Home » » Tes Wawancara USM STAN

Tes Wawancara USM STAN

Posted by SabdaAwal.com on Sunday, August 4, 2013

Tes Wawancara USM STAN 

Saya akan berbagi pengalaman wawancara USM STAN tahun 2011. Ini adalah tes puncak yang menentukan apakah layak menjadi mahasiswa STAN atau tidak. Rasanya memang agak berbeda dengan tes-tes sebelumnya. Tulisan berikut ini merupakan cerita berdasarkan penalaman saya di tahun 2011.

Saya tes di Medan, tepatnya di Gedung Keuangan Negara Medan. Ada cerita menarik ketika saya melewati tes wawancara ini. Pagi hari, saya sudah rapi dengan kemeja, celana jeans, dan sepatu kets. Saya cukup PD saat itu. Namun, ketika memasuki ruangan tunggu wawancara, saya malu dan kaget. Pasalnya, semua peserta menggunakan pakaian hitam putih. Bahkan ada yang menggunakan dasi. PD saya hilang, saya memberanikan diri bertanya kepada peserta lain.

"Harus berpakaian hitam putih ya? "
" Beginilah standar tes wawancara. Pakaian juga termasuk penilaian."

Saat itu saya galau. Akhirnya, saya menyuruh abang saya agar dibawakan pakaian hitam putih. Jangan lupa sepatu pantofel (orang-orang bilang sepatu kantor) bagi laki-laki. Saat itu saya menggunakan kemeja pendek, yang lebih afdhal kemeja panjang. Untuk perempuan, yang saya lihat ada yang menggunakan rok hitam selutut dan panjang.

Bagian terpenting yang kalian tunggu pasti "apa saja pertanyaannya?" dan "bagaimana cara menjawabnya?".

Sebelum memasuki ruang wawancara, kita akan diperintahkan mengisi sebuah formulir. Isinya, nama, asal daerah/sekolah, organisasi, prestasi, hobi, dan cita-cita (saya sudah lupa). Isian tersebut saya isi semua, namun peserta lain ada juga yang mengosongkan terutama di bagian prestasi dan organisasi. Isian ini bukan dijadikan standar kelulusan kok. Isi jika memang ada.

Tes menggunakan Bahasa Indonesia.

Ada 7 pewawancara, masing-masing peserta akan dihadapkan dengan satu pewawancara. Nah, yang ditanyakan, yaitu :
  1. Pertanyaan berdasarkan isian formulir tadi.
  2. Contek-mencontek
  3. Kamu mau masuk jurusan mana ?
Dimulai dari organisasi. Kebetulan di SMA saya menjadi salah satu ketua bidang di OSIS. Maka, pertanyaan yang saya terima adalah :
  • Apa saja kegiatan yang kamu lakukan sebagai ketua bidang tersebut?
  • Apa saja tugas sebagai ketua bidang tersebut?
  • Pernahkah mengalami masalah dengan bawahan? Jawaban saya ada, lalu mendapat pertanyaan lanjutan "Bagaimana kamu mengatasinya?"
Prestasi. Alhamdulilah saya memiliki sedikit prestasi Olimpiade Sains dimana mengalami peningkatan ranking dalam 2 tahun. Pertanyaannya adalah : "Usaha apa yang kamu lakukan hingga bisa meningkatkan ranking kamu?"

Contek mencontek. Ini adalah pertanyaan yang cukup sulit. Tetapi saya menjawabnya dengan jujur. Pertanyaannya adalah :
  • Pernah mencontek? Jawaban saya : Ya, saya pernah, saat itu saya tidak mengetahui pelajaran tersebut, jadi saya mencontek. Namun, setelah pelajaran berlalu saya mempelajari hingga mengerti sehingga tidak mencontek lagi.
  • Pernah memberi contekan? Jawaban saya : Ya, saya pernah, saat itu si teman tidak mengerti jadi dia terpaksa mencontek kepada saya. Saya tahu betul dia sebenarnya mampu, namun saat itu ia lupa rumus. Setelah selesai, saya menyarankan agar belajar lebih giat lagi, karena mencontek itu perbuatan yang tidak baik.
  • Pernah melihat orang mencontek? Jawaban saya : Ya, saya pernah. Saya biarkan saja ia mencontek. Setelah pelajaran selesai, saya berinisiatif bertanya tentang pelajaran yang tidak ia mengerti. Lalu, saya mengajarinya agar tidak mencontek lagi.
Kelemahan. "Apa kelemahan kamu?" Jawaban saya : saya pelupa, untuk mengatasinya saya sering membuat catatan kecil. Malahan dengan catatan tersebut membuat saya menjadi selalu ingat.

