Home » , » Cara Jitu Merawat Kipas Angin Tempel

Cara Jitu Merawat Kipas Angin Tempel

Posted by SabdaAwal.com on Monday, August 14, 2017

source google

Walaupun semakin banyak masyarakat modern yang gemar menggunakan AC, nyatanya penggunaan kipas angin pun tidak ditinggalkan. Karena kipas angin dianggap lebih ekonomis dan tidak membutuhkan daya listrik sebesar AC. Jenis kipas angin tempel yang dipasang permanen di tembok dianggap cukup untuk menyejukkan ruangan.

Kipas angin memang tidak semahal AC. Apalagi kini Anda bisa mengakses MatahariMall.com bila ingin mendapatkan kipas angin berkualitas. Semua pilihannya tersedia secara lengkap dan siap dipilih sesuai kebutuhan. Tak perlu menyiapkan budget besar karena MatahariMall membanderol produk-produknya dengan harga terjangkau.

Namun kita tetap harus teliti merawat kipas angin andalan kita. Agar kipas angin tersebut tak lekas rusak dan mampu menghasilkan hembusan angin yang maksimal. Jika Anda memiliki kipas angin tempel di rumah, ikuti beberapa cara ini ketika merawatnya. Niscaya kipas angin Anda akan senantiasa nyaman digunakan.

Matikan Sumber Listrik pada Kipas Angin
Sebelum mulai membersihkan kipas angin, pastikan bahwa sumber listrik pada kipas angin tersebut sudah mati. Jangan sampai aliran listrik membuat Anda tersengat sewaktu membersihkan kipas angin. Cabutlah kabel kipas angin dan ikat terlebih dahulu agar tidak menyulitkan Anda sewaktu membersihkan seluruh bagiannya.

Siapkan Dulu Peralatan yang Dibutuhkan
Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan kipas angin tempel antara lain kain lap kering, kain microfiber yang sudah dibasahi dan diperas, obeng, kuas, dan vacuum cleaner mini (jika ada). Bukalah kipas angin dengan menggunakan obeng yang tepat. Lalu segera gunakan kain microfiber untuk membersihkan debu tebal yang menempel pada baling-baling dan penutup kipas angin.

Jika debu-debu tersebut masih meninggalkan bekas, bilaslah kain microfiber dengan air bersih dan ulangi kembali. Lakukan sampai seluruh bagian kipas angin benar-benar bersih dan siap dikeringkan dengan lap kering. Kita bisa menggunakan vacuum cleaner mini atau kuas untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau oleh lap. Jangan sampai ada debu dan kotoran yang tersisa. Supaya kipas angin kembali berfungsi maksimal setelah dibersihkan.

Tak Perlu Menggunakan Pembersih Berbahan Keras
Pembersih yang kandungannya keras seperti alkohol atau disinfektan bisa merusak warna dan tekstur baling-baling kipas angin. Oleh sebab itu, Anda tak perlu menggunakan pembersih tersebut. Kalau kipas angin benar-benar kotor, larutan air dan sedikit sabun cuci piring sudah lebih dari cukup untuk membersihkannya. Kandungan sabun cuci piring akan membuat kipas angin kembali bersih dan tidak meninggalkan zat kimia yang sifatnya abrasif.

Membubuhkan Minyak Pelumas
Poros kipas angin yang sudah lama dipakai biasanya akan mudah macet dan mengakibatkan rotasi kipas angin jadi tersendat. Untuk mengatasi hal ini, Anda hanya perlu membubuhkan sedikit minyak pelumas pada bagian poros kipas angin. Minyak pelumas akan membuat kipas angin kembali berfungsi dengan normal. Kita tak perlu membubuhkan minyak pelumas terlalu banyak agar tidak mengotori seluruh bagian kipas angin.

Jangan Sembarangan Mengoperasikan Kipas Angin
Kipas angin tempel biasanya harus dioperasikan dengan bantuan tali yang diberi pemberat. Kita tak boleh sembarangan saat menggunakan tali dan pemberat tersebut. Agar tombol kipas angin tidak rusak karena kita menariknya dengan kasar. Tariklah tali kipas angin perlahan-lahan hingga kipas angin menyala dan mencapai kecepatan rotasi yang kita inginkan.

Terbukti kan kalau merawat kipas angin tempel ternyata praktis dan tidak menyita waktu. Untuk menghemat penggunaan listrik di rumah, tak ada salahnya kita mempertimbangkan penggunaan kipas angin tempel. Pilih dulu produk kipas angin tempel berkualitas yang ukuran dan fiturnya sesuai dengan kebutuhan kita di rumah. Jika mencari kipas angin bermerk, MatahariMall.com adalah tempatnya. Tidak hanya kipas angin tempel saja, berbagai jenis kipas angin yang lain pun dijual di MatahariMall. Tak heran jika MatahariMall.com menjadi e-commerce terlengkap saat ini.


Thanks for reading & sharing SabdaAwal.com

Previous
« Prev Post

4 komentar:

  1. Minyak pelumas sering kali saya lupakan.. Eh, sadarnya pas kipas angin udah macet..

    ReplyDelete
  2. Sepertinya asyik juga ya bang belanja kipas angin di MatahariMall.. tapi kira-kira kalau beli kipas disana bisa dicoba dulu gak ya? haha..

    ReplyDelete
  3. Dirumah saya masih menggunakan kipas angin tempel ini. Kadang urusan menarik tali untuk menyalakan itu memang jd kendala alias suka lupa kalo terlalu kencang.

    ReplyDelete
  4. Harus hati-hati nih bersihin kipas angin, kipas angin ku patah setelah dibersihkan haha

    ReplyDelete