Home » » Cara Menyembuhkan Kerumutan

Cara Menyembuhkan Kerumutan

Posted by SabdaAwal.com on Monday, May 18, 2015

Cara Menyembuhkan Kerumutan
Kerumutan

Cara Menyembuhkan Kerumutan,- Saya baru sembuh dari kerumutan 2 hari yang lalu, jadi tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Ini kali pertama saya sakit kerumutan, keep reading yah!


Kerumutan, istilah orang kita bilang begitu. Untuk istilah kedokterannya saya tidak tahu. Saya sempat searching di internet, ada yang menuliskan bahwa kerumutan dan campak adalah sama. 


Untuk mengetahui apakah campak atau kerumutan sama, sebaiknya kita pahami campak itu apa.

Berdasarkan penjelasan dari www.aladokter.com

Campak disebabkan oleh sejenis virus yang ditandai dengan ruam diseluruh tubuh. Gejala akan muncul setelah 2 minggu terinfeksi virus.

Berikut ini gejala campak :
  • Mata merah
  • Mata menjadi sensitif dengan cahaya
  • Demam
  • Gejala flu (pilek, radang tenggorokan, hidung tersumbat dan ber-ingus)
  • Bercak putih ke abu-abuan pada mulut dan tenggorokan
Biasanya campak menyerang balita, tetapi tidak mustahil menyerang orang dewasa saat kondisi tubuh sedang lemah. Dengan obat-obat yang benar campak dapat disembuhkan dengan mudah.

Nah, adapun kerumutan yang saya alami diawali seperti dibawah ini.




Gejala

Diawali dengan demam, sakit kepala, lalu pilek. Pada hari ke 2 saya flu, mulailah muncul kerumutan. Muncul bintik-bintik kecil di punggung, bagian dada, lengan atas dan paha. 

Rasanya gatal, tapi kita tidak boleh menggaruknya.

Cara Menyembuhkan Kerumutan


Awalnya, saya kira ini biduran, tapi biduran ukurannya lebih besar dan bikin bengkak. Begitu juga, campak kali ya? Campak tidak gatal.

Teman saya bilang bahwa sakit yang saya alami adalah kerumutan. Saya disarankan minum soda agar kerumutannya (bintik-bintiknya) muncul semua. Kata teman sih kerumutan tidak akan sembuh jika bintik-bintiknya tidak keluar semua. 

Akhirnya saya membeli minuman bersoda yang banyak dijual di minimarket, lalu saya meminumnya 1 botol.

Jadi proses kerumutan yang saya alami  sebagai berikut :
  • Demam 
  • Hari berikutnya demam saya sudah mendingan, tapi malam-nya mulai kerumutan 
  • Kerumutan hingga 3 hari 
  • Lalu sembuh. Selama kerumutan badan saya panas.


Pengobatan Kerumutan
Ini pengobatan yang saya jalani. Untuk obat, Paracetamol, Amoxcilin dan CTM. Perlu diketahui, sebenarnya CTM adalah obat alergi dan gatal, bukan obat tidur! Paracetamol untuk menurunkan demam, Amoxcilin untuk meningkatkan antibodi, CTM untuk kerumutan.



Saya mandi pakai sabun yang mengandung sulfur. Saya pakai JF Sulfur (sebenarnya ini untuk wajah, tapi saya pakai untuk mandi efektif membunuh bakteri pada kulit karena kandungan sulfur-nya). Tersedia di indomar*t seharga Rp 9.500. Setelah mandi saya pakai Calladin Lotion untuk menanggulangi rasa gatal.

Alhamdulillah, saya mulai demam di selasa sore, dan sembuh dihari Sabtu. Demikian tulisan kerumutan ini, semoga membantu.

Thanks for reading & sharing SabdaAwal.com

Previous
« Prev Post

5 komentar:

  1. Pernah kena kerumut duluuuuu waktu masih kecil, tapi kayaknya bisa kena lagi pas dewasa kalau badan gak fit. GWS ya Sab...

    ReplyDelete
  2. Aku pun dulu pernah kenak kerumut.. Ngga enak banget rasanya.. Meriang ngga karuan :(

    ReplyDelete
  3. kalau kerumutan bisa minum air kelapa tua gan biar cepat sembuh. karena kerumutannya nanti akan keluar semua.
    yang menarik adalah banyak orang salah sangka dengan CTM, dikira obat tidur, padahal obat alergi yang efeknya ngantuk.

    ReplyDelete
  4. pake herrocin tu lhoo....
    yg sering dipakai untuk samapta..
    ampuuuh... hahahaaa....

    ReplyDelete
  5. Paracetamol itu pereda nyeri, amoxcillin itu antibiotik

    ReplyDelete