Inilah 5 Wisata Alam Paling Mempesona Di Jawa Tengah


Peta wisata Jawa Tengah
source: pamboedifilies.blogspot.com

Seperti yang kita tahu, Solo dan Jogja sekarang ini adalah magnet wisata di Jawa Tengah yang paling banyak diminati para wisatawan. Kekayaan alam dan budaya yang mereka miliki tidak bisa dipungkiri memang merupakan salah satu yang terbaik yang ada di Indonesia.

Dan hebatnya, keistimewaan itu menular ke kota-kota yang ada di sekitarnya, mulai dari Wonogiri, Boyolali, Karanganyar, Sukoharjo dan Klaten. Kelima daerah ini pun seakan tak mau kalah dalam mencuri perhatian wisatawan, caranya dengan menyuguhkan panorama alam yang eksotik dan luar biasa indah. Menarik bukan? 

Segera cari tiket pesawat online dengan rute penerbangan menuju Solo, dan persiapkan diri anda untuk menjelajahi tempat-tempat liburan yang baru dan tak biasa di Jawa Tengah.

1.    Replika Planet Krypton: Randubang, Wonogiri
Tak sedikit tempat-tempat yang sengaja di-setting khusus sehingga menjadi spesial dan cocok untuk spot ber-selfie ria. Di Randubang, alam pun ikut campur tangan langsung dengan terciptanya sebuah destinasi wisata selfie bagi Anda pecinta fotografi. Tebing kapur dengan formasi unik ini tercipta berkat aktifitas pertambangan sehingga tercipta sebuah bentuk yang sekilas mengingatkan kita akan Planet Krypton. 

source : kompas.com

Batu kapur yang didominasi dengan warna putih, ditambah dengan gradasi warna biru gelap dan kemerahan. Benar-benar pemandangan yang sangat unik! Terlebih saat menjelang senja, cahaya matahari kian menonjolkan karakter dinding batu dan menambah kesan dramatis. Menakjubkan!

Randubang, Wonogiri
Alamat: Dusun Randubang, Desa Pare, Wonogiri, Jawa Tengah
Tiket masuk: Gratis

2.    Green Canyon Versi Mini: Grojogan Selondo, Wonogiri
Grojogan Selondo merupakan sebuah air terjun mini. Meskipun begitu, Grojogan Selondo memiliki keunikan tersendiri, yaitu letaknya yang berada di sebuah ceruk dan terletak di antara tebing-tebing batu yang eksotis. Di bagian bawahnya terdapat dua kolam kecil dan sungai, dengan air yang begitu sejuk. Jika dilihat sekilas, perpaduan antara warna cokelat keemasan dari dinding tebing, hijaunya tanaman liar yang tumbuh di antara bebatuan, serta air yang sejuk, mengingatkan kita akan versi mini dari Grand Canyon. 

source : mediawonogiri.com

Satu hal yang harus anda perhatikan jika ingin mengunjungi tempat ini, mengingat lokasi ini masih tergolong “perawan”, jadi belum ada petugas keamanan yang menjaga, selalu utamakan keselamatan diri dan jaga selalu kebersihannya ya.

Grojogan Selondo, Wonogiri
Alamat: Desa Bakalan, Kecamatan
Purwantoro, Wonogiri, Jawa Tengah.

3.  Berwisata Menjelajah Hutan Sambil Memberi Makan Rusa: Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso, Karanganyar
Di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngargoyoso, Anda akan merasakan sejuknya alam pegunungan, teduhnya hutan pinus dan ketenangan daerah yang jauh dari hiruk pikuk kota. Tahura sendiri dikelola oleh Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan provinsi Jawa Tengah, dan kini menjelma menjadi salah satu spot yang menarik untuk berwisata keluarga ataupun wisata edukasi. 

source : twitter from google

Jika anda berwisata ke sini, Anda bukan hanya akan menemukan sejumlah spot cantik yang Instagrammable saja, namun juga banyak kegiatan lainnya, dan salah satunya adalah bertemu dengan rusa di tengah hutan, lalu memberinya makan secara langsung, dijamin akan menjadi pengalaman yang tak bisa dilupakan. Ada juga wisata berkuda, memanah, area bermain, fasilitas outbound, wisata religi dan banyak lagi yang lainnya. Tentunya wisata ini akan menjadikan liburan Anda semakin seru, juga menambah pengalaman.

Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso
Alamat: Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793
Tiket Masuk: Rp5.000,-

4.    Terbang Bebas Seperti Burung: Gantole Wonogiri
Pernah kah anda membayangkan, seperti apa rasanya melayang di angkasa, sambil menyaksikan pemandangan indah di bawah sana sambil dihembuskan oleh semilir angin? Itulah sensasi yang ditawarkan di Bukit Gantole Wonogiri. Bukit ini memang menjadi titik awal kegiatan paralayang dan gantole, tapi, bila Anda terlalu takut untuk “terbang” dan mengangkasa, hanya dengan menikmati keindahan alam dari atas bukit juga sudah lebih dari cukup. 

source : wisatadanhotelmurah.com

Pemandangan yang ditawarkan pun begitu spektakuler, ditambah perbukitan nan hijau serta semilir angin yang sejuk bakal membuat Anda akan semakin mensyukuri nikmatnya keindahan alam ciptaan Tuhan. Dan, momen terbaik dalam menikmati pemandangan di Bukit Gantole adalah ketika sunset tiba, anda bisa menyaksikan langsung kapan sang surya kembali ke peraduan. Istimewa! 

Gantole Wonogiri
Alamat: Sendang, Wonogiri, Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57615. Telepon: 0816 612 110
Jam Operasional: 07.00 – 18.00
Tiket Masuk: Gratis, Anda hanya harus membayar ongkos parkir kendaraan mulai dari Rp2.000,-

5.    Bukti Cinta Abadi: Candi Plaosan, Klaten
Jika Anda berwisata ke Candi Prambanan, cobalah untuk mengunjungi Candi Plaosan. Ini adalah sebuah candi yang konon dibangun sebagai bukti cinta Rakai Pikatan kepada Pramodyawardani. Beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa Candi Plaosan merupakan simbol cinta universal, dimana setiap ukiran dalam candi melambangkan unsur-unsur simbolis yang menembus batas-batas perbedaan yang sangat mendasar, terutama terkait hal ideologis, yaitu agama. 

Terlepas dari unsur-unsur simbolisnya, harus diakui bahwa pemandangan di sekitar candi tampak begitu klasik, natural dan eksotik, terlebih letaknya yang berada di tengah-tengah area persawahan. Dan jika dilihat dari sudut pandang tertentu, Anda akan bisa menyaksikan keindahan alam yang sangat fantastis.

Alamat: Jalan Candi Plaosan, Dusun Bugisan, Desa Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454
Telepon: 0899 9270 261
Jam Operasional: 08.00 – 18.00
Tiket Masuk: Rp5.000,-

Ternyata banyak juga ya tempat wisata yang belum pernah anda tahu di sekitar Jawa Tengah. Dari semua itu, mana yang paling ingin Anda datangi? Kalau sudah tidak sabar untuk menjelajah semua tempat diatas, segera cari tiket promo pesawat menuju Solo, anda bisa pesan melalui Reservasi.com Selamat berlibur! 


Comments

  1. Wahhhh yang candi plaosan pernah tuh kesana, pas baru pertama ke jogja langsung kesana setelah candi prambanan sama temen temen,, asik banget tempatnya apalagi untuk foto foto :v

    ReplyDelete
  2. Bisa jadia referensi di waklu luang nanti nih, semoga bisa ke salah stu wisata diatas.\
    Nice share..

    ReplyDelete
  3. wah kabupaten pati gak masuk ini kak hehe
    , pengen lah di review kabupaten saya :D


    jangan lupa mampir ya kak :D
    WWW YUKGAS ID

    ReplyDelete
  4. wah saya baru tahu nih tempat-tempat wisata ini. semoga kapan-kapan bisa ke jawa tengah dan mengunjungi tempat wisatanya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Natasha Skin Care Untuk Pria

Cara Menyembuhkan Kerumutan

Cara Mudah Memindahkan Kontak Dari Xiaomi Redmi 2S