Home » » Honda Tuntaskan Misi Injeksi : Blade 125 FI dan New Vario FI

Honda Tuntaskan Misi Injeksi : Blade 125 FI dan New Vario FI

Posted by SabdaAwal.com on Thursday, April 17, 2014

Dijalanan udah penuh banget sama kendaraan bermotor. Ngga jarang kalau kita ikut dalam euforia lalu lalang kendaraan kehirup asap kendaraan yang menusuk hidung. Ngga hanya sebatas itu saja, bahkan kendaraan bermotor menjadi salah satu penyumbang global warming.

Banyak asap, mau bikin sate?

Global warming adalah isu internasional broooh. Dimana es kutup mencair karena global warming. Alur singkatnya,- kendaraan bermotor - asap kendaraan - efek rumah kaca -ekosistem pun rusak, perubahan cuaca yang tak menentu dan lainnya.

Itu apaaaa???
Kenapa yang paling saya singgung kendaraan bermotor? Ya, kalau pabrik termasuk juga, tapi yang paling dekat dengan kita adalah kendaraan bermotor. Atau mungkin diantara kita salah satu penggunanya. Roda empat ataupun roda dua.

Kalau dilihat dari jumlah kendaraan motor maka yang paling banyak adalah sepeda motor, apalagi di Indonesia. Hampir disetiap rumah sudah memiliki sepeda motor. Yang mendominasi di jalanan juga sepeda motor. Atau mungkin kamu salah satu yang punya sepeda motor? Tiap hari digunakan ke tempat kerja, sekolahan, jalan-jalan, dan lain-lain.

Ya, saya ngga bilang kalau kamu termasuk yang nyumbang global warming di bumi ini padahal ia, mau nuduh. Dengan jujur saya bilang, kita jangan cuma tau beli motor, spesifikasinya apa, harganya berapa, tapi agak dipahami juga sedikit tentang sistem hasil pembuangan 'asap'-nya berdasarkan jenis mesin yang digunakan. Biar kita termasuk jadi orang yang peduli sama lingkungan. Kan jadi orang keceee broooh...

Ada beberapa produsen sepeda motor di Indonesia, yang paling terkenal adalah Honda. Bukan maksud promosi apa-apa, coba aja lihat dipasaran, sepeda motor mana yang paling banyak dipakai? Atau mungkin kamu sendiri pengguna produk Honda.

Jadi, atas dasar keprihatinan global warming, Honda berkomitmen untuk menjaga bumi dari polusi. Emang bisa KENDARAAN BERMOTOR disetting sedemikian rupa agar RAMAH LINGKUNGAN ? Agak ngga bisa diterima, pasalnya ini semacam  kontradiksi.

Oppp, saya lupa sesuatu...
Beberapa negara di dunia mulai membuat standar emisi gas buang CO (carbon monoxide), HC (Hydro Carbon), dan NOx (Nitrogen Oxide) pada sebuah kendaraan bermotor yang dikenal dengan istilah EURO. Hal ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Standar EURO adalah indikator tata kelola kualitas udara yang digunakan hampir di seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah kita sendiri mulai menerapkan standar emisi EURO 3 pada tanggal 1 Agustus 2011. Standar EURO ada EURO 1 sampai EURO 6, semakin tinggi nilainya maka standar emisi gas buang semakin tinggi pula.

Maka,banyak orang-orang yang mengaku, kalau di Jepang itu memang banyak kendaraan bermotor juga. Tapi, walau begitu kalau kita menghirup udara sekitar ngga menyengat sama sekali. Karena emisi gas buang benar-benar sangat rendah. Negara lain sudah ada yang menerapkan EURO 4 hingga EURO 5. Semisal beberapa negara Afrika dan India sudah menetapkan standar EURO 4. Kalau Indonesia masih EURO 3, akan segera menyusul mereka.