Pertanyaan terakhir untuk menentukan apakah kita benar-benar ingin dijurusan tersebut atau tidak. "Mau ambil jurusan apa?" Jawaban saya : saya memilih Bea dan Cukai.

Inilah tentang Tes Wawancara USM STAN 2011 yang saya jalani. Semoga bermanfaat. Selamat berjuang  ^_^ .


Thanks for reading & sharing SabdaAwal.com

Previous
« Prev Post

62 komentar:

  1. Cukup berat juga ya seleksi untuk bisa masuk di STAN. Ada beragam tes yang harus diikuti, dan setiap tes mempunyai materi ujian yang berbeda-beda. Memang benar-benar orang yang sangat beruntung apabila bisa masuk di STAN. Karena selain kuliah nya singkat, juga setelah lulus nanti bisa langsung kerja :)

    ReplyDelete
  2. Saya juga pernah berpengalaman ikut test wawancara di PT XL Axiata mas, dan yang jadi prioritas memang organisasi dan keahlian lainnya.

    Hehhee alhamdulillah saya jadi Adminnya XL selama 1 tahun.

    Salam semangat dari Jember.

    ReplyDelete
  3. yang pasti kita harus pandai2 menjawab pertanyaan yang diajukan dengan bahasa yang baik dan benar.

    Selamat malam

    ReplyDelete
  4. perlu niat yang lurus buat tembus STAN. Wawancara emang salah satu tahap terpenting, coba jujur ama diri sendiri. Waktu dulu aku ikut STAN, tpi gak lolos, hehehehe

    ReplyDelete
  5. katanya yang paling susah itu di tes tulis ya? tes wawancaranya standartlah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. TAPI 50% dari test tertulis banyak yg gak lolos tahap berikutnya ^^

      Delete
  6. Hah tenyata mau masuk stan kayak begitu ya wawancaranya. Harus pandai mencari alasan dalam mengatasi jawaban kita sendiri.

    ReplyDelete
  7. Kak klo gk ad pngalaman organisasi sm prestasi, ad ksmpatan bwt lulus gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, banyak teman kakak yang seperti itu kok

      Delete
    2. iya, kalau kurang yakin bisa tanya panitia nanti ketika tes

      Delete
    3. kak, waktu ditanya alasan mau masuk stan kakak jwb ap, trus katanya disuruh nyeritain keluarga juga ya, yg diceritain apa aj?

      Delete
  8. wisssssh keren banget daah....
    bisa di-share nih ke calon adek kelas niiihh...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yang tanya bg, makanya dbuat tulisan khusus

      Delete
  9. Bagus nih buat pengalaman calon pendaftar baru ^^

    ReplyDelete
  10. lo kuliah di stan broh? baru tau gue hha :D

    ReplyDelete
  11. Wawancaranya serem amat. Kalau ditanya seperti itu lumayan kelabakan. Nggak lihai dalam bersilat lidah kayak begitu.

    ReplyDelete
  12. maksudnya pngalaman organisasi gmana kak ya?? soalnya ane pernah ikut pramuka ama pmr, tapi cuma jadi pesertanya aja bukan pengurus/ pembina. dan seingat ane, gak pernah ada masalah tuh..
    kira2 perlu ditulis di lembaran gak ya??
    kalo ditulis tp gk prnah ada msalah kan sama aja... XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu kakak kurang tahu, organisasi biasanya pengurus, kalau pramuka sepertinya cuma kegiatan ektrakulikuler, tapi nanti bisa tanya ke panitia kok

      Delete
  13. Gema Takbir Menyapa Semesta,
    Membesarkan dan Mengagungkan Yang Maha Esa nan Maha Suci,
    Bersihkan Hati Kembali Fitri di Hari Kemenangan,
    Terkadang Mata Salah Melihat dan Mulut Salah Berucap,
    Hati kadang salah menduga serta Sikap Khilaf dalam Berprilaku,
    Bila Ada Salah Kata, Khilaf Perbuatan dan Sikap,
    Bila Ada Salah Baca dan Salah Komentar,
    Mohon Dimaafkan Lahir dan Batin,
    Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1434 H

    ReplyDelete
  14. kak, mau tanya nih. kalo prestasi jaman SD masukin jangan?

