Home » , , » Tips Menabung Untuk Pekerja Pemula

Tips Menabung Untuk Pekerja Pemula

Posted by SabdaAwal.com on Tuesday, June 30, 2015

Tips Menabung Untuk Pekerja Pemula

Tips Menabung Untuk Pekerja Pemula,- Hei kamu yang berusia muda,-yang dibawah 25 tahun. Hei kamu yang baru mulai kerja atau masa kerja masih seumur jagung. Hei kamu yang kesulitan memanage keuangan sehingga gagal berhemat untuk menabung.

Itu jelas saya sendiri. Usia masih muda, tepatnya 21 tahun. Masa kerja memang seumur jagung,-1 tahun 8 bulan. Tapi kalau kesulitan mengatur keuangan,- itu jelas bukaaaaan saya~. Nyatanya saya berhasil mengolah penghasilan saya,- menabung dan berinvestasi.

Jadi, tulisan kali ini adalah rahasia sukses saya mengolah gaji di usia muda. Kebanyakan orang-orang seperti saya (muda dan pekerja) gagal dalam bidang finansial. Sudah seharusnya sejak dini kita pandai mengolah uang. Jangan habis apalagi sampai hutang. Makan mie instan sampai minum obat maag untuk makan, hahaha.

Oke, ulasan tips ini akan saya lanjutkan. Ada 3 hal yang akan dibahas, alasan menabung, hal yang menghalangi menabung, dan cara menabung.

Alasan Menabung
Tujuan setiap orang menabung berbeda-beda. Tergantung tujuan dan keinginan mereka. Tapi ada kalanya menabung karena suatu hal yang mendesak, eh biasanya kalau mendesak ujung-ujungnya berhutang ya , hehehe *ketawa ngga jelas. Semoga kita selalu terlindung dari hal-hal yang mendesak,- amiiin.

Apa tujuan kamu menabung? Investasi, rumah, mobil, travelling, umroh/haji, menikah atau lainnya? Seberapa kuat tujuan kamu menabung?
Tips Menabung Untuk Pekerja Pemula
tujuan menabung
Ada atau ngga ada tujuan menabung, pada dasarnya menabung hukumnya wajib. Yeah, kita harus tetap pegang uang, jika sewaktu-waktu ada hal yang mendesak, tapi semoga kita dijauhkan dari segala hal yang mendesak,- Amiiiin *lebih keras.

Nilai menabung itu sendiri meningkat ketika ditujukan untuk membeli suatu barang. Nilai menabung lebih meningkat lagi saat diarahkan untuk investasi *ngerti lah ya. Jadi, tetapkan tujuan kamu menabung dan kuatkan niat itu.

Hambatan Menabung
Ishhh anak muda inilah kalau soal uang pasti boros. Beli inilah, beli itulah, dari yang penting, sampai hal yang ngga penting pun dibeli. Muda dengan kelabilan dan pengetahuan minim soal keuangan. Berikut ini hal yang menghalangi seseorang menabung *dikutip dari kisah nyata

Efek Gaji Pertama
Siapa yang ngga senang dengan gaji pertama? Horeee, gaji pertama itu istimewa lho. Gaji pertama adalah gaji yang pertama kita terima ketika baru bekerja. Aroma gaji pertama lebih menyengat untuk dihabiskan dengan segera. Jangan-jangan, udah bikin daftar keinginan dengan gaji pertama itu ?

Yeeei, ngga apa-apa gaji pertama itu dihabiskan. Saya setuju ajah tuh~ Mau dikasih ke orang tua, traktir teman-teman, beli barang yang diinginkan,dan lain-lainnya. Boleh~~ iyaaa BOLEHHHH!!! Saya menikmati gaji pertama dengan beli gadget, kirim ke orangtua dan traktirin kakak saya. Yang penting sisanya cukup untuk bertahan hidup sampai gajian berikutnya.

Tapi ingat, cuma gaji pertama. Yang dikhawatirkan efek gaji pertama ini berlaku untuk gajian yang ke 2, ke 3, bahkan sampai setahun. Nah, ini yang harus diwaspadai. Kebanyakan rekan-rekan memberlakukan efek gaji pertama di setiap gajian.

Usia Muda
Usia Muda
Pernah berpikir, "Aku kan masih muda, nanti aja deh nabungnya. Masih banyak waktu".  Hey, kita memang masih mudah, tapi bukan berarti menunda-nunda. Malah sebagian dari kita bikin target,"Aku menabungnya pas umur sekian aja nanti." Giliran udah umur sekian, ngga bisa menabung sama sekali.

Gaya Hidup
Gaya hidup seseorang menentukan pengeluaran mereka. Nongkrong di cafe, makan di restoran, biasa beli baju branded dan lain-lain. Apalagi ketika belum bekerja mereka minta dari minta ortu. Giliran bekerja, pasti dung gajinya ngga cukup untuk menutupi gaya hidupnya.

Harusnya, gaya hidup disesuaikan sama isi kantong. Kalaupun ngga sesuai, ya agak direm sedikit prilaku boros itu. Kembali lagi kepada si individu, jika memang niat menabung, segala prilaku borosnya harus dikurangi

Cara Agar Bisa Menabung
Berikutnya adalah cara agar bisa menabung. Saya membaginya dalam 3 langkah yaitu menghitung pengeluaran, buka 2 tabungan, dan metode pengambilan uang.