Perbandingan Antara EURO 1-3
Nah, untuk mengikuti 'tren' EURO 3, maka Honda memiliki teknoogi khusus pada sepeda motor. Sebenarnya teknologi ini udah ada sejak lama yang diterapkan pada motor balap.
"Teknologi injeksi atau yang biasa dikenal sistem PGM-FI yang telah dikembangkan oleh Honda sejak tahun 1981 dan sampai saat ini berkontribusi dapat menekan kadar emisi yang dihasilkan oleh ruang bakar (CO, HC, dan NOx) pada sebuah sepeda motor, sehingga sistem PGM-FI lebih mudah mencapai standar EURO yang lebih tinggi, misal EURO 3."
Motor Honda pertama yang menggunakan teknologi FI adalah Honda CX500 Turbo pada tahun 1981. Di Indonesia sendiri teknologi PGM-FI muncul pada tahun 2005 pada varian Supra X 125 PGM-FI. Akhirnya, pada tanggal 23 November 2011, PT Astra Honda Motor (AHM) mendeklarasikan penerapan teknologi PGM-FI pada semua produk sepeda motornya secara bertahap hingga akhir tahun 2013. Dengan mengangkat tagline "Cinta Honda PGM_FI Cinta Indonesia".

Karena hal ini, Honda pun pernah meraih Penghargaan Emisi Terbaik dari Kementrian Lingkungan Hidup. Wuiiihhhhh luar biasa kan? Sebuah hasil kerja keras dari komitmen yang konsisten dijalankan.



PGM-FI (Programmed Fuel Injection) adalah...
PGM-FI adalah sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi kontrol secara elektronik yang mampu mengatur pasokan bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan.

Jika di sepeda motor biasa menggunakan karburator untuk menampung bensin sementara dari tangki. Sementara itu, sistem PGM FI tidak sama sekali. Terkhususnya injektor Honda akan menyemprotkan bensin ke tempat pembakaran secara berkala yang diatur oleh banyak sensor nan pintar.

Hebatnya injektor Honda diciptakan sedemikian rupa sehingga hasil semprotan bensin kecil sehingga homogen dengan udara, lalu menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna. Tau ngga, kalau injektor Honda adalah injektor yang menyemprotkan ukuran partikel bahan bakar paling kecil di dunia.

Dalam melakukan tugasnya, injektor Honda memiliki pengaturan dengan tingkat presisi paling tinggi di dunia, menghasilkan pengaturan jumlah aliran bahan bakar yang sangat tepat, sehingga lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

PGM-FI pada Honda
Teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) mengandalkan peran berbagai komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat kontrol mesin EMC (Engine Control Module), yang kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan emisi yang ramah lingkungan.

sistem teknologi pgm fi

Keunggulan Teknologi Honda PGM-FI
No.1 HEMATnya
  • No.1 Irit: 30 % lebih irit (Metode ECE R40 Vario 125 dab BeAt FI)
  • No. 1 Garansi Terbaik : 5 tahun/50.000 Km (Garansi komponen PGM-FI)
  • No.1 Perawatan Termurah (Komponen injeksi tidak perlu perawatan berkala dan dapat dibeli terpisah)
  • Aman dengan bahan bakar premium

No.1 MUDAHnya
  • No.1 Bengkel terbanyak siap injeksi (3663 AHASS dan 10.408 bengkel umum siap injeksi)
  • No. 1 Mekanik ahli terbanyak (19066 mekanik)

No.1 HEBATnya
  • No.1 Injektor pintar kelas dunia (Ukuran BBM terkecil di dunia)
  • No.1 Motor injeksi terbanyak di Indonesia (7 dari 10 motor injeksi adalah Honda)
  • No.1 Teknologi MotoGP (Performa lebih bertenaga)
  • No.1 Motor injeksi pertama di Indonesia (Pelopor dengan Honda Supra-X 125)
  • No.1 Motor Injeksi dengan varian terbanyak di Indonesia
  • No.1 Paling ramah lingkungan (Penghargaan motor emisi terendah oleh Kementrian Lingkungan Hidup RI)

Mengintip Produk Terbaru Honda : Blade 125 FI dan New Vario FI
Nah, Blade 125 FI dan New Vario FI adalah dua varian sepeda motor terbaru dari Honda. Pastinya, keduanya menggunakan teknologi PGM-FI. Untuk itu, yuk kita cari tahu sedikit tentang kedua motor baru ini.

