6 Rutinitas Pagi untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

SabdaAwal.com - Meningkatkan rasa percaya diri sangat sulit dilakukan oleh sebagian orang. Padahal, rasa percaya diri adalah salah satu life skill terpenting yang harus dimiliki semua orang.

6 Rutinitas Pagi untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Melatih diri untuk lebih PD di depan umum butuh waktu dan usaha. Untungnya, ada beberapa rutinitas sederhana di pagi hari yang bisa membantu Anda mewujudkan hal tersebut. Inilah 6 rutinitas yang dimaksud.
 

1. Menyusun Playlist Penyemangat


Musik adalah salah satu media terbaik untuk memompa rasa percaya diri. Cobalah untuk membuat daftar lagu atau playlist yang bisa menyemangati Anda di pagi hari. Anda bisa mendengarkan lagu tersebut di perjalanan ke kantor atau saat menyantap sarapan.
 

2. Mengenakan Pakaian Terbaik


Penampilan mungkin merupakan faktor utama yang memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Untuk itu, kenakanlah pakaian terbaik agar Anda merasa lebih percaya diri. Jika Anda punya pakaian favorit, kenakanlah saat menghadapi hal-hal yang menuntut kesiapan mental, seperti rapat perusahaan atau kencan pertama.
 

3. Menyantap Sarapan yang Lezat


Kebiasaan makan memiliki kaitan erat dengan kinerja otak yang bertanggung jawab atas perilaku seseorang. Dengan kata lain, makanan bisa memengaruhi tingkat kepercayaan diri Anda setiap hari. Buah, sayuran, dan makanan berbahan gandum utuh dipercaya ampuh menaikkan self-esteem seseorang.
 

4. Menulis Daftar Hal-Hal yang Disukai dari Diri Sendiri


Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Fokus pada kekurangan hanya akan membuat Anda kurang percaya diri dan merasa berkecil hati sepanjang waktu. Untuk itu, cobalah untuk menuliskan daftar hal-hal yang Anda sukai dari diri sendiri. Ini adalah metode yang bagus untuk mempromosikan self-love sekaligus meningkatkan rasa percaya diri.
 

5. Melunasi Tagihan


Kondisi finansial memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kepercayaan diri seseorang. Tagihan kartu kredit, cicilan, dan kebutuhan hidup sering kali membuat seseorang merasa minder dan kurang bersemangat. Untungnya, saat ini ada cara untuk mengurangi beban tersebut, salah satunya adalah metode pembayaran Paylater yang ditawarkan oleh Traveloka.
 

6. Menari Sebisanya


Menari memiliki sejumlah kegunaan yang berhubungan erat dengan peningkatan rasa percaya diri. Menggerakkan tubuh mengikuti irama disinyalir mampu mengikis persepsi negatif terhadap tubuh sendiri, serta merangsang otak untuk memproduksi dopamin sehingga Anda merasa lebih bahagia. Saat memasak sarapan atau mandi, Anda bisa sedikit bergoyang mengikuti irama musik dari pengeras suara atau ponsel supaya pagi Anda lebih ceria.
 

Penutup


Meski banyak yang percaya bahwa kepercayaan diri sangat dipengaruhi oleh faktor genetika, pada kenyataannya hal ini merupakan sebuah keterampilan yang bisa dilatih (soft-skill). Dengan kata lain, orang yang bersifat pemalu dan mudah gugup pun sebenarnya bisa meningkatkan rasa percaya dirinya apabila sering berlatih.

Oleh sebab itu, mulailah menanamkan kebiasaan-kebiasaan di atas ke dalam rutinitas Anda sehari-hari. Dengan sedikit kesabaran, kebiasaan sederhana di pagi hari mungkin bisa mengubah hidup Anda secara drastis!

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Sabda Awal Blog