    ReplyDelete
  15. k2 waktu hari2 sebelum wawancara ada latian khusus ga yang k2 kerjakan sbg persiapn?
    Trus k2 waktw wawancara ada ga pertanyan yg ga bisa k2 jawb, atw yg k2 ksulitan dlm menjwb nya,?
    trims sblm nya k2, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga ada. Kakak sebelumnya sudah punya pengalaman wawancara sebelumnya. PErtanyaan dijawab semua, kalau setiap kesulitan itu tetap ada. Inilah guna tes wawancara,memaksa kita untuk berpikir cepat dan tepat dalam menjawab pertanyaan

      Delete
    2. k2 seandai nya untk tes wawancra, ksehtn, kbugrn ini smw peserta yg ikt tes ini smw nya bgus dn pnilain dr pnitia nya diats rta2 smw, mka apa akn ada tetap yg dgu2rkan atw gmana k2..?

      Delete
    3. bukan bermaksud pesimis, tetapi pada kenyataannya akan selalu ada yang terbaik dan terburuk :)

      Delete
    4. iya ya k2, :(
      huh memg nya masih akan banyak yang bkal dgugurn dthap ini ya k2

      Delete
  16. kak mau nanya, pencapaian nilai 10 pada UN juga termasuk prestasi? dan ditulis juga di form?

    mengenai kekurangan kelebihan, kalo itu di kosongin saja boleh / tidak?
    saya berpandangan, masalah itu kan orang yg melihat diri kita yg mengetahuinya...
    atau kalo gak ditulis malah jadi masalah?

    terus tes kebugaran, saat lari 12 menit, kakak dapet berapa putaran?
    lalu shuttle run nya berapa kali dan waktu yg kakak dapet berapa detik?


    maaf nih kalo nanyanya borongan, biar sekaligus aja kak....
    maaf ya kak sekali lagi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga termasuk :)

      seingat kakak kelebihan/kekurangan memang tidak ada di form, itu cuma pertanyaan yang berasal dari pewawancara, bisa jadi kamu tidak menghadapi pertanyaan itu, karena setiap pewawancara berbeda,

      sekitar 1500-an meter, putarannya tergantung ukuran lapangan. Shuttle run kakak sama sekali tidak ingat, maaf.

      ngga apa-apa tanya borongan, kakak senang membantu :)

      Delete
  17. kak, lalu ada kemungkinan gak ditanyain tentang jurusan yg dipilih. maksudnya, apa saja yg saya tau tentang jurusan tersebut?

    atau ada teman kakak yg ditanya seperti itu saat itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga ada. Kakak dapat pertanyaan "mau pilih jurusan apa?" Kita bisa memilih jurusan yang berbeda dengan yang kita isi sebelumnya. Tapi, kakak tetap memilih jurusan yang sama

      Delete
  18. Kak,tips biar bisa lari / lulus tes kebugarannya gmana ya ?
    saya gk sanggup lari. mungkin lulus gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus latihan-latihan dari sekarang ya

      Delete
  19. kak, ntar itu yang menentukan masuk D-III atau D-I apa ya??
    terus kalo kaka ingat pas shuttle run panjangnya brp meter??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk masuk DIII atau DI harus lulus tes,
      kakak ngga tau panjangnya, shuttle run mudah kok. 20 detik untuk3 angka 8

      Delete
  20. kak, ntar itu yang menentukan masuk D-III atau D-I apa ya??
    terus kalo kaka ingat pas shuttle run panjangnya brp meter??

