Home » , » Cara Mengurus Taspen Yang Hilang

Cara Mengurus Taspen Yang Hilang

Posted by SabdaAwal.com on Friday, April 21, 2017

Cara Mengurus Taspen Yang Hilang,- Taspen adalah dokumen penting bagi Aperatur Sipil Negara. Taspen merupakan singkatan dari Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri. Singkatnya, setiap pegawai negeri pasti akan membuat Taspen untuk kepentingan pensiun. Nah apa jadinya kalau Taspen hilang?

Begini bentuk Taspen.
Cara Mengurus Taspen Yang Hilang
Bentuk tasepen


Ketika masa mengabdi sudah habis, tanpa kartu Taspen kita tidak bisa me-klaim tunjangan pensiun. Jadi, kartu Taspen yang hilang harus diurus terlebih dahulu. Sementara itu, sebagian ASN juga memanfaatkanTaspen asli untuk meminjam uang di bank.

Seperti yang saya alami, Taspen saya hilang. Saya lupa meletakkannya dimana.  Mengingat dokumen ini cukup penting maka saya segera mengurusnya. Beruntungnya, saya masih memiliki fotokopi-annya.

Saya mengurus Taspen di Medan, tepatnya di PT. Taspen KCU Medan, jalan Adam Malik no. 64, cukup mudah untuk menemukan kantor yang memiliki bangunan besar ini.

Awalnya, saya telpon ke call center Taspen untuk dokumen pelengkap pengurusan Taspen hilang, yaitu :

  • Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian
  • Fotocopy SK PNS
  • Pas foto berwarna 3 x 4, 2 lembar
  •  Fotocopy KTP
Ternyata begitu tiba di KCU Medan, persyaratan yang diperlukan hanyalah poin 1 dan 2 saja. Keterangan hilang dan FC SK PNS. Masing-masing KCU nampaknya berbeda, soalnya di kantor KCU Medan saya perhatikan tidak ada  semacam petunjuk jika kehilangan kartu Taspen.

Nah, dokumen pelengkapnya hanya ke-4 itu saja, lalu silahkan bawa ke KCU setempat.

Oh iya, kalau saya sendiri yang diminta hanya Surat keterangan kepolisian dan FC Sk PNS, saya menunggu sebentar saja disamping petugasnya yang terlihat menjalankan aplikasi mereka. Saya perhatikan dan langsung diprint, dan jadi seketika. Tidak sampai 2 menit, tanpa dipungut biaya. Gratis.

Tapi saya akan cerita lebih lanjut tentang PT. Taspen KCU Medan. Pertama kali memasuki area kantor saya cukup bingung. Sepi, kebetulan pada saat itu hari Jumat jam 13.20-an, orang-orang baru saja melaksanakan shalat Jumat.

Masuk kedalam saja sampai menemukan area parkir di basement. Lalu saya memasuki sebuah pintu di samping kiri mushalla dan jumpa kantin. Saya tanya ke Ibu kantin, "Bu, bisa masuk lewat sini ngga?", Ibu-nya bilang bisa, Ya udin, saya langsung masuk. Dan bingung.

Krik..krikk.... cukup bingung sih, but suasannya mirip bank, dengan banyak counter dan CS. Ada display nomor antrian juga. Wah, berarti saya harus nyari mesin antrian. Mata saya menyisir ke belakang, itu dia mesin antrian di dekat pintu masuk utama. Opsinya ada 2, "Informasi dan Klaim", saya pilih informasi.

Cara Mengurus Taspen Yang Hilang
pelayanan


Nomor saya langsung dipanggil, berhadapan dengan seorang ibu berkepala 5 sepertinya. Saya pun curhat dan langsung diarahkan ke lantai 2 untuk ketemu dengan bapak "Fulan", saya lupa namanya. Sungkan main masuk kedalam, saya nunggu diluar sampai ada pegawai yang lewat baru saya tanya dan disuruh langsung masuk. Buat kamu yang  nanti mengurus kehilangan Taspen di kantor Medan, langsung masuk saja ke ruangan itu.

Cara Mengurus Taspen Yang Hilang
Lantai 2


Sebenarnya ruangan itu bukan pelayanan, tapi ya sudah saya tak mau berpikir lagi. Dijumpakan dengan seorang bapak dan minta dokumen pelengkap. Saya beri, dan didepan saya Taspen itu diprint. Jadilah, lalu saya pulang dengan gembira.

Akhirnya happy ending, tadinya saya kira mengurus Taspen hilang itu sulit dan ribet. Ternyata semudah ini. Demikian tulisan saya tentang kehilangan Taspen, semoga membantu. Ada pertanyaan, hubungi saya melalui sosial media atau email.

Cara Mengurus Taspen Yang Hilang,

Thanks for reading & sharing SabdaAwal.com

Previous
« Prev Post

9 komentar:

  1. untungnya taspenku ada, kagak hilang jadi ndak usah repot2 ngurus lagi ... XD
    Gimana Kalau ngurus cinta yang hilang pasti susah yah mas bro ??? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya yg non ASN ndak usah urus taspen -_-"

      ngapain ngurus cinta kalau udah bisa foto bedua sama cewek itu mas

      Delete
  2. aku dulu pernahnya lupa kasih tau taspen kalau alm mbah udah meninggal
    jadi suruh ngembaliin beberapa duit
    tapi emang gak ribet kok mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngurusnya sederhana, ini biasnaya jadi perhatian bagi ahli waris si penerima pensiun

      Delete
  3. Wah membantu sekali nih artikelnya. Membantu bagi yang punya taspen atau keluarganya ya mba. KUatir ribet euy

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya Mas, aku rasa untuk perlengkapan harus dibawa itu umum ya, Mas. Bisa lah .. he

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat mas, cuma belum jadi pegawai saya :D

    galihsetioutomo.blogspot.co.id

    ReplyDelete