Blade 125 FI
Yang dibawah ini adalah adalah penampakan Honda Blade 125 FI double disc break dengan varian Special Racing Edition. Lihat saja, ada tulisan Repsol pada bodynya. Mesin baru yang diusung mampu menghasilkan kecepatan maksimum yaitu 100,7 km/jam serta akselerasi 12,6 detik untuk menempuh jarak 0 sampai 200 meter. Konsumsi BBM yang dihasilkan pun lebih irit 36% dengan menghasilkan emisi yang lebih baik dari standar emisi EURO 3.

Honda Blade 125 fi
Penampakan seluruh body bergaya racing

Double disc break untuk pengereman yang lebih optimal


Lampu depan dan belakang tajam dengan multireflektor

Bagasi luas dan tangki bahan bakar

Tampilan yang lebih staylish dan informatif. 



Bersiap tes ride dulu ^_^


Menurut saya, gasnya ringan ditarik. Pergantian gigi juga lembut. Ngga berat euy.




New Vario FI
New Honda Vario FI memiliki fitur-fitur keselamatan seperti standar samping otomatis (side stand switch) dimana mesin tidak dapat dinyalakan apabila standar samping dalam posisi turun dan brake Lock yang berfungsi untuk mencegah motor bergerak atau terjatuh saat diparkirkan, dan juga kunci berpengaman magnetic (magnetic secure key shutter) yang kini telah terintegrasi dengan tombol pembuka jok (seat opener button).

Penampakan full body

magnetic secure key shutter yang terintigrasi dengan seat opener button



Lampu yang lebih terang 80% dari lampu biasa dengan Dual Keen Eyes LED



Hanger yang di desain baru nih. Ngga khawatir jatuh lagi.

Dilengkapi dengan 'remote panggilan' kayak mobil. Kalau remote nya di pencet nanti motornya bersuara dan lampunya menyala (Answer Back System). Sangat membantu kalau nyari sepeda motor di tempat parkir (teknologi yang paling saya suka dari Vario FI).

Bagasi luas dan tangki dengan volume yang besar



Ada Brake Lock juga, biar motornya ngga bergerak atau jatuh karena roda berputar.

Bersiap untuk tes ride. Boleh ngga sekalian dibawa pulang ?

Saya sih lebih suka yang ini,-alasan utama karena matic, ringan, bagasi besar-ditambah answer back system-nya yang bikin jatuh cinta.. Cocok untuk kendaraan di daerah perkotaan. Narik gas, langsung meluncur. Ada  5 warna baru yang bisa kamu pilih yaitu Lunar Red (merah), Titanium Black (hitam), White Red, Swift White Silver, White Blue.



Oke, sampai disini dulu tulisan saya tentang PGM-FI, Honda, Blade 125 FI, dan New Vario FI. Semoga menambah pengetahuan kamu dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.


Thanks for reading & sharing SabdaAwal.com

Previous
« Prev Post

10 komentar:

  1. makin bagus aja ya tampilannya,tapi harganya tambah mahal ya?

    ReplyDelete
  2. kebetulan dirumah terparkir Honda Blade 125 F1, pemilihannya karena emang maniak Honda sejak dulu dan Blade 125 F1 keren, ngga tau kalau teknologinya secanggih yang dijelaskan diatas.
    mantaP

    ReplyDelete
  3. jadi pengen beli motor deeh....
    ganti yg lama yg udah uzur dan udah dipake sejak SMA....
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurutku paling bagus tu modelnya vario yg dulu awal...

      Delete
  4. Eh busyet ... motor sekarang pake remote juga yaaa hehe

    ReplyDelete
  5. Saya masih trauma mas, motor saya baru aja hilang di colong maling. Tapi honda memang masih bagus kualitannya menurut saya ;)

    ReplyDelete
  6. sekarang jaman nya motor injeksi ya mas, tapi saya kurang begitu suka, lebih suka yang ada karburator nya ;)

    ReplyDelete
  7. Body nya makin gagah yah mas dari pendahulunya.

    ReplyDelete
  8. keren jg tampilannya, belum pernah sih pakai motor injeksi, kapan2 coba Mas

    ReplyDelete
  9. makin garang aja honda vario, jadi pengen beli

    ReplyDelete