Banyak makanan yang bisa menggantikan nasi. Berikan roti, kentang, mie, dan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat.

Thanks for reading & sharing SabdaAwal.com

Previous
« Prev Post

27 komentar:

  1. Sama kayak ponakanku bang, kalau makan nasi dikit aja udah muntah..kalau besar nanti gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buakan orang indonesia kalo nggak makan nasi.
      sudah cukupkan saja dengan produk2 dalam negeri seperti katanya maspion :D
      *ups

      Delete
  2. Ada-ada aja penyakit jaman sekarang ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, saya juga baru tau kalo ada penyakit yang anti nasi kaya begitu

      Delete
  3. teringat taman kampus sampe besar ga doyan makan nasi.. makannya mie terus, kalo lihat orang makan nasi katanya pengen muntah. kalo ga salah ya gitu awalnya kecil nasi itukan lengket terus dia rasa risih gitu hehe

    ReplyDelete
  4. iyaak, kyk tetanggu jg.. dia liat nasi ky liat singgat -.-

    ReplyDelete
  5. wah malah baru denger, tak kirain kalau anak-anak nggak doyan nasi itu wajar. Soalnya masih suka makan cemilan. Kalau dari segi kesehatan atau saran dokter bagaimana supaya doyan makan nasi. Ada terapi khusus mungkin?

    ReplyDelete
  6. Wah Gue Juga baru denger Sooob

    Mkin Keponakanya ada keturunan bule kali ya, Kok Nggak mau Makan nasi <<
    malah makanya Roti

    ReplyDelete
  7. ada juga kecanduan karbo...
    kalau gak makan nasi atau karbohidrat maka akan pusing layaknya mau pingsan....

    ReplyDelete
  8. Mungkin sang anak tau kalau nasi di kemudian hari akan mahal. Jadi mulai dari kecil sudah nggak mau makan nasi. Milih makanan lain yang lebih murah hehehe

    ReplyDelete
  9. kalo keponakan bukan cuma nasi saja, tapi semua jenis makanan dia enggan memakannya :-)

    ReplyDelete
  10. wah hebat nih, jarang-jarang nih ada yang gak suka nasi, enak nih bisa hemat beras, hehe :D

    ReplyDelete
  11. Wah, kalo sampe hanya melekat beberapa butir nasi ditubuhnya aja dia menjerit parah banget gan. Perlu ditanggapi serius itu, takutnya sampe tua nanti dia gak makan nasi.
    Coba deh ke dokter-dokter yang lebih tau masalah kayak gitu

    ReplyDelete
  12. betul sekali kalau anak kecil gak mau nasi msh byk makanan pengganti yg lain. misalnya kasih susu aja.

    ReplyDelete
  13. Met malem ikut nyinak sdkt gan, kbtulan ini mengingatkn saya pda satu ktika dlu sama dengan kawan dyan yang tinggal satu kampung dg dyan, sejak dia bayi hingga dewasa tidak pernh mkn yang nmanya nasi, malahan kalo nglihat nasi dia jadi muntah2,ohw dyan pikir cuma teman dyan s,org aja trnyta bayak jga ya, ok deh moga aja bsa bruba nfsu mknnya sperti manusia2 yang lainya, thanks berkunjung sambul folloback di tnggu kunjungan blknya ,

    ReplyDelete
  14. aku malah alergi nasi. tapi aku makan kentang, kata dokter gpp :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang ngga apa kaka, karena nasi bukan suatu keharusan

      Delete
  15. Dulu anak saya nggak suka nasi, sukanya makan kentang, tapi sekarang sudah bisa makan nasi, dan tidak masalah dengan nasi.

    ReplyDelete
  16. Iya gue juga punya adek kelas waktu sd kaya begitu.. kalo makan mie instant terus jadi ngeri sama ususnya

    ReplyDelete
  17. ada ya sindrom takut nasi
    ah jadi kepikiran tentang sindrom sambal...

    ReplyDelete
  18. Banyak anak-anak Balita yang 'susah untuk diajak makan' biasanya mereka harus 'dirayu' dan diajak melihat sesuatu yang 'menarik' agar mau makan. Kadang makanannya dibiarkan di mulut saja tidak ditelan. Perlu pekerjaan ekstra bagi pengasuh atau orang tuanya untuk anak seperti itu. Info yang menarik. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
  19. Saya nemu anak-anak yang ga doyan nasi udah 2 orang mungkin masih ada lagi yang lainnya, saya nonton di TV, terus makannya apa tu gan kalau ga makan nasi?

    ReplyDelete
  20. kok bisa ya gan, hehe. temennya temen ane malah gak doyan nasi gara-gara tampilannya mirip belatung gitu gan. dia makannya kentang mulu.

    ReplyDelete
  21. tmn saya sama gak suka makan nasi tpi klo kulit gabahnya doyan banget..dan lbih parah lgi smua jenis buah2an gak suka ..yaitu tu dia cuma doyan kulitnya aja...aneh ya gan..kaya kuda lumping aje wkwkwk

    ReplyDelete
  22. sepengetahuan saya kasus tidak mau makan nasi itu lebih cenderung atau kebanyakan disebabkan karena PHOBIA (ketakutan terhadap sesuatu yang diakibatkan biasanya dari trauma masa lalu baik disadari maupun tidak disadari)

    alhamdulillah, saya pernah menangani kasus serupa (tidak makan nasi) pada seseorang yang sudah berusia 22 tahum dan alhamdulillah hasilnya sekarang dia bisa makan nasi

    bagi yang ingin sembuh dari penyakit tidak bisa makan nasi ini bisa konsultasi melalaui 085659088227 eris/fachry

    ReplyDelete