Hitung Estimasi Pengeluaran Sebulan
Dimana-mana penghasilan lebih besar dari pengeluaran, kalau sebaliknya disebut dengan ngutang *iya tabungan minus. Dari itu penting membuat estimasi pengeluaran selama sebulan. Buat aja list-nya dikertas, biaya sewa tempat tinggal, pakaian, makanan, transportasi, dan lain-lain.

Dalam membuat perhitungan, kita harus memisahkan kebutuhkan primer dan sekunder. Bedakan pula mana barang/jasa yang dibutuhkan atau diingankan.
Cara Menghemat Gaji Untuk Pekerja Pemula
Hitung biaya bulanan
Primer : sewa, makanan, transportasi, pulsa dan jodoh *ops, yang terakhir abaikan. Bayangkan kalau ngga bayar sewa, kita mau tinggal dimana? Ngga makan? dan seterusnya. Maka kebutuhan ini dikategorikan sebagai primer.

Sekunder : dikategorikan barang/jasa yang dikonsumsi untuk frekuensi 1-2 kali dalam sebulan. Misal, pakaian, buku bacaan, ngirim ke orangtua, makan di tempat mewah dan sebagainya.

Alokasikan juga untuk biaya tak terduga.

Hitung jumlahnya dengan benar dan sedetail mungkin. Nah, jika sudah, tinggal dihitung selisih antara penghasilan dan pengeluaran.
Penghasilan - Pengeluaran = Selisih

2.Rekening Bank
Kebetulan gaji saya dikirim via rekening. Bagaimana dengan gaji kamu? Masih tunaikah? Atau ditransfer? Saya anggap gaji kita sama-sama ditransfer.

Buka 1 rekening bank lagi! Rekening ini akan kita gunakan untuk menabung. Rekening tabungan sendiri bentuknya bervariasi, bisa kamu kondisikan melalui refrensi di Cermati.com. Jadi, ketika kita menerima gaji,  Selisih langsung ditabung. Langsung! Jangan ditunda. Rekening tabungan ini ngga boleh diganggu gugat kecuali alasan darurat.

Buka 2 rekening bank
3.Mengabil Uang Perminggu
Misalkan pengeluaran sebulan adalah Rp 2.000.000,- dibagi 4 minggu. Jadi, dalam seminggu kita ngambil uang di ATM Rp 500.000 saja. Jangan langsung diambil 2 jeti-nya. Bahaya!

Biasanya biaya yang saya tarik untuk seminggu itu bersisa. Nah, yang sisa saya gunakan sampai habis hingga hari di minggu berikutnya, setelah itu baru ambil Rp 500.000 lagi. Secara ngga sadar, saya bisa jadi hemat. Tepat dalam pengambilan yang ke-4, uang saya masih bersisa beberapa ratus ribu lagi yang bisa digunakan untuk hari di bulan berikutnya.

Andalan Lainnya
Ada 1 tips tambahan yang dapat diandalkan, yaitu ikut arisan. Saya sendiri ikut arisan,- tepatnya arisan nikah *cie...cie...


Grup Arisan Nikah
Arisan nikah ini kami bentuk untuk meringankan beban pengeluaran saat menikah nanti. Jumlah yang ikut sekitar 30 orang. Semua peserta adalah teman seangkatan saya. Setiap peserta membayar uang senilai harga 1 gram emas (harga pada saat itu) kepada member yang akan menikah. Jika kita anggap 1 gram emas adalah 500k, maka dana yang terkumpul sekitar 15juta-an. Cukup untuk beli mahar dan perabotan rumah.

Demikian tips menabung ini. Semoga membantu, terimakasih.
***


Thanks for reading & sharing SabdaAwal.com

Previous
« Prev Post

14 komentar:

  1. Mas sabda aku juga termasuk pekerja pemula dan masih labil dalam memanage uang. Dan aku juga berniat untuk membuat buku tabungan satu lagi supaya uang gajian saya tidak selalu habis begitu saja. Btw makasih iya tipsnya :)

    ReplyDelete
  2. tips ini gak berlaku untuk gaji yang dikit

    ReplyDelete
  3. Bang bing bung .... Yuk kita nabung. :D

    ReplyDelete
  4. Makasih tipsnya, baru tau nih arisan nikah :) Mencatat estimasi pengeluaran perlu juga yah, yg sering lupa kumasukkan adalah biaya tak terduga. Good luck GA nya.

    ReplyDelete
  5. Mau nggak mas tak jadiin adik iparku :D ada arisan nikah euy, hihi

    ReplyDelete
  6. Arisan menikah di bagin akhir patut saya coba haha

    ReplyDelete
  7. Wuohhh, Grup Arisan Nikah, really good idea! Pantesan kamu menang mas, mungkin gara-gara ide itu, haha

    ReplyDelete
  8. ada yagh arisan nikah ??
    paten juga tuh,,good idea...
    dan tips yang keren...

    ReplyDelete
  9. wah hebat yach, semoga diberi kemudahan dalam mengatur uang, semoga dapat memotivasi saya juga

    ReplyDelete
  10. semoga diberi kemudahan dalam mengatur uang, semoga dapat memotivasi saya juga

    Thanks

    ReplyDelete