    ReplyDelete
  21. Kak, waktu wawancara kira" berapa lama ya?
    Pertanyaan seputar pengetahuan umum ada ga kak? Kira" gmn bentuk pertanyaannya kak?
    Tolong bantu yah kak, makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekitar 15 menit, jens pertanyaan sudah dituliskan di atas

      Delete
  22. kaaakkk tanya ya? itu ceweknya yg pakai kemeja putih lengan panjang apa lengan pendek? terus itu prestasi SMA? kalau aku kan SMA cuma menang pengalaman aja kak prestasiku di masa SMP doang, kira2 maasih disebut prestasi apa gk ya kak?
    oya kak satu lagi, yang jd prioritas penilaian itu 'pengalaman organisasi'nya, 'prestasinya' apa ada yg lainnya? udah gt aja ^O^ hoho makasih kakak, mohon balasannya ya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh pakai lengan pendek atau panjang,

      hanya SMA, kalau kurang yakin silahkan tanya ke panitia, bisa jadi isian itu juga tidak ada tahun ini karena peraturan bisa saja berubah

      Isian prestasi dan organisasi sebenarnya tidak menjamin, yang menjamin itu adalah tes wawancaranya. kalau si pewawancara puas dengan jawaban dari setiap pertanyaan, InsyaAllah lulus

      Delete
  23. ini boleh bener kak? Isian prestasi d kosongin??
    saya ragu kalo gak lulus jika isian prestasi gak d isi ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada diisi, kalau tidak ada, apa harus dipaksakan untuk diisi? kalau ragu tanya panitia

      Delete
  24. k2 tatacra wawancra nya nanti seperti mengetuk pintu sblm msuk, salam, duduk stelah dpersilahkan itu masuk hitungan jg ndk k2? Kalau k2 dlu gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disuruh berbaris bertujuh, masuk kedalam ruangan. masing2 peserta dihadapkan ke 1 pewawancara. kakak dulu ucapkan salam ke pewawancara sampai dipersilahkan duduk

      Delete
  25. kak pas wawancara di dalem, bawa tas gak gak?? Kalo gak bawa, terus tasnya di taruh dimana

    ReplyDelete
  26. Kak mau nanya.
    buat yang shuttle run itu kan kita disuruh 3 kali buat angka 8. itu modelnya kita muterin 3 kali di tiang yang sama/ditempat yang sama atau langsung ada tiang-tiang berjejer jadi kita ga mesti muterin tiang yang sama kak?

    mohon dijawab ya kak ;D

    ReplyDelete
  27. semuangat 45 masuk stan ! tes wawancara stan itu kata masnya disuruh baris bertujuh, itu dalam satu ruangan yg sama langsung 7 peserta beda pewawancara apa ruangan tersendiri?

    ReplyDelete
  28. makasih ya bang atas postingannya . Semoga lulus saya hahaa :D

    ReplyDelete
  29. kak, waktu ditanya alasan mau
    masuk stan kakak jwb ap, trus
    katanya disuruh nyeritain
    keluarga juga ya, yg diceritain
    apa aj?

    ReplyDelete
  30. kak aku masih bingung soal penempatan kuliah. kalo d3 pajak itu dmn kak? masa iya jakarta kak? jauh banget dr rumah sayaaa TOT kalo surabaya mah masih gak papa
    terus kalo d1 pajak jg dmn kak?
    mohon bantuannya ya kakak beneran deh gtw mau tanya siapa lagi U_U *pundung*

    ReplyDelete
    Replies
    1. d3 di pusat yaitu Jakarta, untuk d1 ada yang di pusat atau di daerah masing-masing

      Delete
  31. Kalau test tertulisnya susah kagak bg?
    Tuh kalo test wawancara bener2 jawab jujur aja atau harus pandai2 kita?
    Bales yaak bg (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga sulit kok, mungkin bisa baca ini http://www.iba.web.id/2013/06/tips-menjawab-soal-usm-stan.html

      wawancara harus jawab jujur yak ^_^

      Delete
  32. kk kalo untuk cewek persyaratannya ada gk ? misalnya tinggi badan ?

    ReplyDelete
  33. kalo tes wawancaranya ada yang pake bahasa inggris gak kak?

    ReplyDelete
  34. kak kalo ditanya alasan masuk stan kakak dulu jawab apa?

    ReplyDelete
  35. kak apa tes fisik yang paling utama menentukan kita bisa lolos atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua tes utama, ga ada yang dinomor 2 kan

      Delete