3 Hal Penting dalam Proses Pemasaran

Sering kali ketika kita akan melakukan pemasaran baik itu untuk produk maupun jasa, maka akan terbayang dua hal. Yang pertama tidak memiliki anggaran yang cukup untuk biaya promosi. Dan yang kedua bagai mana melakukan promosi yang efektif denga budget promosi yang terbatas.
 

3 Langkah Proses Pemasaran


3 Langkah Proses Pemasaran

Memang tidak salah jika Anda memikirkan hal tersebut. Namun ada langkah penting yang harus Anda ingat dalam proses marketing yang akan dilakukan. Langkah tersebut merupakan bagian dasar bagi seorang pebisnis yang akan meakukan pemasaran. Apa saja itu,

1. Menentukan Target Market


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menetapkan siapa target pasar kita. Kita harus tau kepada siapa produk ataupun jasa tersebut dipasarkan. Lalu ketahui apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari target pasar tersebut.

Sah-sah saja jika Anda mengarahkan produk atau jasa ke beberapa target market yang berbeda. Namun, untuk melakukan promosi yang sukses harus memiliki target yang jelas dan terfokus pada sebuah market pada satu waktu.

Setelah menemukan target market, selanjutnya Anda juga harus menemukan orang-orang yang punya minta pada produk yang sedang Anda pasarkan. Dengan kedua faktor tersebut, Anda dapat menjual lebih sering dan lebih banyak.

2. Memberikan Penawaran yang Tepat


Selanjutnya, Anda harus memiliki penawaran yang tepat dalam proses pemasaran yang akan dilakukan. Bukan sekedar penawaran biasa, namun ciptakanlah penawaran yang susah untuk ditolak oleh target pasar Anda. Untuk itu jualah manfaat dari produk ataupun jasa tersebut sesuai dengan kebutuhan pasar.

Sebagai contoh jika Anda memiliki produk jam tangan, salah besar jika Anda katakan sedang menjual sebuah jam tangan. Sebab yang orang tidak membeli jam tangannya, melainkan keakuratan waktu, penunjang penampilan, kenyamanan ketika jam tersebut dikenakan dsb.

Cara supaya penawaran yang Anda berikan selalu sukses diterima adalah dengan membuat penawaran yang tidak bisa ditolak. Gunakan seluruh bahasa marketing yang Anda punya secara maksimal. Itulah kenapa diurutan pertama Anda harus menentukan target market, agar Anda lebih mudah dalam mengenali calon konsumen.

3. Media Promosi Yang Tepat


Berikutnya yang tak kalah penting adalah media yang akan Anda gunakan utuk promosi. Media tersebut harus bisa menyampaikan pesan yang tepat pada konsumen yang tepat pula.

Kesalahan banyak pemula adalah langsung melompat pada bagian ini, tanpa melakukan kedua langkah sebelumnya. Akibatnya pemasaran yang Anda lakukan menjadi kurang efektif karena tidak memiliki target dan tujuan yang jelas.

Gunakanlah media yang paling efektif dalam menjangkau calon konsumen Anda. Misal jika ingin menyasar calon kusumen orang-orang yang melek teknologi dan terbiasa menggunakan internet, maka akan sangat efektif jika berpromosi melalui media online seperti beritawarganet.com dari pada baliho ataupun bertatap muka.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Sabda Awal Blog